4 Tips Membeli Mobil untuk Investasi Bisnis Sewa Mobil

4 Tips Membeli Mobil untuk Investasi Bisnis Sewa Mobil

Saat ini di setiap kota ataupun daerah Anda akan banyak menemui banyak jasa sewa mobil. Bisnis yang satu ini memang cukup menggiurkan dan bisa menjadi sebuah investasi untuk Anda. Untuk mulai usaha dan terjun langsung ke bisnis sewa mobil tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah modal untuk membeli mobil. Walaupun hanya dengan satu unit, Anda tetap bisa membuka jasa sewa mobil. Atau sharing modal dengan teman yang bersama-sama membangun usaha renta mobil.

Sebagai investasi bisnis rental mobil ini, Anda tak boleh memilih mobil secara asal-asalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika hendak membeli mobil untuk disewakan.

Memilih Mobil dengan Banyak Muatan

Memilih mobil dengan banyak muatan
(sumber gambar: Mobilmo.com)

Umumnya orang memutuskan sewa mobil karena jumlah keluarga atau teman yang banyak. Misalnya saja untuk pergi berlibur, mudik mengantar keluarga menuntut ilmu dan lainnya. Mobi dengan kapasitas yang besar tentu menjadi pilihan yang tepat untuk menumpang semua anggota. Alasan ini yang membuat Anda perlu membeli mobil untuk sewa dengan kapasitas yang banyak.

Pilihlah mobil dengan jumlah kursi banyak serta mampu menampung banyak barang. Pilih mobil dengan kapasitas 7 hingga 8 orang, lalu carilah referensi mengenai tipe atau merk mobil yang sesuai. Meski mobil dengan kapasitas banyak penumpang tidak terisi penuh, Anda tetap bisa mengkondisikan barang-barang sehingga penumpang merasa nyaman.

Memilih antara Mobil Bekas atau Baru

Memilih antara mobil bekas atau baru
(sumber gambar: Cermati)

Ada banyak mobil yang mampu menampung hingga 7-8 orang, namun memiliki harga yang cukup terjangkau. Misalnya saja Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga dan lain-lain. Harga mobil ini cukup terjangkau namun memiliki kapasitas yang besar. Hal ini tentu saja dapat memberi keuntungan tersendiri untuk Anda.

Baca Juga:  Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Indonesia Terpercaya

Selanjutnya mengenai pilihan mobil baru atau bekas, sebenarnya tak ada keharusan Anda harus membeli mobil baru. Saat ini mobil bekas dengan performa yang bagus juga ada banyak. Harganya juga lebih terjangkau. Tentu masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Yang penting diperhatikan adalah perawatan mobil Anda.

Memilih Mobil dengan Operasional yang Kecil

Memilih mobil dengan operasional yang kecil
(sumber gambar: toyotamdn)

Biaya operasional merupakan biaya yang dibutuhkan untuk merawat kendaraan Anda. Mulai dari service, mengganti suku cadang, oli mesin, dan biaya perawatan lainnya. Biaya perawatan mobil ini tentunya bisa menambah pengeluaran Anda. Untuk itu, pilihlah mobil dengan operasional yang kecil menjadi hal yang penting diperhatikan.

Sehingga untuk perjalanan dalam maupun luar kota tetap nyaman digunakan. Mobil yang sering diservis tentunya nyaman dan aman untuk dipakai. Keselamatan penumpang tentu menjadi faktor utama.

Baca Juga: Tips Menentukan Oli Mesin Terbaik Untuk Perawatan Mobil

Memilih Mobil MPV dibandingkan APV

Memilih mobil MPV dibandingkan APV
(sumber gambar: Wuling Motors)

Mobil APV memiliki kemudi seperti truk yang terlalu tegak. Berbeda dengan mobil MPV yang memiliki kemudi nyaman serta lebih irit bahan bakar. Contoh mobil MPV yaitu ada Xenia, Mobilio, Avanza, Datsun go +, ertiga dan lain-lain. Mobil MPV tersebut telah didesain hemat BBM serta lebih lega. Berbeda dengan kijang innova atau mobil panther yang lebih boros.

Empat hal diatas bisa menjadi hal-hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli mobil untuk investasi bisnis. Hal ini berguna untuk memberikan keuntungan banyak namun tetap memperhatikan kenyamanan pada penyewa mobil Anda. Perhatikan juga budget yang Anda miliki.

Selain emapt tips di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi usaha yang akan membantu memberikan solusi untuk pengelolaan bisnis rental mobil sehingga berjalan dengan baik dan mudah. Salah satu aplikasi usaha tersebut adalah Aplikasi Youtap! Aplikasi ini memberikan kemudahan dengan menyediakan berbagai fitur terlengkap seperti pembayaran non tunai dengan QRIS, Laporan Penjualan Harian yang kesemuanya bisa dilakukan hanya dalam satu aplikasi.

Baca Juga:  Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil yang Benar dan Tepat

Youtap Indonesia sendiri memiliki visi misi menjadi membangun digital ekosistem terbesar di Indonesia dan mendorong UMKM untuk bisa go Digital. Tertarik dan penasaran apa saja fitur yang ditawarkan oleh Youtap? Yuk, daftar dan mulai usaha dengan Youtap sekarang juga!

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.