Beberapa Bau yang Muncul Pada Mobil

bau-pada-mobil

Tips dunia otomotif – Pernah merasakan bau pada saat mengendarai sebuah mobil? Perlu diketahui bahwa Anda tidak hanya dituntut untuk mengetahui arti dari beberapa warna lampu pada panel instrumen mobil saja. Namun, kalian juga wajib mengetahui apa sebenarnya penyebab bau yang tidak sedap muncul pada mobil kalian.

Biasanya, bau tidak sedap yang muncul di dalam maupun luar mobil kalian ini, akan mendeteksi semua masalah yang terjadi pada mobil. Namun, bau yang muncul pun akan memiliki aroma sekaligus memberikan masalah yang berbeda pada mobil. Apabila bau yang tidak sedap ini terus diabaikan, tidak menutup kemungkinan mobil kalian akan mengalami masalah yang sangat serius.

Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil

Berikut OTOTips terbaru mengenai beberapa bau yang akan muncul pada mobil, serta penyebab yang menimbulkan bau tidak sedap ini. Langsung saja disimak ya!

  1. Bau terbakar. Ketika kalian mengendarai mobil dan mencium bau terbakar yang menghasilkan aroma yang sangat kuat di dalam mobil, berarti kalian telah menginjak pedal rem terlalu lama dari biasanya. Jika bau ini muncul, terkadang juga memberikan petunjuk jika terdapat masalah pada kopling maupun rem mobil kalian.
  2. Bau lembab. Apabila kalian mencium aroma lembab yang sangat bau pada mobil, itu artinya terdapat kebocoran pada kabin mobil kalian. Jika ada air yang masuk ke dalam kabin mobil ini, akan menyebabkan tumbuhnya bakteri sekaligus jamur yang mengakibatkan bau lembab tersebut. Dan, segeralah mengecek sekat pada pintu dan jendela, lalu pastikan dimana letak kebocorannya.
  3. Bau minyak terbakar. Selain bau terbakar dan lembab, kalian pastinya juga pernah mencium bau minyak terbakar dengan aroma yang sangat tajam. Biasanya, bau minyak terbakar ini disebabkan oleh adanya oli mobil yang mengalami kebocoran. Namun, ketika kebocoran ini terus dibiarkan terlalu lama, hanya akan menimbulkan lapisan keras sehingga berimbas kepada komponen yang terdapat di dalam mobil.
  4. Bau sulfur. Bau sulfur sendiri merupakan sebuah gejala yang terdapat pada katalitik converter, yang bisa mengakibatkan kebocoran maupun kerusakaan. Saat katalitik converter yang berfungsi untuk menyaring gas buang dengan kondisi ekstrem ini mengalami kerusakan dan kebocoran, maka inilah yang menyebabkan timbulnya bau sulfur pada mobil.
  5. Bau asam pengharum. Hampir semua pengendara menginginkan mobil yang dimiliki selalu wangi, tetapi terkadang ketika ingin mewujudkan keinginan yang seperti ini, tidak sedikit dari pengendara yang asal membeli pengharum untuk mobil. Tentu saja, apabila asal membeli pengharum, akan mengeluarkan bau asam yang tidak sedap pada mobil.
Baca Juga:  Perbedaan Beban Kerja Oli Motor dan Oli Mobil

Nah, itulah beberapa bau yang muncul di dalam maupun luar mobil kalian, yang akan membantu mendeteksi masalah maupun kerusakan pada mobil. Temukan berita otomotif dan tips terbaru di Pitstop.Otopedia.com, sebuah portal media online di Indonesia yang menyajikan beragam berita dunia otomotif terlengkap, tips, info komunitas mobil, hingga event otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.