5 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat di Tengah Kesibukan

5 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat di Tengah Kesibukan

Trend gaya hidup wanita dan pria saat ini berkembang cukup beragam. Namun ada satu trend gaya hidup yaitu menjalani pola hidup sehat yang saat ini menjadi pilihan dan banyak dijadikan salah satu resolusi setiap tahunnya. Dengan menjalani pola hidup sehat tentu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, salah satunya yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menangkal berbagai virus termasuk Covid-19 yang kini tengah merebak di Indonesia, panjang umur, hingga tampil awet muda.

Seputar cara untuk menjalani gaya hidup sehatpun sudah banyak diberitakan di media-media nasional. Bahkan ada tren gaya hidup sehat ala Millenial yang bisa jadi alternative untuk membantu membiasakan dengan pola dan gaya hidup sehat.

Namun dalam prakteknya, penerapan gaya hidup sehat di kehidupan nyata sangatlah sulit untuk dilakukan. Banyak faktor yang pada akhirnya seseorang menyerah untuk mencoba menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari konsistensi hingga terbentur dengan aktivitas sehari-hari yang sibuk.

Memang untuk mencapai sebuah tujuan termasuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat butuh perjuangan. Butuh yang namanya proses secara bertahap sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Ini ada 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk setidaknya memulai menjalani pola dan gaya hidup sehat di tengah-tengah kesibukan.

1. Atur jenis makanan yang dikonsumsi

Langkah awal adalah dengan menerapkan pola pikir atau mindset, khususnya dalam memilih makanan sehat, kurang sehat, hingga tidak sehat. Untuk sebagian orang beberapa makanan baik untuk kesehatan mereka, namun belum tentu untuk sebagian lainnya. Untuk itu, dibutuhkan medical check up tubuh sebelum memulai menerapkan gaya hidup sehat.

Makanan sehat
Gambar: Freepik/@denamorado

Dalam berbagai informasi kesehatan baik dalam media online dan acara talk show yang menyebutkan bahwa makanan yang sehat itu seperti sayuran hijau, buah-buahan, lauk yang tinggi protein dan karbohidrat komplek dari beras merah atau gandum.

Dalam menerapkan pola dan gaya hidup sehat, dianjurkan untuk menambah porsi sayuran dan buah. Selain itu hindari untuk konsumsi fast food, gula, dan lemak jahat. Boleh mengonsumsi lemak, namun pastikan itu adalah lemak baik yang bisa kamu peroleh dari kandungan omega 3.

Baca Juga: Kebiasaan Memilih Makanan Bergizi Tinggi Agar Tubuh Tetap Sehat

2. Penuhi kebutuhan akan cairan tubuh

Gaya hidup sehat akan sangat mengutamakan pentingnya untuk minum air putih yang cukup. Ini karena hampir 60 persen tubuh manusia itu terdiri dari air. Oleh karena itu, dalam pola hidup sehat, seseorang membutuhkan 1.5-2 liter air putih per harinya.

Penuhi kebutuhan akan cairan tubuh
Gambar: Freepik/@senivpetro

Selain air putih, disarankan untuk minum air perasan dari jeruk lemon. Selain menambah kadar air dalam tubuh, khasiat dari minuman adalah membantu meningkatkan sistem imun sekaligus sebagai antioksidan.

3. Rutin melakukan aktivitas fisik

Dalam pola hidup sehat, aktivitas fisik atau berolahraga merupakan bagian penting. Terkadang dalam berolahraga ini diartikan, menghabiskan waktu di tempat fitness atau gym.

Jogging sebagai aktivitas fisik
gambar: freepik/@numberone9018

Dilakukan aktivitas fisik ini diperlukan untuk menghindari gaya hidup kurang gerak atau biasa disebut “mager”. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa aktivitas fisik ini harus dilakukan selama 150 menit setiap minggu. Jadi, tinggal dibagi saja ya! Jadi tidak perlu olahraga berjam-jam setiap hari, namun aktivitas fisik ini bisa dilakukan di sela-sela waktu di dalam kegiatan sehari-hari.

Manfaat dari aktivitas ini akan memperkuat daya tahan tubuh, dan mencegah gangguan pada sistem kardioviskular sekaligus menjaga kesehatan mental. Ketika aktivitas fisik dilakukan, amak tubuh akan memproduksi zat endorphin yang akan memberikan rangsangan kepada otak sehingga menjadi lebih rileks sekaligus itu akan membuat suasana hati menjadi lebih bahagia.

Baca Juga: Kenali Penyebab Flu yang Sering Tidak Disadari

Jika kesibukan menyita waktu kamu, cukup melakukan peregangan otot  (stretching up) setiap 20 menit sekali bisa dilakukan. Atau kamu bisa memilih jalan jika lokasi kantor dekat dengan lokasi tempat tinggal atau dari tempat kamu turun setelah menggunakan angkutan umum. 

Akan semakin sempurna dalam penerapan gaya hidup sehat, jika kamu melakukan aktivitas fisik di pagi hari seperti jogging selama 5-10 menit.

4. Utamakan istirahat dan waktu tidur

Tidur juga tidak kalah penting dengan deadline pekerjaan yang harus diselesaikan. Mengapa demikian? Tidur ini akan membantu kamu dalam memulihkan energi dan tenaga yang hilang selama bekerja, metabolisme menjadi lancer, dan juga dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Utamakan istirahat dan waktu tidur
Gambar: Freepik

Jika kamu ingin menerapkan pola hidup sehat, maka sangat dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam perharinya. Hindari kebiasaan tidur larut malam atau bedagang.

5. Hilangkan jenuh dan bosan dengan aktivitas simpel

Terkadang dalam proses penerapan pola hidup sehat ada rasa jenuh dan bosan. Ini yang menjadi faktor utama dan pertimbangkan ketika seseorang akhirnya memilih untuk berhenti.

Untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut, cobalah sesekali melakukan aktivitas berdasarkan hobi yang kamu senangi. Mulai dari hal-hal ringan seperti membaca, membersihkan rumah, berkebun, yoga hingga melakukan kreasi sendiri. Ini dilakukan untuk relaksasi untuk bisa membantu meringankan penat dan bosan.

Lakukan yoga untuk relaksasi
Gambar: Freepik

Perlu diingat bahwa kesehatan itu tidak didapatkan dengan sendirinya. Butuh usaha, kesabaran dan yang paling terpenting adalah konsistensi dalam melakukan semua hal setiap hari harinya.

Tidak pernuh terlalu ngoyo dalam melakukan semua tips di atas. Lakukan perubahan secara berangsur-angsur sampai ketemu pola yang tepat dimana kamu bisa melakukannya secara keseluruhan dan menjadi sebuah kebiasaan. Tapi ingat, keinginan untuk menerapkan gaya hidup sehat jangan sampai menyiksa diri sendiri hingga malah berefek buruk pada kesehatan fisik dan mental. Selamat mencoba!

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.