7 Tips Menulis Opini Berkualitas

7 Tips Menulis Opini Berkualitas

Opini mempunyai arti sebagai pendapat, gagasan, atau pikiran dari seseorang mengenai suatu topik tertentu. Meskipun opini merupakan pendapat pribadi, namun ketika Anda menyampaikannya, harus berlandaskan pada teori-teori ilmiah yang bersangkutan. Teori-teori ini untuk menguatkan pendapat yang kita sampaikan.

Penulis sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu terhadap topik. Riset bertujuan agar penulis dapat menyampaikan pendapatnya dengan landasan teori yang kuat. Dengan begitu, maka masyarakat umum yang membaca atau mendengar opini Anda, yakin bahwa pendapat tersebut berbobot dan terpercaya.

Menulis Artikel Berisi Opini

Tips Menulis Opini

Menulis opini yang bisa membuat publik antusias dan percaya bukan hal mudah. Tapi, Anda bisa mempelajari bagaimana membangun opini yang kuat dengan pemikiran sendiri, tanpa mengabaikan teori ilmiahnya. Apa beberapa panduan dasar bagaimana membangun argumen pribadi dalam bentuk tulisan. Simak berikut panduan-panduannya.

1. Punya Pemahaman Topik yang Baik

Memang benar bahwa opini merupakan pendapat atau gagasan dari diri sendiri. Meskipun demikian, bukan berarti pendapat yang keluar tersebut tanpa dasar ilmu pengetahuan. Jika hanya mengeluarkan pendapat tanpa ada dasar pemahaman ilmu yang baik, maka pendapat tersebut tidak ada artinya.

Punya Pemahaman Topik yang Baik

Seseorang yang menyampaikan pendapat atau gagasan haruslah orang yang memiliki pemahaman luas pada topik tertentu. Karena nantinya, opini yang Anda tulis akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat.

Bisa kita ketahui akibatnya, kalau kita hanya mengeluarkan pendapat tanpa ada dasar pengetahuan sama sekali. Akibatnya adalah, masyarakat mungkin tidak mempercayai gagasan dari Anda.

Jadi, penting untuk memahami secara menyeluruh mengenai topik yang akan anda gagas. Pemahaman ilmu pada topik tersebut akan menguatkan opini Anda nantinya. Pada akhirnya, publik akan melihat gagasan dari Anda sebagai gagasan yang cerdas dan terpercaya.

Baca Juga:  Konsultasi Anak Online, Cara Mudah dan Praktis

2. Cari Ide Tepat

Saat menulis opini, tidak hanya membutuhkan pemahaman pada bidang yang dibahas saja,  tetapi juga harus bisa mencari ide yang tepat. Ide akan membantu penulis untuk mengembangkan gagasan supaya lebih berisi dan menarik.

Cari Ide yang Tepat

Bagaimana cara menemukan ide yang tepat untuk mengembangkan opini? Cobalah untuk membaca buku, jurnal artikel, atau berita. Jadi, ketika membuat opini, kita tidak hanya fokus pada topik pembahasan. Kita bisa mencari ide supaya penulisan pendapat lebih berkembang.

3. Buat Argumentasi

Setelah melalui dua tahap sebelumnya, yaitu memahami topik yang dibahas dan mencari ide , maka langkah selanjutnya adalah membuat argumentasi. Argumentasi merupakan ide atau gagasan asli yang berasal dari pikiran kita sendiri.

Buat Argumentasi

Tidak sulit untuk membuat argumentasi berbobot, asalkan sudah menguasai topik dan menemukan ide yang tepat. Opini yang Anda sampaikan juga terlihat lebih profesional, karena telah melakukan tahapan untuk menciptakan argumen berkualitas.

4. Bahasa Penulisan Santai

Perhatikan gaya bahasa penulisan untuk membuat opini. Gaya dan teknik penulisan sangat mempengaruhi kualitas sebuah gagasan yang Anda sampaikan. Teknik penulisan untuk opini sebaiknya jangan terlalu banyak basa-basi, langsung ke inti pembahasan yang ingin disampaikan.

Bahasa Penulisan Opini yang Santai

Untuk gaya bahasanya diutamakan menggunakan bahasa santai dan tidak terlalu formal. mengutarakan gagasan dan menggunakan bahasa yang lebih santai akan menarik pembaca. Gunakan penggalan kalimat yang lebih pendek. Karena biasanya, penggalan kalimat yang panjang justru cenderung membuat pembaca cepat jenuh.

5. Punya Pengetahuan Bahasa yang Baik

Penguasaan bahasa yang Anda gunakan untuk menyampaikan opini juga sangat penting. Memiliki pengetahuan bahasa yang baik akan menghasilkan tulisan yang informatif. Dengan begitu maka orang-orang mudag mencerna gagasan yang anda buat.

Menulis dengan Pengetahuan Bahasa yang Baik

Apabila tidak memiliki pengetahuan bahasa yang baik, sedalam apapun topik yang Anda kuasai, opini yang dibuat tidak akan menarik untuk dibaca. Padahal, tujuan membuat opini adalah supaya masyarakat tahu pendapat kita tentang topik tertentu. Jadi, sudah sewajarnya jika kita membuat opini dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat luas.

Baca Juga:  Pilihan Busana Ramadhan Untuk Remaja Perempuan

Lalu, bagaimana supaya bisa memiliki pengetahuan bahasa yang mumpuni? Sebenarnya ada banyak cara supaya pengetahuan bahasa anda lebih baik. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan sering membaca karya tulisan orang lain. Anda bisa mencari opini karya orang lain yang bagus di website atau surat kabar online.

6. Memahami Media Massa Target

Setiap media massa memiliki kriteria tertentu pada opini yang dimuat. Pahami media massa yang akan dijadikan target untuk publikasi opini Anda. Beberapa contoh kriteria yang yang harus diperhatikan yaitu gaya bahasa dan gaya penulisan.

Memahami Target Audience

Setiap media massa memiliki kriteria opini yang berbeda-beda. Oleh sebab itulah, Anda sebaiknya pahami dulu kriteria dari media massa, sebelum membuat opini untuk kemudian dikirim.

7. Ruang Lingkup Kecil

Beropini yang baik adalah mengeluarkan pendapat mengenai suatu hal dalam lingkup yang kecil. Ruang lingkupnya yang kecil membuat orang-orang lebih mudah untuk mencerna isi yang ada di dalam tulisan opini berkualitas.

Ruang Lingkup Kecil sehingga Opini Mudah Dipahami

Semakin kecil ruang lingkup yang Anda bahas, maka tulisan semakin baik. Buat opini benar-benar anda kuasai. Membuat tulisan opini dengan ruang lingkup yang lebih besar dikhawatirkan akan mengurangi kualitas tulisan opini. Itulah penjelasan mengenai cara membuat opini yang berkualitas. Tuangkan pendapat serta gagasan ke dalam tulisan yang membuat pembaca terhipnotis opini Anda.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.