0

Es Campur Enak dari Berbagai Daerah!

Segarkan badan dengan meminum es campur? Siapa di antara kamu semua yang suka minum es campur di kala cuaca sedang panas? Yap, es campur memang sangat cocok diminum ketika cuaca panas karena memberikan sensasi yang menyegarkan untuk tubuh. Btw, kamu pasti tau dong dengan es campur ini? Yup, es campur merupakan minuman khas dari negara Indonesia yang di dalamnya terdapat berbagai jenis topping dan terbuat dari tepung beras dan penyajiannya pun dicampur dengan santan, es batu, dan gula merah. Es campur ini bercita rasa sangat manis sekaligus menyegarkan. Tidak hanya es campur biasa maupun es campur ala Sariwangi, masih banyak jenis es campur lainnya yang bisa kamu minum ketika cuaca panas.

Es Campur ala Sariwangi

(Sumber Gambar : TripAdvisor)

Es campur apa sajakah itu? Langsung disimak pembahasannya di bawah ini, yuk! Check it out!

  1. Es Dawet. Siapa nih yang suka makan es dawet dikala cuaca panas? Hmm, kalau ditanya, pasti banyak di antara kamu semua akan langsung menjawab suka, kan? Nah, es dawet atau dikenal pula dengan nama es cendol merupakan salah satu es campur khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan air suji sekaligus air biasa. Pencampuran ketiga adonan ini, menghasilkan adonan memanjang layaknya es dawet pada umumnya. Biasanya, penyajian es dawet ini dicampur dengan gula merah cair dan santan ditambah dengan es batu agar rasanya semakin nikmat. Umumnya, es dawet ini banyak dijual di daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Banjarnegara, dan lainnya.
  2. Es Selendang Mayang. Sudah pernah memakan es selendang mayang? Kalau didengar sekilas, mungkin kamu tidak akan mengira jika ini merupakan es campur khas Indonesia. Lantaran, namanya yang begitu unik seperti nama sebuah tempat wisata. Nah, selain namanya yang unik, ternyata penampakan es campur ini sangat cantik loh karena terdiri dari banyak warna. Nah, berbeda dengan es campur biasa, es selendang mayang yang berasal dari daerah Betawi ini memiliki rasa yang sangat gurih dan manis. Es campur satu ini terbuat dari sagu dan hunkwe yang dibentuk seperti kue lapis dengan warna putih, merah, dan hijau. Untuk penyajiannya, biasanya ditambahkan es batu, gula merah, dan santan. Enak banget pokoknya!
  3. Es Gempol Pleret. Apakah kamu tahu dengan es Gempol Pleret? Khusus buat kamu yang suka jalan-jalan di daerah Jawa Tengah, mungkin sudah sangat mengenal betul es satu ini, kan? Yap, es gempol Pleret adalah es campur khas Jawa Tengah yang terbuat dari dua bahan utama, yakni Pleret dan Gempol. Meskipun berbeda, es campur ini tetap sama-sama terbuat dari tepung beras tapioka yang dicampur dengan air dan diberi pewarna makanan agar terlihat semakin menarik. Pembuatan dari es gempol pleret ini pun sangat unik, di mana sebagian adonan yang sudah jadi dibuat bulat (gempol) dan pipih (pleret). Biasanya, penyajian es gempol pleret ini ditemani dengan kuah santan, sirup manis, dan es batu untuk penikmat rasa es.

Selain ketiga es di atas, masih banyak es campur lainnya yang bisa kamu cicipi, seperti:

  • Es Tebak, Sumatera Barat
  • Es Pisang Ijo, Makassar
  • Es Teler
  • Es Goyobod
  • Es Keruk Cincau
  • Es Campur Kolang-Kaling
  • Es Campur Milo
  • dan sebagainya

Mau minum yang segar-segar di kala cuaca sangat panas? Yuk, cicipi semua es campur yang sudah dituliskan tersebut. Selamat mencoba, ya!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.