Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mendesain Kemasan Minuman

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mendesain Kemasan Minuman

Menjadi komponen penting dalam membangun citra dan identitas merek, desain kemasan menawarkan peluang besar untuk memberikan dampak positif terhadap citra merek lewat berkomunikasi dengan audiens melalui visual maupun juga komunikasi dalam bentuk teks.

Jika Anda masih tidak yakin apakah Anda harus menghabiskan waktu yang banyak merancang kemasan produk atau tidak, mari kita lihat fungsi dan manfaat intinya:

Fungsi utama kemasan produk

1. Memperkuat Identitas Merek: Desain yang menarik dan pencetakan berkualitas tinggi melibatkan konsumen dan membedakan merek dari pesaing.

Komunikasi pemasaran dan desain grafis diterapkan pada paket atau label untuk mendorong pembeli potensial untuk membeli produk dan kembali lagi nanti.

2. Membangun Hubungan yang Tahan Lama: Pengemasan dapat memengaruhi cara merek dirasakan oleh para konsumen.

Untuk menciptakan citra positif merek di benak konsumen, pengemasan harus menyenangkan secara estetika dan mudah digunakan.

3. Memberikan Informasi: Kemasan yang baik menampilkan semua informasi yang perlu diketahui konsumen. Label yang dilampirkan harus memberikan informasi kepada konsumen untuk membantu keputusan pembelian atau meningkatkan pengalaman menggunakan produk.

Label dapat mencakup resep dan info “cara menggunakan”, informasi bahan dan nutrisi, nama dan alamat pabrik, berat, peringatan alergi makanan, tanggal kadaluarsa, dan lain-lain.

4. Melindungi Produk: Tujuan awal pengemasan adalah untuk melindungi produk. Meskipun sebagian besar perusahaan fokus pada elemen branding, kebutuhan untuk melindungi barang dari faktor eksternal tetap penting.

Merancang kemasan untuk produk Anda, pastikan untuk melindunginya terhadap gerakan, getaran, oksigen, sinar matahari, debu, dan suhu untuk menjaga kualitas.

Pengemasan produk adalah bagian penting dari setiap bisnis terlepas dari ceruk pasar. Setiap tahun perusahaan besar menghabiskan banyak uang untuk pengujian warna dan manipulasi psikologis untuk melihat bagaimana konsumen akan bereaksi terhadap desain kemasan baru.

Hal ini membuktikan bahwa desain produk adalah langkah penting menuju memenangkan konsumen baru, tak terkecuali bagi produk di industri minuman.

Jika Anda merasa sulit untuk menarik konsumen baru sambil juga mempertahankan yang lama, desain kemasan yang buruk mungkin menjadi salah satu alasannya.

Untungnya, untuk meningkatkan penjualan dan merangsang minat terhadap penawaran Anda, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak untuk desain dan pencetakan.

Kami akan coba membantu Anda membuat kemasan produk minuman yang baik walaupun dengan anggaran terbatas! Begini caranya:

Kemasan Produk: Mulai Dari Mana

Sebelum Anda beralih ke bagian yang menyenangkan, yakni mendesain kemasan produk minuman Anda,  Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan untuk memulai proses besar dari desain kemasan minuman:

1. Apa produknya? Apakah kecil atau besar? Berapa lama umur simpannya? Apakah perlu diangkut? Apakah ini mudah bocor?

Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu akan membantu Anda menghasilkan kemasan fungsional yang melindungi produk Anda dan membuatnya lebih nyaman untuk digunakan.

2. Siapa audiens target saya? Desain kemasan Anda tergantung pada orang yang ingin Anda jangkau. Produk Anda dan desainnya harus menarik bagi konsumen yang ideal. Lagi pula, “orang tidak membeli produk, mereka membeli merek”.

3. Bagaimana cara orang membeli? Apakah konsumen Anda cenderung membeli produk dari toko Anda secara langsung, pergi ke supermarket sekitar, atau memesannya secara online? Anda perlu membuat kemasan yang cocok untuk setiap titik distribusi tertentu.

Sekarang, setelah Anda telah tahu untuk siapa produk Anda akan ditujukan serta fungsi apa saja yang akan disajikan pada kemasan produk tersebut, akan jadi lebih mudah untuk memutuskan desain untuk produk Anda.

Hal Penting Lainnya yang Perlu Dipertimbangkan:

1. Brand Guide

Kami terus-menerus berbicara tentang pentingnya identitas merek yang konsisten. Seperti halnya materi pemasaran lainnya, pengemasan perlu mencerminkan estetika merek Anda dan memudahkan konsumen untuk membedakan Anda.

Anda harus menyertakan logo, warna merek, dan font pada permukaan kemasan Anda untuk meningkatkan pengenalan merek.

2. Anggaran

Sebelum Anda mulai mendesain, buatlah anggaran. Jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan pada kemasan, Anda dapat menggunakan opsi yang lebih terjangkau seperti kantong kertas, kertas kado, stiker, label, dan label produk.

Anda selalu dapat membeli kotak, cangkir kertas, dan botol tanpa merek dalam jumlah besar dan mempersonalisasinya menggunakan produk promosi kecil.

3. Bangun Informasi

Pikirkan satu fitur yang Anda ingin konsumen Anda tahu tentang produk. Elemen yang satu ini adalah pusat dari karya seni Anda.

Setelah siap, Anda dapat menambahkan beberapa elemen visual lebih banyak tetapi pastikan untuk tidak memadati desain Anda dengan potongan yang tidak perlu.

4. Kejujuran

Jangan pernah salah mengartikan produk Anda dengan membuatnya terlihat lebih baik di kemasan daripada di kehidupan nyata. Jika Anda tidak jujur, itu akan menjauhkan konsumen Anda dari memesan lagi.

Nah, itulah tadi beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dan juga pada akhirnya aplikasikan pada saat mendesain kemasan minuman pada produk Anda. Dengan berbagai pertimbangan di atas, maka Anda pun dapat menciptakan produk minuman yang tidak hanya aman dan lezat, namun juga menjadi sesuatu yang laku di kalangan para konsumen.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.