Langkah-langkah Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Langkah-langkah Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Mungkin beberapa dari kalian ada yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Seperti misalnya Kuliah di luar negeri. Kuliah ke luar negeri memang menjadi impian banyak orang, namun untuk bisa melakukannya tak semudah yang di bayangkan, Kamu perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Buat kamu yang bercita-cita ingin kuliah di luar negeri, yuk persiapkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu mulai dari sekarang agar nanti saatnya tiba Kamu sudah siap secara mental dan finansial.

Buat Rencana Kuliah

Kuliah di luar negeri

Dilansir dari BBC Indonesia, Kate Ashford menyebutkan bahwa membuat rencana kuliah di luar negeri harus didasari oleh keinginan diri sendiri. Artinya Kamu memang sudah bertekad ingin bisa pergi kuliah ke universitas luar negeri impianmu.

Ketika keinginan ini sudah kuat, Kamu pun pasti ikut bersemangat untuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan sebelum dan saat kuliah nanti. Rencana awal yang bisa Kamu lakukan adalah menentukan negara mana yang akan dikunjungi untuk berkuliah.

Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa negara terebut mulai dari sekarang, seperti dengan mengikuti kursus, membeli buku bahasa atau sering-sering menonton dan mendengar lagu bahasa negara tersebut.

Cari Universitas yang Sesuai Dengan Kemampuan Finansialmu

Kamu bisa mencari universitas dengan program yang sesuai dengan minat dan kekuatan finansialmu. Selain dalam hal program, saat merenencakan kuliah di luar negeri, kamu harus memperhatikan biaya sekolah dan hidup disana. Selain itu, kesehatanmu juga perlu menjadi prioritas.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Inggris Praktis Ala Morgan Schneiderlin

Cari tahu apakah universitas tujuanmu memberikan asuransi untuk mahasiswanya. Jika tidak, kamu bisa mulai mendaftar perusahaan-perusahaan asuransi negara tujuanmu yang cocok dengan Finansialmu.

Pahami Budaya Negara Tujuanmu

Bagi Kamu yang positif ingin kuliah di luar negeri, ada baiknya untuk mulai mempersiapkan diri seperti memahami budaya dan musim karena di Eropa dan Amerika memilik budaya dani musim yamg berbeda dengan Indonesia. Jadi untuk menghadapi musim ada baiknya mulai menyiapkan beberapa pakaian yang cocok untuk menghadapi cuaca yang berbeda.

Di musim dingin, kamu membutuhkan beberapa mantel, syal, jaket dan sepatu boots. Di musim panas, kamu butuh pakaian yang lebih ringan. Di musim gugur dan semi, kamu bebas menggunakan pakaian yang Kamu suka.

Hitung Biaya Hidup Selama Kuliah di Luar Negeri

Ketika di Luar Negeri, kita mungkin akan kesusahan mencari makanan serupa dengan di Indonesia yang notabene terbiasa makan nasi dengan lauk.

Tapi jangan khawatir karena masih ada cara jitu untuk mengatasinya. Jika kamu kuliah di Eropa, kamu bisa menemukan beberapa Pasar Asia yang menjual olahan rempah-rempah hingga beras.

Meskipun harganya akan jauh lebih mahal karena diekspor dari Indonesia, setidaknya bisa mengurangi biaya makan kamu di luar yang harganya pun cukup mahal.

Cari Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Setelah menentukan negara, program dan universitas tujuan, persiapan selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mulai melengkapi persyaratan beasiswa dan mendapatkan letter of acceptance.

Dikutip dari laman DailySocial.id, letter of acceptance adalah surat dari universitas yang menyatakan bahwa pelamar telah diterima di universitas tersebut.

Beasiswa ini bisa dari universitas yang bersangkutan, bisa juga beasiswa dari kedutaan atau organisasi eksternal. Bagi kamu yang suka ke eropa, Beasiswa BCA Study Abroad bisa menjadi pilihanmu.

Baca Juga:  Biar Si Kecil Lebih PD, Yuk Terapkan Pola Asuh Anak Yang Baik

Di sana, kamu bisa mencari informasi beasiswa dibanyak negara populer dan memiliki jaminan keselamatan dan kesehatan. BCA Study berkomitmen untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang belajar di luar negeri dari berbagai latar belakang suku, agama, orientasi seksual & identitas gender serta sosial ekonomi.

Sebagai bagian dari misi ini, kami berupaya membuat belajar di luar negeri terjangkau bagi semua siswa dengan menawarkan berbagai peluang beasiswa bagi para siswa BCA. Ada juga banyak hibah dan beasiswa lain yang tersedia dan cara kreatif bagi Anda untuk menabung dan menggalang dana untuk program belajar di luar negeri.

Siapkan Diri Untuk Tes Bahasa

Untuk kamu yang sudah fix ingin kuliah di luar negeri, silahkan persiapkan kemampuan bahasa negara tujuanmu sebaik mungkin karena akan diadakan tes TOEIC versi iBT .

Dengan skor yang memuaskan, kamu sudah selangkah lebih maju untuk mendapatkan beasiswa. Sebagian besar universitas ingin tahu kemampuan Bahasa Inggris kamu sejauh mana. Oleh karena itu, tes Bahasa Inggris tidak bisa dianggap remeh jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri.

Rizky Aditya

Rizky Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.