Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Berikut Jika Si Buah Hati Masuk Angin

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Berikut Jika Si Buah Hati Masuk Angin

Usia anak-anak rentan sekali terkena masuk angin dengan gejala-gejala seperti, perut kembung, mual, pusing dan badan terasa tidak nyaman. Apabila anak mengalami masuk angin biasanya akan menjadi rewel. Meskipun bukan tergolong penyakit berbahaya, akan tetapi masuk angin tetap saja membuat orang tua merasa khawatir.

Masuk angin sering terjadi akibat berbagai macam hal. Beberapa contoh penyebab masuk angin antara lain seperti musim hujan, perjalanan menggunakan kendaraan, perut kosong dan lain sebagainya. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan cepat sebagai solusi dan cara mengobati masuk angin.

Lakukan 5 Cara Ini saat Anak Masuk Angin

Sebagai orang tua tentu ingin segera memberikan solusi terbaik bagi anak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar masuk angin yang terjadi pada anak dapat segera diatasi:

1. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah merupakan rempah yang kaya akan manfaat. Anda bisa menemukannya dengan mudah di dapur. Cara memanfaatkan bawang merah untuk atasi masuk angin adalah dengan menggeprek bawang lalu campur dengan minyak kayu putih. Selanjutnya oleskan bawang merah tersebut ke dada dan perut anak.

2. Sup Ayam

Sup ayam juga sangat baik untuk membantu mengatasi masuk angin. Buatkan sup ayam yang kaya akan nutrisi untuk membantu menghangatkan tubuh. Sup ayam akan membuat tubuh terasa hangat sehingga masuk angin lebih mudah disembuhkan.

3. Menggunakan Humidifier

Letakkan humidifier di kamar anak. Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk menyeterilkan udara di kamar anak. Selain itu anda juga bisa menambahkan aroma terapi sehingga udara lebih sehat. Udara yang bersih membuat suasana lebih relaks dan masuk angin cepat sembuh.

4. Menghangatkan Tubuh Anak

Seorang anak bisa masuk angin, salah satunya disebabkan karena suhu di sekitarnya dingin. Anda bisa memberikan rasa hangat pada tubuh dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsem khusus anak. Mulailah dari bagian punggung, perut, dada, dan telapak kaki.

Baca Juga:  Lupakan Dulu Behel, Coba Cara Meratakan Gigi Ini!

Anak menjadi lebih nyaman saat merasakan kehangatan pada tubuhnya. Cara ini mudah namun sangat manjur mengatasi masuk angin pada anak.

5. Memberikan Jahe

Jahe memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Anda bisa memberikan air rebusan jahe hangat yang dicampur dengan gula merah. Jahe mampu menghangatkan tubuh secara efektif dan membantu mengeluarkan gas dalam perut.

Jahe memang sudah terbukti khasiatnya dalam mengatasi berbagai macam penyakit, khususnya masuk angin. Karena khasiatnya itulah, jahe hampir selalu digunakan sebagai komposisi utama pembuatan produk herbal, salah satunya adalah Tolak Angin. Sudah sejak tahun 1930 Tolak Angin menggunakan jahe, daun cengkeh, daun mint, adas, kayu ules, madu, dan sebagainya.  

Minum Tolak Angin untuk Anak
Gambar: Dok. Kompasiana (Nabilla DP)

Tolak Angin Anak mempunyai bentuk cair dengan kemasan sachet botol kaca 60 ml . Orang tua dapat dengan mudah memberikannya kepada si kecil sewaktu-waktu. Tolak Angin Anak selain untuk menyembuhkan masuk angin, juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, anak menjadi lebih kuat dan tidak mudah terinfeksi kuman atau bakteri jahat.

Produk Tolak angin sudah teruji secara ilmiah. Pada tahun 2002, Tolak Angin berhasil lolos uji toksisitas dan uji khasiat.

Uji Keamanan Produk (Uji Toksisitas)

Pada tahun 2002 Tolak Angin melakukan uji keamanan produknya di Universitas Sanata Dharma. Prosesnya yaitu mengujikan Tolak Angin yang setara dengan 9 sachet pada manusia setiap hari dalam waktu 8,4 tahun.

