Faktanya, Pekerja Freelance Paling Membutuhkan Asuransi Kesehatan

Freelancer Butuh Asuransi Kesehatan

Bagi karyawan atau pegawai di sebuah instansi, memiliki asuransi kesehatan menjadi sebuah kewajiban. Perusahaan atau instansi sudah mengambil seberapa persen dari gaji mereka untuk membayar premi asuransi. Namun, berbeda dengan pekerja freelance yang sering juga disebut dengan freelancer. Karena tidak ada yang mewajibkan, kebanyakan freelancer tidak mau membeli polis asuransi.

Padahal, jika dilihat dari risiko mengalami masalah kesehatan, freelancer justru yang riskan. Apalagi jika Anda seorang freelancer yang sering bekerja keras sampai lupa waktu. Anda harus sering ke luar kota seperti menjadi seorang travel blogger misalnya.

Freelancer dan Asuransi Kesehatan
Freelancer dan Asuransi Kesehatan

Belum lagi masalah pendapatan yang tidak pasti. Memang banyak freelancer sekarang ini yang gajinya besar sekali. Namun, namanya freelancer, pendapatan tidak pasti. Tidak sama seperti karyawan yang gajinya pasti setiap bulan ada. Jadi, setidaknya itulah mengapa freelancer seharusnya yang paling membutuhkan asuransi kesehatan. Selain itu, memang ada lagi manfaat dari memiliki asuransi ini.

3 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Freelancer

Anda sudah tahu kan alasan paling mendasar mengapa sebagai seorang freelancer Anda butuh asuransi kesehatan? Agar Anda lebih yakin lagi untuk segera beli, yuk pahami manfaat memiliki asuransi.

Punya Jaminan Kesehatan

Ini manfaat pertama dan paling utama. Dengan membeli polis asuransi, Anda punya jaminan kesehatan. Saat Anda sakit, ada pihak yang akan membiayai biaya perawatan kesehatan.

Punya Jaminan Kesehatan
Memiliki Jaminan Kesehatan untuk dirinya sendiri

Memang masih banyak orang yang memiliki perspektif yang berbeda. Mereka menganggap memiliki asuransi kesehatan itu seperti seolah-olah mengharapkan hal yang buruk terjadi. Seharusnya, mereka melihat hal ini dari sudut pandang yang berbeda. Alangkah lebih bijak jika ini dianggap sebagai cara untuk menghindari hal yang buruk, yaitu ketika Anda sakit dan Anda butuh dana yang besar untuk pengobatan.

Baca Juga:  Asuransi Kesehatan dan JKN, Apakah Sama ?

Managemen Keuangan

Selain memiliki jaminan pembiayaan kesehatan, Anda juga sebenarnya sedang mengatur keuangan. Beberapa orang mungkin punya pendapatan yang banyak. Sayangnya, mereka tidak benar-benar bisa merasakan kekayaan yang mereka miliki. Hal ini disebabkan satu hal. Mereka gagal mengatur keuangan.

Managemen Keuangan
Pandai dalam Mengatur Managemen Keuangan

Karena tidak bisa mengatur keuangan, uang yang mereka dapatkan keluar begitu saja. Tidak terasa, tabungan terus berkurang. Padahal, setiap tahun, pendapatan bertambah. Ini yang paling sering dirasakan oleh seorang freelancer. Karena apa? Karena mereka tidak mampu mengatur keuangan.

Seharusnya, pendapatan Anda sebagai seorang freelancer harus diposkan pada beberapa pos. Ada yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini tentu saja wajib Anda lakukan. Namun, sisakan juga uang diposkan untuk investasi dan juga asuransi kesehatan. Dua hal ini sangat penting untuk masa depan.

Tidak Merepotkan Orang Kesayangan

Biaya kesehatan itu semakin mahal. Belum lagi jika Anda sakit parah. Pada saat itu, Anda tidak hanya tidak memiliki pendapatan karena harus dirawat di RS, misalnya. Di sisi lain, Anda juga mungkin merepotkan orang kesayangan Anda. Anda bisa saja harus meminjam uang ke orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Mandiri dan Tidak Merepotkan Orang Lain
Memiliki Sifat Mandiri dan Tidak Merepotkan Orang Lain

Nah, itulah beberapa manfaat memiliki asuransi kesehatan. Semoga informasi tersebut semakin membuka perspektif Anda tentang asuransi.

Jangan Asal Memilih Asuransi Kesehatan

Sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan. Namun, jangan asal pilih ya. Ada beberapa tips yang perlu Anda pahami agar Anda tidak salah pilih.

Tips yang pertama, pilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Anda mungkin butuh waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan. Anda bisa tanya kepada orang-orang yang memiliki polis asuransi kesehatan dari perusahaan yang berbeda. Kumpulkan review dari mereka dan tentukan pilihan mana perusahaan asuransi yang sepertinya layak untuk Anda pilih.

Jangan Asal Memilih Asuransi Kesehatan
Jangan Asal Memilih Asuransi Kesehatan

Tips yang kedua, pilih jenis asuransi seusai dengan kebutuhan. Setiap orang memiliki risiko terkena masalah kesehatan tertentu. Dan Anda pasti tahu apa yang paling riskan yang bisa mengenai diri Anda. Itulah yang Anda butuhkan. Di Lifepal, ada banyak sekali pilihan asuransi sesuai dengan kebutuhan. Dan masing-masing tipe ditawarkan dengan premi asuransi yang berbeda.

Baca Juga:  Lindungi Kesehatan Keluarga Dengan Layanan Asuransi Syariah

Yang ketiga, sesuaikan dengan budget. Ini yang paling penting. Jangan sampai Anda memilih asuransi yang membuat Anda kuwalahan untuk membayar premi tiap bulan. Pastikan Anda pilih tipe asuransi dengan biaya premi yang bisa Anda bayar secara rutin. Nah, sudah tahu kan sekarang mengapa pekerja freelancer lebih butuh asuransi kesehatan? Jangan sampai Anda sakit baru mengerti pentingnya asuransi ya.

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

7 Replies to “Faktanya, Pekerja Freelance Paling Membutuhkan Asuransi Kesehatan

  1. asuransi itu salah satu bagian yang paling penting menurut saya. Bekerja tidak bekerja sebisa mungkin diri kita menggunakan salah satu asuransi jadi bila ada kejadian yang amit amit jelek. Kita bisa claim dari Asuransi ya. ya anggap saja itu sebagai tabungan juga sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.