Macam-Macam Ukuran Pipa Air untuk Rumah Tangga

Pipa Air

Dalam rumah tangga sudah tentu ada aktivitas yang melibatkan air, baik itu saluran air bersih dan saluran pembuangan yang notabene membuang air kotor beserta berbagai limbah hasil rumah tangga lainnya. Itulah kenapa kita membutuhkan pipa air untuk saluran pembuangan dalam rumah. Pipa ini biasanya disebut juga sebagai pipa paralon atau PVC. Termasuk bagian plumbing atau saluran air dan memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi pipa air itu sendiri.

Berikut adalah macam-macam ukuran pipa air untuk rumah tangga. Silahkan disimak :

Instalasi Pipa di Rumah
Instalasi Pipa di Rumah

Pipa PVC atau pipa paralon yang tersedia di pasaran umumnya terbagi menjadi tiga tipe, yakni C, D dan AW (diurutkan dari yang paling tipis). Selain itu ada dua jenis warna pipa, ada yang putih dan juga ada yang kelabu atau abu-abu. Biasanya yang abu-abu memiliki ketebalan lebih dibandingkan yang putih.

Baca Juga:  Cara Cepat Mencari Rumah Dijual Menggunakan Media Online

Untuk diameter pipa, yang paling kecil adalah ½ inchi, lebih lentur dan tipis, mudah dipasang serta lebih ringan tetapi mudah rusak mengingat ketebalannya yang terbatas. Sementara itu untuk pipa dengan diameter yang lebih besar, lebih tahan rusak dan remuk karena bagian dalamnya lebih tebal dan lebih kaku. Agak sulit untuk dipasang mengingat beratnya yang tidak ringan dan ukurannya yang besar. Walau yang kecil maupun yang besar, sama-sama memiliki fungsi sendiri yang tak bisa digantikan oleh ukuran lainnya.

Baca Juga:  Cara Jitu Jual Rumah Murah Secara Cepat

Lantas pipa dengan ukuran apa saja yang cocok untuk digunakan di dalam rumah tangga?

  1. Yang pertama adalah tipe AW ½ dan ¾ inchi. Biasanya digunakan untuk distribusi air bersih dalam rumah, misalnya keran air, untuk shower, keran air dan lainnya.
  2. Yang berikutnya ialah tipe D 2 dan 3 inchi. Pipa dengan diameter yang telah disebutkan terebut biasanya digunakan untuk air buangan dari bak cuci piring, wastafel, dan juga saluran air dari tempat jemur baju. Bisa juga menggunakan pipa tipe AW dengan warna abu.
  3. Sementara itu tipe D 4 inchi. Menggunakan diameter yang lebih besar, biasanya digunakan untuk saluran dari kamar mandi dan toilet. Gunakan yang tebal dan kokoh, supaya tidak mudah pecah dan bocor atau rembes.
Baca Juga:  Balkon Multi Fungsi dengan Panel Beton

Demikian adalah macam-macam ukuran pipa air untuk rumah tangga beserta dengan fungsinya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang memilih pipa untuk plumbing.

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.