1

Langkah Penting Menyelamatkan Diri Dari Bencana Kebakaran

Tidak ada seorangpun yang ingin rumahnya terbakar. Meskipun asuransi kebakaran rumah sudah berjanji akan menjamin kerugian financial dari bencana ini, bukan berarti kamu siap menghadapinya. Yap, memang banyak asuransi rumah yang dinilai terbaik memberikan tanggungan penuh secara financial terhadap kerugian akibat kebakaran. Namun sayangnya dampak dari kebakaran rumah ini tidak hanya materi saja, tetapi juga hilangnya berbagai dokumen penting yang akan repot jika harus mengurusnya, dan yang paling ditakutkan yaitu risiko keselamatan penghuni rumah.

Kebakaran

(sumber: 99.co)

Yap, semua harta dan dokumen yang hilang terbakar mungkin masih bisa Anda urus. Namun tidak dengan keselamatan anggota keluarga Anda. Itulah sebabnya mengetahui beberapa langkah penting menyelamatkan diri dari bencana kebakaran sangatlah penting, yaitu:

  • Segera keluar rumah

Jika kamu mulai melihat tanda kebakaran dan merasa masih aman untuk Anda matikan, maka segera cari air untuk mematikannya. Untuk keamanan sebaiknya matikan aliran listrik terlebih dahulu sebelum menyiram air (jika memungkinkan). Namun jika kondisinya sudah tidak memungkinkan, maka sebaiknya Anda segera mencari jalan keluar secepatnya. Jangan mencoba untuk menyelamatkan berbagai harta benda karena hal ini yangjustru bisa menyebabkan Anda terjebak dalam kebakaran.

  • Cari jalan yang paling aman

Saat mencari jalan keluar yang aman, Anda harus memperhatikan area sekeliling. Sebelum membuka pintu untuk keluar dari sebuah ruangan, perhatikan terleih dahulu apakah ada asap yang keluar. Jika iya, maka sebaiknya cobalah untuk mencari jalan lain sebab kemungkinan besar ruang di balik pintu sudah dipenuhi asap dan ini sangat berbahaya.

  • Tutup hidung dengan kain

Untuk menjaga agar Anda tetap dapat bisa bernafas dengan baik, maka tutup hidung dengan kain. Akan lebih baik jika kain sudah dibasahi sedikit dengan air karena akan membuat pernapasan terasa lebih lega. Sambil menutup hidung Anda dengan kain tetaplah terus mencari jalan keluar.

  • Berikan tanda

Jika Anda berada di rumah tingkat dan terjebak di lantai dua, maka carilah kain atau apapun yang bisa memberikan tanda bahwa ada seseorang terjebak di lantai tersebut. Dengan begitu mereka akan tahu di mana lokasi Anda sehingga mempercepat proses penyelamatan.

Cara-cara di atas mungkin tidak bisa memastikanmu akan selamat ketika bencana ini benar-benar terjadi. Namun setidaknya akan membuatmu tahu usaha apa yang harus kamu lakukan untuk menyelamatkan diri.  (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.