0

Berikut Cara Bedakan Suku Cadang Motor Asli dan Palsu dengan Benar

Banyaknya tipe spare part atau suku cadang motor yang dijual di pasaran terkadang membuat konsumen bingung dalam membedakan jenis asli dan palsu. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran para konsumen mengingat spare part palsu dapat mengganggu kenyamanan pengendara, bahkan merusak kondisi motor. Itu sebabnya, penting untuk kamu lebih jeli sebelum membeli spare part motor. Nah, penasaran bagaimana cara membedakan jenis spare part asli dan palsu? Simak terus ulasannya, ya!

Motor

(Sumber gambar: motorcyclecruiser.com)

1. Kenali Perbedaannya dari Sisi Harga
Tidak dapat dipungkiri konsumen tentu akan lebih mudah terpancing saat melihat barang dijual dengan harga yang murah. Sayangnya, ini menjadi cara efisien yang paling sering dilakukan para penjual suku cadang palsu. Namun, bukan berarti kamu harus membeli spare part dengan harga yang mahal, ya! Perlu diingat, jika si penjual menawarkan suku cadang dengan harga miring atau bahkan tidak masuk akal, bisa jadi barang yang ditawarkan adalah palsu. So, be careful!

2. Garansi yang Diberikan
Selain dari sisi harga, pastikan kamu juga memerhatikan garansi yang diberikan oleh si penjual. Jika suku cadang motor yang dibeli adalah asli, kamu akan mendapatkan garansi sesuai dengan merek produsen spare part tersebut. Nah, jika si penjual malah memberikanmu garansi toko atau garansi distributor, hal ini bisa dipastikan bahwa suku cadang atau spare part kendaraan yang kamu beli adalah palsu.

3. Perhatikan Sisi Kemasannya
Ternyata jenis suku cadang asli dan palsu dapat dibedakan melalui kemasannya, lho! Umumnya, warna serta tulisan pada kemasan spare part asli terlihat lebih jelas jika dibandingkan dengan yang palsu. Jadi, sebelum kamu melakukan pembelian, jangan lupa untuk selalu memerhatikan kemasannya secara detail ya!

4. Cek Setiap Komponennya
Sekarang kamu telah mengetahui perbedaan kemasan spare part palsu dan asli. Meski begitu, pastikan kamu tetap jeli dalam menerawang secara detail komponen suku cadang yang ingin dibeli. Faktanya, spare part yang palsu menggunakan bahan dengan mutu rendah sehingga pemakaiannya tidak akan bertahan lama. Oleh karenanya, penting untuk selalu memerhatikan setiap komponen spare part untuk mendapatkan produk yang bermutu tinggi.

5. Lakukan Pembelian di Toko Resmi
Cara paling mudah dan aman untuk menghindari pembelian suku cadang motor palsu adalah dengan melakukan pembelian di toko resmi. Yuk, mulai cari toko otomotif dengan label “Genuine Part” yang menjamin bahwa penjual tersebut telah mengantongi lisensi dari para produsen kendaraan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan servis secara berkala ke bengkel resmi. Kenapa? Jika kamu mendapatkan kendala setelah servis motor dilakukan, langsung saja kembali ke bengkel tersebut untuk melakukan perbaikan ulang. Oh iya, pastikan juga kalau bengkel tersebut memberikan garansi yang sesuai, ya!

Itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan guna menghindari produk suku cadang motor palsu. Sebenarnya, cara ini juga bisa kamu terapkan dalam mencari suku cadang mobil yang ori, lho. Semoga artikel ini membantu! Semoga artikel ini membantu!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.