Beberapa poin dari hasil uji keamanan produk adalah sebagai berikut:

  • Pria dan wanita dapat mengonsumsi Tolak Angin karena terbukti aman.
  • Kandungan di dalamnya tidak berbahaya bagi organ reproduksi manusia, dan organ penting lainnya.
  • Tidak merusak kinerja dan fungsi hormon

Uji Khasiat

Tahun 2002 juga dilaksnakan uji khasiat pada produk Tolak Angin. Bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, proses pengujian dapat dilaksanakan secara lancar dengan hasil yang sesuai harapan.

Baca Juga:  Manfaat dan Efek Samping K-Link untuk Kesehatan

Proses pengujiannya dilakukan dengan cara memberikan Tolak Angin kepada manusia untuk dikonsumsi selama 7 hari. Jumlah sachet yang diminum setiap harinya berjumlah 2 buah.

Hasil uji khasiat Tolak Angin antara lain:

  • Presentase Limfosit T mengalami peningkatan
  • Peningkatan penghasilan Nitric Oxide dan jumlah Fagositosis Makrofag.
  • Produksi Interferon Gamma mengalami peningkatan.

Orangtua patut waspada, tetapi jangan sampai panik ketika si kecil mengalami gejala masuk angin. Lakukan beberapa hal di atas ketika anak mengalami masuk angin. Segera ambil tindakan secepat mungkin agar kesehatan anak segera membaik.

Seluruh produk Tolak Angin kini dapat dibeli secara online via website di www.sidomunculstore.com dan Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.


Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

20 thoughts on “Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Berikut Jika Si Buah Hati Masuk Angin

  1. Anak masuk angin memang perkara yang sering terjadi. Ipar saya dirumah juga sering menggunakan minyak bawang sebagai obat masuk angin untuk anak-anaknya.
    Belum coba nih Tolak Angin, apakah rasanya akan disukai anak-anak?

    1. Enak ko kak. Tolak Angin ada khusus untuk anak-anak ko kak, namanya Tolak Angin Anak. Untuk lebih jelasnya kakak bisa kunjungi websitenya TolakAngin.id dan jika ingin membelinya, bisa dengan online di sidomunculstore.com.

  2. wah iya, saat anak masuk angin kita bisa melakukan banyak hal untuk mengatasinya ya kak
    aku sih emang selalu sedia tolak angin anak di rumah

  3. Selama ini saya suka kasih sup ayam sama Baluran bawang kalau anak sakit. Jahe tidak, soalnya anak gak suka. Eh sekarang ada tolak angin buat anak ya… Anak pasti suka nih…

    1. Tambah lagi kak, stock tolak angin di rumah atau di tas nya kak. Biar sewaktu-waktu butuh dan masuk angin, langsung diminum.

  4. Kalau aku biasanya pakai bawang merah dicampur minyak kayu putih trus dibalur ke seluruh tubuh anak. Sambil dipijit pelan-pelan.

    1. Cara tradisional yang ampuh mba, tapi nggak ada salahnya untuk mencoba tolak angin. Bisa dibawa kemana-mana dengan mudah mba

  5. Aku biasanya selalu balur bawang merah juga kak, seperti tips yang pertama itu. Kalau untuk anakku terbuktu ampuh, sih. Tapi happy deh sekarang udah ada tolak angin anak! Bisa jadi stok vitamin wajib di rumah!

  6. Wah, ada banyak cara ya buat minimalisir masuk angin. Sekarang produk tolak angin ada untuk varian anak-anak ya ka? Lumayan bisa saya beliin ke adek kalau dia lagi sakit. ūüôŹ

  7. Resep masuk angin dengn bawang merah ini kayaknya emang resep mbah turun temurun yak. Ibuku juga dulu pas anak2nya masuk angin suka pakai bawang merah diparut. Terus sekarang kakak2ku pun ikutan begitu pulak sama anaknya.

    1. Emang manjur Mba racikan dari bahan alami untuk masuk angin. Tapi sekarang sudah lebih praktis dan aman Mba dengan minum Tolak Angin saja.
      Terima atas kunjungan dan komentarnya, Stay safe and health yah Mba.

  8. Aku sering juga pakai bawang merah kalau anakku masuk angin, bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Tapi kalau aku nggak digprek tapi diparut trus dicampur minyak telor kemudian balurkan ke seluruh tubuh. Anak sakit tuh memang bikin emak super khawatir.

    Nah kalau tolak angin anak ini boleh diminumkan dari usia berapa ya?

    1. Menurut situs kesehatan alodokter.com, Tolak Angin Anak bisa diminum untuk anak usia 2 sampai 6 tahun. Semoga membantu yah Mba.
      Terima atas kunjungan dan komentarnya, Stay safe and health yah Mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.