0

Yakin Metode Cuci Tangan Pakai Sabun Anda Sudah Standar WHO?

Cuci tangan pakai sabun pun harus ada standarnya. Dan tidak tanggung-tanggung, WHO (World Health Organization) menjadi standar dunia tentang mencuci tangan memakai sabun. Ini penting karena cuci tangan tidak sekedar membersihkan dari noda yang terlihat oleh mata, tapi juga membasmi kuman-kuman yang tidak terlihat oleh mata manusia, tapi justru membahayakan kesehatan kita.

Cuci Tangan Pakai Sabun Sesuai Standar WHO

Sekilas tampak mudah, tapi cuci tangan menggunakan sabun tidak bisa dianggap remeh. Tanpa tahu standar WHO, bisa jadi kuman pada tangan Anda masih tetep menempel. Bakteri dan kuman berbahaya akan masuk ke dalam mulut, dan bisa membahayakan. Jadi, Anda yakin cara mencuci tangan Anda sesuaiĀ standar WHO? Simak tata caranya yang benar berikut ini.

Langkah-Langkah Mencuci Tangan Standar WHO

  • Kita membutuhkan air bersih ketika mencuci tangan kita. Dan pertama yang Anda lakukan adalah membasahi telapak tangan Anda dengan air yang mengalir dari keran. Lakukan proses ini dari telapak tangan Anda sampai pertengahan lengan Anda. Kemudian, gosok dan usap dengan menggunakan air mengalir bagian punggung tangan Anda dan lakukan bergantian secara merata.
  • Yakinkan ketika Anda mengusap dan menggosok tangan Anda, air bisa mencapai sela-sela jari Anda sehingga bisa bersih menyeluruh. Ini bagian penting saat cuci tangan pakai sabun.
  • Anda sudah bisa menggunakan sabun sekarang. Yakinkan tangan, telapak tangan dan sela-sela jari terkena sabun. Lalu usap dan gosok dan bersihkan bagian ujung jari Anda secara bergantian. Saat membersihkan ibu jari Anda, gosoklah dengan cara memutar secara bergantian pula. Sesudah itu, letakkan ujung jari Anda ke telapak tangan dan gosoklah dengan perlahan-lahan.
  • Terakhir dari proses ini adalah membersihkan kedua pergelangan tangan Anda dengan cara memutar secara bergantian. Kemudian, tahap akhirnya adalah membilas semua bagian tangan Anda yang telah Anda cuci. Yakinkan tangan Anda tidak licin lagi sebagai tanda bahwa sabun sudah benar-benar hilang dibilas. Keringkan tangan Anda dengan handuk.

Sabun Apakah Standar WHO?

Tidak ada sabun standar yang disarankan oleh WHO. Hanya saja, Anda bisa menggunakan jenis sabun yang dikhususkan untuk membersihkan tangan. Bentuknya bisa cair atau batangan. Ada beragam merek sabun yang bisa Anda pilih dengan aroma beraneka ragam pula. Anda tinggal memilih sesuai keinginan Anda.

Apapun kegiatan yang Anda lakukan, selalu cuci tangan pakai sabun yang standar WHO. Usaha yang terlihat sepele tapi bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *