Lebih Praktis, Inilah 4 Resep Bumbu Masakan Dasar Rahasia Ibu Rumah Tangga

Lebih Praktis, Inilah 4 Resep Bumbu Masakan Dasar Rahasia Ibu Rumah Tangga

Mau lebih cepat dalam menyajikan menu keluarga di rumah? Tenang saja, Anda bisa melakukannya. Kuncinya adalah menyetok bumbu yang sudah dibuat. Lantas, tahukah Anda resep bumbu masakan dasar tersebut?Menyiapkan bumbu siap pakai adalah pilihan bijaksana. Bumbu seperti ini bisa digunakan setiap saat. Tentunya, tanpa perlu meraciknya lagi ketika hendak digunakan. Cukup tambahkan bumbu pelengkapnya ketika ingin memasak. Ini disesuaikan dengan jenis menu yang akan dibuat.

Jika Anda sering menyediakan menu untuk keluarga, Anda perlu mengetahui resep membuat bumbu siap pakai ini. Mau tahu? Langsung saja periksa informasinya di bawah ini!

1. Resep Bumbu Dasar Putih

Banyak sekali aneka hidangan yang menggunakan bumbu putih ini. Di antaranya adalah sayur lodeh, opor, aneka tumisan hingga gudeg. Bumbu tersebut akan membuat cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Tentunya, beraroma sedap sehingga dapat menggugah selera. Bahan dasar yang digunakan untuk meracik bumbu putih ini pun lebih sedikit. Bahan utama yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, gula dan garam.

bumbu dasar putih
Gambar: MAHI

Seluruh bahan tersebut perlu dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu, tumis ke dalam minyak yang sudah dipanaskan. Masak hingga aromanya menjadi harum. Barulah angkat dan dinginkan. Setelah itu, tinggal simpan ke dalam wadah yang kedap udara. Setiap kali ingin menggunakannya, ambil bumbu tersebut dan gunakan untuk membuat resep makanan idaman keluarga.

2. Resep Bumbu Dasar Kuning

Bumbu dasar kuning
Gambar: Freepik

Resep bumbu masakan yang satu ini pun kerap digunakan oleh ibu rumah tangga. Biasanya, bumbu tersebut diaplikasikan ketika hendak memasak acar kuning, kari, aneka masakan ungkep hingga pesmol ikan. Cita rasa yang dihadirkan kental dengan rempah-rempah. Tentu saja, aromanya juga lebih menggugah selera. Dalam pembuatannya, penumisan bumbu juga diperlukan. Hasil dari tumisan bumbu ini pun bisa disimpan. Nantinya, bisa digunakan setiap kali ingin menghidangkan menu yang kental dengan rempah-rempah.

Baca Juga:  Cara Membuat Brownies Rumahan Untuk Lebaran

Adapun bahan yang perlu dipersiapkan adalah bawang merah dan bawang putih. Kemudian, tambahkan kemiri yang disangrai, kunyit, jahe, lengkuas, gula, garam hingga lada. Semua bahan ditumis ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Masak dengan api sedang agar bumbunya tidak gosong.

3. Resep Bumbu Dasar Merah

bumbu dasar merah
bumbu dasar merah mercon. Gambar: Yummy/@SitiMudrikah

Suka menyajikan makanan ekstra pedas? Bumbu dasar merah ini sebaiknya disediakan. Karena, bumbu ini yang sering digunakan untuk membuat hidangan yang pedas dan beraroma kuat. Bumbu ini kerap kali diaplikasikan ketika ibu rumah tangga menyajikan menu seperti balado, urap, pepes, gulai, rendang hingga sambal goreng. Warnanya yang merah membuat tampilannya lebih menggoda. Bahkan, membuat seseorang lebih bersemangat untuk menikmatinya. Untuk bahan dasarnya adalah cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat, garam dan gula. Semuanya dihaluskan dan ditumis hingga aromanya muncul. Setelah itu, tinggal simpan ke dalam wadah.

4. Resep Bumbu Dasar Oranye

bumbu dasar oranger
Gambar: Cookpad/@Isnawati

Jika Anda menyukai hidangan dengan cita rasa yang lebih kuat, Anda bisa menyediakan bumbu dasar oranye. Bumbu ini sangat pas jika digunakan untuk membuat gulai, kari dan rendang. Bahan yang digunakan lebih banyak. Di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, jinten bubuk, ketumbar bubuk, lada bubuk, garam hingga gula. Bahan-bahan ini sebaiknya dihaluskan. Kemudian, tumis ke dalam panci. Pastikan bumbunya matang dan simpan ke dalam wadah.

Setiap bumbu masakan perlu digunakan sesuai jenis hidangannya. Untuk menambah cita rasanya agar lebih spesial, tentunya Anda membutuhkan bumbu pelengkap. Untuk resep pembuatan hidangannya, Anda bisa mengintip resep spesialnya di DapurUmami.com Demikianlah beberapa aneka resep bumbu masakan yang sebaiknya dipersiapkan sesuai preferensi memasak di rumah. Jika Anda mempersiapkannya lebih awal, maka kegiatan memasak di rumah akan lebih praktis dan cepat.

Baca Juga:  Takut Gemuk Karena Ice Cream? Ikuti Tips Berikut Makan Es Cream Tanpa Berat Badan Bertambah
Apuy

Apuy

Menggeluti dunia content writter dan blogging sejak 2010 sebagai awal untuk memulai karir sebagai SEO Specialist pada 2012 hingga saat ini yang sudah meng-handle beragam dari berbagai industri dan bisnis. Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.