0

Wisata Sejarah ke Makam Raja-Raja Tallo

Kerajaan Goa Tallo tentunya masih terekam di ingatan Anda. Kemegahan dua kerajaan yang saling bersaudara ini memang cukup terkenal di masa lalu. Lantas, bagaimana di masa sekarang? Apakah jejak-jejak kemegahannya masih tersisa? Nah, jika Anda sedang bermalam pada unit hotel di Makassar, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Yuk, lakukan wisata sejarah untuk menilik sisa-sisa kisah masa lalu yang tertinggal pada dua kerajaan ini, terutama Kerajaan Tallo.

Berada di Muara Sungai Tallo, tepatnya di Jalan Sultan Abdullah Raya, kawasan Makam Raja-Raja Tallo merupakan kompleks makam raja-raja terdahulu dari Kerajaan Tallo. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat makam-makam raja dalam undakan batu berukir yang menandakan keagungannya. Menariknya, setiap makam memiliki bentuk yang berbeda-beda sehingga sangat unik untuk diteliti.

Kompleks Makan Raja-Raja Tallo Sulsel

Berbeda dari kompleks pemakaman pada umumnya, Makam Raja-Raja Tallo justru terlihat seperti taman alih-alih kompleks pemakaman. Rerumputannya subur dan berwarna hijau, dengan pepohonan rindang yang menaungi sisi jalannya. Berjalan-jalan bersama keluarga untuk wisata sejarah ke tempat ini tentu bukan ide yang buruk. Sebab sembari mendengar penjelasan kisah-kisah di masa lalu dari penjaga makam, Anda pun bisa menikmati semilir angin yang lembut mengelus tengkuk. Jangan harap Anda akan merasakan suasana mistis, karena kompleks ini sangat asri dan juga tertata secara estetis. Jalan setapak dibentuk sedemikian rupa membelah permukaan rumput yang hijau.

Sejak pertama kali dibangun pada abad ke-17, kawasan makam ini telah dijadikan sebagai tempat peristirahatan terakhir para raja hingga abad ke-19. Saat ini, terhitung ada 84 makam yang berada di kawasan Makam Raja-Raja Tallo.

Wisata Sejarah ke Makam Raja-Raja Tallo

Akses untuk menuju Makam Raja-Raja Tallo tidaklah sulit. Dari pusat kota Makassar, Anda tinggal menempuh perjalanan sekitar 25 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jalur yang dilalui pun sudah bagus dan mulus, sehingga tak heran jika masyarakat lokal sering menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata alternatif selain Fort Rotterdam. Terlebih lagi, untuk masuk ke kawasan makam, pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Oleh sebab itu, tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap musim liburan tiba. Pasalnya, kapan lagi Anda bisa menikmati rindangnya nuansa di kawasan pemakaman ini sambil berwisata sejarah? Tentunya, banyak sekali hal yang bisa dipelajari ketika menngunjungi kawasan makam Raja-Raja Tallo.

Tertarik untuk berwisata sejarah ke tempat ini?

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *