5 Cara Mengatasi Ketiak Basah Yang Menggangu Agar Tambah PD

5 Cara Mengatasi Ketiak Basah Yang Menggangu Agar Tambah PD

Penyebab ketiak basah biasanya terjadi karena keringat yang berlebihan. Keringat berlebih tentu saja sangat menggangu aktifitas keseharianmu juga pasti mengurangi rasa percaya diri ketika kamu sedang kumpul bareng teman-teman.

Namun jangan khawatir gengs, ketiak basah bukanlah suatu kondisi yang berbahaya. Walaupun ini dapat sedikit menyita perhatian karena dapat menimbulkan bau ketiak yang tentunya membuat kamu merasa kurang percaya diri dalam bersosialisasi.

Keringat yang berlebihan pada area ketiak disebabkan karena kelenjar keringat yang terlalu aktif atau bahasa ilmiahnya hiperhidrosis.

Tapi jangan khawatir, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi ketiak basah yang menggangu kegiatan keseharianmu.

Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini gengs!

Banyak Minum Air Putih

Kamu tau gak gengs? Ternyata, dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa membantu untuk mencegah ketika basah, lho!

Hal ini terjadi karena tubuh akan mendapatkan cairan dalam jumlah yang optimal, maka suhu tubuh kamu akan menurun dan jadi lebih dingin.

Perbanyak minum air putih
Gambar: Doc. Freepik

Mengkonsumsi air putih yang cukup juga akan membantu kelenjar keringat agar menghasilkan keringat dalam jumlah yang normal, jadi ketiakmu tidak akan basah lagi.

Hindari Makanan yang Memicu Keringat

Bukan hanya aktivitas, ternyata makanan yang kamu santap setiap hari juga bisa mempengaruhi jumlah produksi keringat pada tubuhmu lho.

Ada beberapa makanan yang ang dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan keringat yang berlebihan. Contohnya : Makanan olahan, makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan pedas, makanan yang tinggi garam, dan juga semua jenis bawang.

Hindari Makanan yang Memicu Keringat
Gambar: Doc. Ruang Muslimah

Maka dari itu, jauhi makanan-makanan seperti yang aku sebutkan diatas. Perbanyaklah makanan dan minuman yang berperan untuk menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif agar ketiakmu tidak menjadi basah.

Rajin Mencukur Bulu Ketiak

Tumbuhnya bulu yang lebat pada bagian ketiak juga menjadi penyebab terjadinya kelembapan alamai yang bisa mengakibatkan keringat muncul. Oleh karena itu, bulu ketiak yang berlebihan sebaiknya cepat kamu cukur agar tidak membuat kondisi semakin buruk ketika ketiak kamu basah.

Rajin Mencukur Bulu Ketiak
Gambar: Doc. Freepik/ksandrphoto

Selain dapat menghilangkan ketiak basah, ternyata mencukur rambut pada ketiak juga dapat membantu kamu terhindar dari bau ketiak yang tidak menyedapkan, lho.

Gunakan Deodoran yang Mengandung Antiperspirant

Ternyata, menggunakan deodorant biasa tidak cukup untuk mengatasi ketiak basah gengs. Karena fungsi deodoran sendiri biasa dipakai hanya untuk mencegah bau badan dengan aroma harumnya saja.

Gunakan Deodoran
Gambar: Doc. Freepik/bilahata

Namun, jika deodorant itu mengandung antiperspirant dapat menghambat produksi keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Jadi, buat kamu yang ingin mencegah ketiak basah ini, lebih baik gunakan deodorant yang mengandung antiperspirant.

Kurangi Rasa Cemas dan Stres

Hayo siapa yang selalu merasa cemas? Ternyata ini juga dapat memicu keringat basah guys. Bukan hanya cemas, stres yang biasanya menyerang akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan jika ini terjadi secara terus menerus makan akan menyebabkan kulit berkeringat.

Kurangi Rasa Cemas dan Stres Berlebih
Gambar: Doc. Freepik/wayhomestudio

Lebih baik kurangi rasa cemas dan stres kamu dengan fokus pada solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Menghindarinya juga bisa dengan cara bercanda, bersantai atau mengobrol bersama teman-temanmu.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi ketiak basah yang menggangu keseharianmu gengs, jika kamu belum bisa meredakan keringat yang berlebihan di ketiak. Lebih baik untuk segera periksa ke dokter supaya diberi solusi secara medis untuk bisa cepat mengatasinya. Semoga bermanfaat ya!

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.