3 Cara Menyambung Pipa Agar Tahan Lama Tidak Bocor

3 Cara Menyambung Pipa Agar Tahan Lama Tidak Bocor

Sebenarnya, sekarang ini sudah ada lem pipa yang bisa diandalkan. Tidak seperti pada zaman dahulu di mana orang-orang menyambung pipa dengan cara dibakar. Jadi, ujung pipa dibakar sebentar agar melelah. Dengan demikian, pipa lain bisa dimasukkan atau disambungkan dengan kuat.

Sayangnya, cara kuno tersebut tidak membuat pipa tahan lama. Justru pipa mudah rusak dan akhirnya bocor.

Kenapa Harus Menggunakan Lem Pipa

Lem Pipa RuGlue dari Rucika
Lem Pipa RuGlue dari Rucika (Gambar: Doc. Rucika.co.id)

Apakah lem pipa menjadi jawaban yang tepat? Sayangnya tidak juga. Banyak orang yang hanya menggunakan pipa tanpa mengetahui bagaimana cara menyambung pipa dengan baik. Jadi, meskipun Anda sudah memilih lem untuk pipa yang terbaik, tetap saja pipa bisa bocor.

Baca Juga: Macam-Macam Ukuran Pipa Air untuk Rumah Tangga

Untuk itu, perhatikan cara menyambung pipa yang tepat berikut ini.

1. Amplas Bagian Ujung Pipa

Sebelum mengoleskan lem pada pipa, pertama-tama Anda harus mengamplas bagian ujung pipa yang akan disambung. Pipa harus diamplas agar permukaan menjadi kasar. Dengan demikian, lem bisa merekat dengan lebih sempurna.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda gunakan amplas yang tidak terlalu kasar. Karena gunanya hanya untuk membuat permukaan pipa sedikit lebih kasar, gunakan saja amplas halus.

2. Bersihkan Pipa Dari Kotoran

Setelah Anda mengamplas bagian ujung pipa, langkah selanjutnya adalah membersihkannya. Ini penting agar serpihan pipa setelah diamplas benear-benar mengelupas. Tidak ada serpihan ataupun kotoran seperti debu yang menempel pada ujung pipa.

Agar benar-benar bersih, pipa sebaiknya dibersihkan dengan kain yang kering. Dan kain tersebut sebaiknya bisa menyerap air agar permukaan pipa yang sudah diamplas benar-benar bersih dan kering.

Baca Juga: Stop Kebocoran Pipa dengan Sambungan Pipa PVC

3. Oleskan Lem

Jika Anda sudah pastikan permukaan pipa yang akan disambungkan bersih, selanjutnya adalah mengoleskan lem. Lem harus dioleskan pada dua bagian, yaitu pada bagian satu pipa luar dan satu pipa dalam. Jadi, kedua pipa harus diolesi dengan lem.

Jangan tunggu lama-lama karena lem pipa ini mudah sekali mongering. Setelah pipa diolesi dengan lem, langsung masukkan dan rekatkan antara dua pipa tersebut. Tekan hingga benar-benar melekat sempurna.

Jadi, sekarang Anda sudah bisa menyambung pipa dengan baik. Ini penting karena Anda tidak ingin kan suatu saat nanti air tiba-tiba menetes atau bahkan bocor pada sambungan pipa? Untuk itu, terapkan tips tersebut di atas. Dan pastikan juga Anda menggunakan lem pipa yang terbaik, yaitu lem pipa RuGlue dari Rucika.co.id.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.