Dokodemo-Kerja, Aplikasi Penunjang Sistem Kerja Jarak Jauh Serba Guna

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Penunjang Sistem Kerja Jarak Jauh Serba Guna

Saat ini mungkin istilah remote working sudah tidak asing lagi, apalagi semenjak adanya pandemi Covid-19. Remote working merupakan sistem kerja jarak jauh dan tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk pergi ke kantor atau bekerja. Biasanya para pekerja remote working adalah mereka yang berasal dari kalangan freelancer. Untuk berkomunikasi dengan atasan maupun klien, mereka menggunakan video call atau voice call.

Pemberlakuan sistem remote working pada perusahaan ada bermacam-macam. Sebagian hanya menerapkan remote working secara berkala dan sebagian yang lain menerapkannya secara total. Jarak antara pekerja dan perusahaan yang terlalu jauh biasanya akan menerapkan total remote working. Sebagai contoh, seorang desainer grafis dari Indonesia yang bekerja secara remote di perusahaan luar negeri.

Aplikasi Penunjang Remote Working

Meski terlihat sederhana, nyatanya tidak semua remote working berjalan dengan baik. Masih ada beberapa kendala yang sering dihadapi, antara lain sulitnya memantau karyawan, gangguan koneksi, dan memastikan kedisiplinan pekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa menunjang hal tersebut, salah satunya adalah aplikasi absensi karyawan online.

Aplikasi Dokodemo-Kerja

Aplikasi absensi karyawan bisa menjadi alat yang cukup efektif untuk memantau karyawan secara online. Dengan aplikasi ini, perusahaan bisa melacak dan tahu kapan karyawan mulai bekerja dan berhenti bekerja. Walaupun berada di lokasi yang berbeda, namun aplikasi ini tetap bisa mengetahui waktu mulai bekerja, waktu istirahat, keterlambatan, dan ketidakhadiran karyawan.

Aplikasi Dokodemo-Kerja

Salah satu aplikasi untuk absensi karyawan ini adalah Dokodemo-Kerja. Dokodemo-Kerja merupakan sebuah remote working management tool yang dikembangkan khusus untuk mengontrol kinerja karyawan. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Logique Digital Indonesia ini dapat dioperasikan baik melalui perangkat komputer atau laptop maupun dari telepon seluler. Ada beberapa fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi Dokodemo-Kerja, berikut diantaranya.

1. Memantau karyawan dari jarak jauh

Aplikasi Dokodemo-Kerja bukanlah sekadar aplikasi untuk melakukan absensi saja. Ada fungsi lebih yang ditawarkan, salah satunya adalah dapat memantau karyawan dari jarak jauh. Aplikasi ini mempunyai fitur screen capture layar dari perangkat karyawan. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir jika hal ini akan mengusik privasi karyawan karena kualitas tangkapan layar yang dihasilkan mempunyai kualitas yang rendah.

Tujuan utama dari diciptakannya fitur ini adalah untuk melihat aktivitas karyawan selama jam kerja. Aplikasi ini akan menangkap layar pada waktu yang acak untuk memastikan apa saja yang sedang dilakukan karyawan dengan laptopnya. Selanjutnya, data tersebut bisa dikirim ke pihak HR untuk melakukan evaluasi. Dengan hal ini, karyawan akan bekerja lebih fokus lagi.

2. Melihat waktu kehadiran karyawan

Tidak hanya memantau aktivitas pada layar saja, Dokodemo-Kerja juga bisa digunakan untuk mengetahui waktu kehadiran dari masing-masing karyawan. Karena sistemnya yang fleksibel, perusahaan bisa mengatur waktu masuk kerja yang akan digunakan sebagai patokan oleh para karyawan. Karyawan bisa menggunakannya untuk alat absensi dengan cara melakukan login ke sistem.

Dengan cara ini, perusahaan bisa melakukan evaluasi siapa saja yang datang tepat waktu dan siapa saja yang hadir tidak tepat waktu. Untuk perusahaan yang memberlakukan kerja shift, aplikasi Dokodemo-Kerja bisa juga digunakan untuk mengamati bagaimana pola kerja karyawan sehingga untuk berikutnya bisa ditentukan waktu kerjanya berdasar pola kerja tersebut.

Dokodemo-Kerja, Solusi Kerja Fleksibel yang Produktif

3. Membantu mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas

Berikutnya, aplikasi Dokodemo-Kerja juga berfungsi untuk membantu karyawan menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sebuah tugas. Hal ini karena aplikasi Dokodemo-Kerja memiliki sistem time tracking yang mumpuni. Para karyawan bisa membuat target harian dan menetapkan berapa waktu untuk bisa mengerjakan tugas. Dengan begitu, produktivitas para karyawan akan meningkat walaupun hanya bekerja secara remote.

4. Bisa digunakan kapan saja

Menariknya, aplikasi yang sangat berguna ini bisa dioperasikan kapan saja dan di mana saja. Jika Anda sedang tidak membawa laptop, Dokodemo-Kerja bisa Anda buka melalui telepon seluler. Hal ini tentu saja akan sangat membantu karena Anda tidak mungkin selalu berada di depan laptop.

Demikian beberapa penjelasan mengenai aplikasi Dokodemo-Kerja yang sangat bermanfaat untuk kerja remote. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang aplikasi tersebut, Anda bisa mengunjungi website www.logique.co.id atau www.dokodemo-kerja.com.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.