Air Terjun Wai Marang Wisata Sumba Bagai Kolam Pemandiannya Para Bidadari

Air Terjun Waimarang Sumba, NTT

Bagi anda yang suka dengan perjalanan wisata, salah satu wisata Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini terdapat banyak air terjun yang terkenal cantik. Di Sumba Timur, salah satu air terjun cantik dengan pemandangan yang luar biasa indah adalah Air Terjun Wai Marang terletak di Desa Wai Marang. Untuk Air terjunnya kecil saja, namun kolamnya lebar airnya biru, seperti kolam pemandian bidadari. Untuk menuju wisata sumba Air Terjun Wai Marang, membutuhkan perjalanan sekitar dua jam berkendara dari Waingapu, Sumba Timur. Sesampainya di lahan parkir, akan ada jasa pemandu untuk membantu perjalanan wisatawan.

Air Terjung Wai Marang, Sumba
Air Terjung Wai Marang, Sumba

Dan untuk jarak dari lahan parkir menuju Air Terjun Wai Marang sekitar satu kilometer dengan menggunakan jalur trekking menuju Air Terjun Wai Marang di Sumba Timur, NTT. Jalurnya ini cukup curam, menurun, dan jika sedang hujan jalanan terasa licin. Perjalanan menuju air terjun memang terasa melelahkan namun pada akhirnya akan terbalas ketika sampai. Memang benar seperti kata warga orang Sumba, bahwa air terjun ini bentuknya mirip bagaikan gambaran kolam mandi bidadari seperti cerita jaman dulu yang selendang bidadari dicuri Jaka Tarub. Air terjunnya  ini berdinding bebatuan, dengan tiga tingkatan air terjun. Air terjun pertama memiliki ukuran paling kecil, lalu pada tingkatan kedua paling lebar sekitar tujuh meter, dan yang tingkatan terakhir sekitar tiga meter.

Kata warga orang Sumba yang paling bagus dan menarik itu tingkat ke dua. Di kolam air terjun ini untuk para wisatawan yang tidak bisa berenang agar berhati-hati, karena pada air terjun tingkatan ke dua, kolamnya ini memiliki kedalaman hingga empat meter. Namun di kolam Air Terjun Wai Marang ini selalu memiliki warna air yang biru jernih, sehingga segar sekali jika buat mandi.

Air Terjung Wai Marang Wisata Sumba Bagai Kolam Pemandiannya Para Bidadari
Air Terjung Wai Marang Wisata Sumba Bagai Kolam Pemandiannya Para Bidadari

Lantaran air terjun Wai Marang ini selalu mengalir dari tiga air terjun dan merembes dari dinding bebatuan. Untuk para wisatawan waktu terbaik untuk mengunjungi Wai Marang adalah pukul 09.00-10.00 Wita, sebab pada pagi hari ini sinar matahari akan masuk melalui celah air terjun dan bagus sekali buat berfoto.

Baca Juga:  Ingin Tiket Pesawat Murah ? Hanya EzyTravel Tempatnya

Usahakan untuk tidak datang terlalu sore, karena saat kembali ke lahan parkir cuaca akan gelap tanpa penerangan. sedangkan jalur trekking terbilang curam dan licin. Untuk mengunjungi Wai Marang Tidak dipungut biaya, hanya terdapat biaya parkir saja dengan memungut biaya parkir Rp 10.000 per mobil dan Rp 5.000 per motor.

Untuk penggantian pakaian renang hanya bisa di lahan parkir dan jika ingin menyewa ban bagi yang tidak bisa berenang juga ada. Rasakan berenang di kolam bak pemandian bidadari, Wai Marang hanya di Wisata Sumba.

Apabila anda ingin berkunjung dan berwisata menikmati pilihan tempat wisata lainnya dengan paket tour wisata sumba anda bisa menggunakan dari tour travel sumba tourism. Tersedia pilihan paket open trip / privat trip wisata sumba mulai dari  3 hari 2 malam, 4 hari 3 malam, 5 hari 4 malam, dan 6 hari 5 malam. Untuk lebih detailnya bisa cek disini

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.