0

Wisata Goa dan Pantai Dalam Satu Lokasi

Ada orang yang senang wisata ke Goa dan ada juga yang senang wisata ke daerah pantai. Nah, jika kamu dan temanmu sedang pusing karena perbedaan tersebut, coba deh berkunjung ke Pantai Goa China yang ada di Malang. Di sini, kamu akan bisa mendapatkan dua wisata ini sekaligus dalam satu lokasi. Meskipun lokasinya berada di Malang, kamu yang sedang berwisata dan menginap di Surabaya Hotel tetap bisa ke tempat ini, kok. Sebab jaraknya masih cukup terjangkau dengan mengendarai kendaraan.

Pantai Goa China berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menurut Wikipedia, nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun namanya berubah sejak ada pertapa China yang meninggal di dalam goa di pantai ini. Memang tidak ada catatan resmi mengenai peristiwa tersebut, keyakinan ini hanya didasarkan pada hasil temuan orang yang memasuki goa tersebut yang menemukan tulang belulang dan tulisan mandarin paada dinding goa. Berdasarkan keyakinan inilah masyarakat mulai menamai pantai ini Pantai Goa China dan akhirnya nama ini lebih terkenal hingga sekarang dibandingkan dengan nama aslinya.

Pantai Goa China

Untuk mencapai lokasi pantai ini cukup mudah karena melewati Jalur Lingkar Selatan (JLS) dan jalannyapun sudah beraspal. Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati karena sisi jalan adalah jurang sementara bentuk jalannya berkelok-kelok. Selain itu, terdapat rambu yang akan memudahkan kamu mencari lokasi pantai ini.

Pantai ini berada di lokasi yang tidak jauh dari Pantai Sendang Biru dan bisa dikatakan masih perawan. Sebab bellum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Hal ini membuat kebersihan pantai ini masih cukup terjaga. Warna air laut di pantai ini masih sangat jernih dan pasir pantainya merupakan pasir putih. Di area pinggir pantai terdapat pepohonan yang berjajar rapi sehingga membuat suasana di pinggir pantai terasa cukup teduh.

Sesuai yang telah dijelaskan di atas, terdapat sebuah goa di sisi kanan pantai dengan jarak sekitar 50 meter. Goa ini adalah sebuah bukit karang yang menjorok sekitar 8 meter ke dalam dengan ketinggian goa sekitar 2 meter. Jadi jangan berharap kamu akan menemukan bebatuan stalaktit dan stalakmit di goa ini. Namun kamu tidak perlu khawatir dengan tiket masuk karena siapapun boleh masuk ke goa ini tanpa dikenai biaya tambahan lagi.

Bagaimana? Menarik kan? Jarang loh kamu bisa berwisata ke dua jenis wisata sekaligus dalam satu lokasi. Jadi pastikan untuk mengunjungi tempat ini saat kamu ke Surabaya atau ke Malang ya. (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *