Bunda Wajib Tahu, Ini Cara Menata Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi

Bunda Wajib Tahu, Ini Cara Menata Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi

Setiap ibu rumah tangga tentunya mendambakan dapur yang bersih dan selalu rapi, apalagi tinggal di sebuah hunian premium! Image kebersihan tentu menjadi hal penting untuk menentukan pemilik rumah tersebut peduli dengan kebersihan atau tidak.

Pentingnya dapur bersih dan rapi sebenarnya bukan cuma ditentukan oleh besar atau kecilnya ruang dapur, tapi juga dari kemampuan untuk tetap mempertahankan dapur rapi dan bersih setiap saat. Kunci untuk mempertahankan dapur rapi dan bersih adalah dengan rutin melakukan pembersihan atau perawatan harian.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan dapur rapi dan bersih, baik dari skala kecil hingga minimal, namun memiliki efek besar pada penampilan dapur. So, buat kamu yang ingin dapurnya selalu rapi dan bersih, berikut ada beberapa cara yang dapat kamu praktekkan pada dapurmu setiap saat.

1. Lakukan Pembersihan Setiap Kali Menggunakan Dapur

Lakukan Pembersihan Setiap Kali Menggunakan Dapur
Sumber: pinterest.com

Agar dapur milikmu selalu bersih dan rapi, usahakanlah untuk melakukan pembersihan di sela-sela kegiatan yang sedang dilakukan. Contohnya, saat lagi motong bawang, selalu membuang kulit bawang tersebut ke tempat sampai saat kegiatan telah selesai. Selain itu, bersihkan juga sisa-sisa percikan minyak sehabis menggoreng masakan dengan lap. Trik pembersihan setiap kali menggunakan dapur ini adalah salah satu cara efektif buat memiliki dapur yang rapi dan juga bersih.

Baca Juga: Tips dan Cara Membuat Instalasi Air di Dapur

2. Cuci Wastafel Jika Sudah Selesai Digunakan

Cuci Wastafel
Sumber: Pinterest.com

Kalau kamu mau punya dapur yang rapi dan bersih serta wastafel yang wangi dan kinclong, maka caranya adalah dengan membiasakan diri buat selalu menyikat atau mencuci wastafel jika sudah selesai membuang kotoran cuci piring ataupun minyak. Bersihkan area wastafel dengan sikat khusus dan sabun cuci yang ada. Setelah itu bilas dan keringkan dengan lap bersih. Dapur kamu pun dijamin bakal rapi dan bersih serta bonus wastafel yang terbebas dari kotoran hitam, endapan minyak, dan akan senantiasa wangi.

3. Simpan Bumbu Masakan di Toples

Simpan Bumbu Masakan di Toples
Sumber: Pinterest.com

Supaya dapur kamu terlihat bersih dan rapi, kamu bisa mengandalkan toples kaca ataupun plastik buat menyimpan bumbu-bumbu masakan. Berikan nama di setiap toplesnya dan berdasarkan dengan isinya. Tempatkan toples-toples yang sudah terisi tersebut di dalam rak khusus.

Baca Juga: Cara Menjaga Kebersihan Dapur dengan Alat Kebersihan Sederhana

4. Pastikan Permukaan Pada Meja Bersih

Pastikan Permukaan Pada Meja Bersih
Sumber: Pinterest,com

Permukaan pada meja dapur yang tampak bersih adalah salah satu faktor penting agar penampilan dapur tetap rapi. Selain rutin membersihkanya, pastikan juga meja dapur tidak terdapat banyak dekorasi yang tidak penting. Dapur bersih dan rapi akan terlihat lebih luas, adem, dan lenggang dengan dekorasi-dekorasi yang tidak banyak.

5. Perawatan Rutin Pada Perangkat Masak dan Furniture Dapur

Perawatan Rutin Pada Perangkat Masak dan Furniture Dapur
Sumber: Pinterest.com

Kalau kamu memperhatikan dapur milikmu secara seksama, pasti terdapat beberapa perlengkapan masak seperti panci atau kuali yang telah hitam terbakar dan butuh digosok. Atau mungkin gagang pot masak milikmu sudah longgar dan perlu dikencangkan menggunakan obeng? Peralatan masak seperti kuali, pot masak, atau panci juga perlu di servis bulanan agar tetap terlihat bersih serta berfungsi dengan baik. Selain itu, perabotan dapur seperti kulkas, microwave Sharp, dispenser, dan juga rice cooker juga perlu dilakukan perawatan dengan rutin. Pembersihan pada permukaan alat elektronik tersebut penting banget untuk dilakukan karena ini akan membuat alat elektronik tersebut tampak lebih bersih dan kinclong. Idealnya, perawatan rutin ini harus dilakukan minimal sebulan 1 kali.

Yuk, segera lakukan cara di atas ini untuk mendapatkan dapur yang bersih dan juga rapi!

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.