0

7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat petai bagi kesehatan – Petai atau yang lebih dikenal dengan sebutan “pete” merupakan makanan yang tergolong ke dalam jenis polong-polongan yang tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ada yang menyukai makanan tersebut, tetapi ada juga yang membencinya. Tentu saja penyebabnya yaitu rasanya yang begitu pahit dan ditambah baunya yang begitu menyengat ketika seseorang memakannya. Namun dibalik itu semua,  pasti ada manfaat yang membuat tubuh anda menjadi lebih sehat yaitu :

Petai

(Sumber Gambar: alodokter)

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan Kerja Otak

Petai memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menjaga cairan dalam tubuh serta menjaga keseimbangan elektrolit. Kalium juga bermanfaat membantu oksigen supaya lebih cepat sampai ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak manusia. Bahkan hal ini telah diteliti oleh ilmuwan Inggris yang membuktikan jika mengkonsumsi petai saat sarapan pagi hingga makan siang dapat mengerjakan soal-soal di sekolah dengan mudah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berikutnya yakni pete dapat menjaga kesehatan jantung anda. Hal ini  sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau yang lebih dikenal dengan sebutan WHO yang menjelaskan bahwa pete mengandung mineral kalium yang dapat mendorong kesehatan kardiovaskuler serta mengurangi tekanan darah.

  1. Mencegah Anemia

Pete juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dimana zat tersebut bermanfaat sekali untuk merangsang pertumbuhan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin inilah yang nantinya berperan untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

  1. Mengatasi Stres

Stres juga bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi makanan pete. Hal ini dikarenakan pete yang mengandung triptofan. Saat masuk ke slaam tubuh akan diproses dan berubah menjadi sertonin. Kandungan sertonin tersebut membuat anda merasa lebih rileks, mood meningkat, dan selalu dalam rasa bahagia.

  1. Melancarkan Pencernaan

Memiliki masalah pencernaan dapat diatasi dengan makanan pahit yang satu ini. Layaknya polong-polongan lainnya, petai juga mengandung serat yang membuat buang air anda menjadi lebih lancar. Anda akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan lainnya setelah mengkonsumsinya.

  1. Menghilangkan Rasa Sesak Akibat Kekenyangan

Ketika anda merasa kekenyangan karena makan yang terlalu banyak pasti anda merasakan rasa sesak di bagian dada serta rasa ingin muntah (mual). Dengan mengkonsumsi pete membuat efek tersebut menjadi hilang yang disebut juga dengan efek antasida.

  1. Mengurangi Gatal Karena Gigitan Nyamuk

Jika anda biasanya menggunakan lotion untuk mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk, mulai saat ini cobalah gunakan pete. Anda dapat memanfaatkan kulitnya guna mengurangi rasa gatal yang timbul setelah kulit digigit oleh nyamuk. Adapun cara pengobatannya yaitu dengan menggosok bagian dalam kulit petai pada area kulit yang gatal.

Mulai sekarang, jangan hanya menilai pete dari baunya saja ya. Kerena makanan ini juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh anda. Demikian informasi tentang manfaat petai bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.