Cara Merawat Generator Set Portabel

Cara Merawat Generator Set Portabel

Kebutuhan akan pasokan listrik memang tidak bisa dibendung lagi. Di mana pun seseorang berada, mereka akan berusaha mencari listrik untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama erat dengan penggunaan peralatan elektronik. Maka dari itu, untuk memudahkan hal tersebut, banyak orang memilih rental genset murah portabel untuk bisa di bawa ke mana pun.

Tips Agar Genset Portabel Awet

1. Oli Selalu Baru

Seperti halnya peralatan mesin berdaya rendah, mengganti oli adalah faktor utama dalam menjaga keawetan. Apabila Anda membeli genset baru, maka Anda bisa mengganti setengah dari oli lama dengan oli baru setelah 30 jam penggunaan.

Setelah penggantian oli pertama selesai, penggantian oli di masa depan hanya perlu dilakukan setiap 100 jam penggunaan. Namun untuk berjaga-jaga ketika terjadi pemadaman listrik berkepanjangan yang tak terduga, maka Anda harus memiliki persediaan oli, filter oli, dan bahkan gas yang memadai.

2. Colokan dan Filter

Tanpa aliran yang lancar dan penyalaaan gas di dalam silinder mesin, generator Anda tidak akan berguna. Ganti busi dan filter udara Anda setiap 200 jam penggunaan atau setiap tiga sampai empat bulan sekali.

Memiliki busi baru yang dipasangkan dengan filter udara bersih akan memastikan campuran udara dan bahan bakar yang tepat. Hal ini dapat membantu mesin berjalan lebih efisien dan memperpanjang umur generator Anda.

Jasa Operator untuk Merawat Genset terbaik

3. Penyimpanan

Jika Anda berencana untuk menyimpan generator Anda dalam penyimpanan selama lebih dari sebulan, pastikan untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki. Mulailah dengan menambahkan penstabil gas berkualitas ke bahan bakar di tangki Anda, kemudian jalankan unit selama sekitar 15 menit.

Biarkan mesin menjadi dingin, kemudian hidupkan dan jalankan mesin sampai kehabisan bensin dan mati. Jika ada banyak gas yang tersisa di tangki, Anda bisa menggunakan pipa penyedot atau siphon. Pastikan sifon tidak konduktif, untuk menghindari menghasilkan listrik statis di tangki.

4. Pengisian Daya Baterai

Tidak semua generator portabel memiliki baterai, tetapi bagi genset yang memiliki fitur listrik harus terisi penuh sebelum disimpan. Jika Anda bisa, cobalah mencolokkan baterai ke pengisi daya yang mengalir agar tetap penuh dan siap saat Anda membutuhkannya.

Meskipun jika Anda mengikuti anjuran penyimpanan di atas, Anda tetap bisa menggunakan genset namun ada baiknya untuk memanasi generator Anda setiap 30 hari dan membiarkannya berjalan selama beberapa menit. Dengan melakukan hal ini, maka akan membantu menjaga komponen tetap terlumasi dengan mengedarkan oli di seluruh mesin.

Guna mendapatkan mesin genset portabel yang selalu siap sedia, maka Anda harus rajin merawatnya. Namun, jika Anda memilih cara yang mudah, Anda bisa menggunakan Jasa Operator Genset terbaik untuk menyewa genset portabel sesuai kebutuhan Anda.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.