5 Tips Cara Belajar Efektif Usai Liburan Panjang

Tips dan Cara Belajar Efektif

Suasana liburan semester adalah saat-saat yang menyenangkan. Kita bisa rekreasi, berkumpul dengan keluarga menjadi hal yang sangat dinantikan oleh hampir seluruh pelajar yang ada. Dengan adanya liburan panjang ini, dapat berpotensi besar membuat para pelajar untuk malas belajar di hari pertama sekolah.

Dengan memulai kegiatan belajar yang memiliki semangat tinggi, maka sangat menentukan proses dan hasil belajar yang diraih. Untuk itu hari pertama belajar di sekolah setelah liburan semester ini cukup penting dimulai dengan penuh semangat. Tentunya dengan cara belajar efektif yang matang agar bisa mewujudkan keinginan tersebut. Berikut ada tips cara belajar efektif untuk membangkitkan semangat setelah liburan panjang nih, simak yuk ulasannya:

  1. Buat masa-masa ketika ingin habis liburan sebagai masa penuh harapan

Setelah liburan, maka banyak pikiran orang-orang bahwa dirinya akan kembali ke dunia yang melelahkan. Demikian juga anak sekolahan yang banyak berpikir seperti itu. Nah, kamu harus mengubah mindset atau cara berpikir keliru itu. Lebih baik liburan dimanfaatkan untuk ajang merefresh diri untuk menghadapi sebuah masa baru dengan semangat dan penuh harapan. Untuk itu sebagai pelajar, maka penting untuk mencintai aktifitas kamu sebagai pelajar.

  • Biasakan tidur waktunya seperti ketika sekolah

Biasakan tidur seperti ketika sekolah, yaitu jangan pernah tidur terlalu larut malam walaupun ketika liburan sekalipun. Sehingga ini akan selalu membiasakan kamu untuk tidur dengan tepat waktu. Utamanya ketika waktu masuk sekolahnya telah dekat, maka 5 hari sebelumnya biasakan untuk tidur tepat waktu ya, yaitu tidur paling malam jam 9. 

Belajar Efektif
(sumber gambar: Okezone News)
  • Hilangkan pikiran bahwa hari pertama tidak belajar

Banyak siswa yang ingin dan beranggapan kalau hari pertama sekolah tidak akan belajar, sehingga hal ini akan menjadi buruk ketika saat proses belajar. Pikiran seperti itu membuat siswa akan malas datang, bahkan ada yang sengaja datang terlambat ke sekolahnya. Harus tetap semangat ya teman-teman.

  • Siapkan perlengkapan belajar yang dibutuhkan
Baca Juga:  Mengintip Peraturan Sekolah untuk Siswa di Jepang

Ini sangat penting, segala perlengkapan belajar yang dibutuhkan perlu dipersiapkan sebelum hari pertama belajar. Jangan sampai hari H-nya baru dipersiapkan segalanya, yang membuat kamu sibuk dan kacau. Bahkan membuat mood untuk sekolah menjadi hancur, untuk itu sehari sebelumnya dimulainya sekolah persiapkan sebelumnya ya. Sehingga kamu nantinya dapat bangun hingga berangkat sekolah dengan tenang.

  • Belajar Online di Ruangguru

Kalau kamu lelah atau malas membuka buku pelajaran, ada solusi yang baik yaitu menggunakan aplikasi bimbel online Ruangguru. Ini merupakan salah satu cara belajar efektif lainnya jikalau kamu merasa bosan. Kamu bisa gunakan fitur Ruangbelajar yang materi pelajarannya disajikan berupa video animasi. Menarik bukan?

Dari 5 tips cara belajar efektif tadi, semoga bisa membangkitkan semangat kamu kembali setelah liburan panjang ya. Jangan lupa untuk download aplikasi Ruangguru agar belajar kamu semakin efektif dan semakin percaya diri dalam menjawab soal apapun.

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.