Mau Punya Rumah Tapi Gaji Kecil? Tenang, Ini 5 Caranya

Beli Rumah Impian Meski Gaji Pas Pasan

Berita Properti – Semua orang tentu menginginkan untuk memiliki sebuah hunian rumah sendiri bukan? Namun membeli rumah bukan perkara mudah, karena saat ini harga rumah sudah sangat-sangat mahal dan menurut penulis sangat tidak masuk akal apalagi rumah di kawasan DKI Jakarta. Sehingga kebutuhan primer ini sulit untuk mewujudkannya dan kini banyak keluarga yang memilih mengontrak rumah.

Meskipun program KPR rumah sudah diluncurkan, namun tetap saja karena setiap kreditur harus memiliki uang DP yang tidak sedikit, atau minimal 15% dari harga rumah seperti yang dikutip dalam situs Cermati.com. Artinya jika ingin membeli rumah seharga 260 juta, maka uang DP yang harus disiapkan adalah 39 juta. Tapi aturan itu telah diganti, kini Bank Indonesia telah membebaskan batas minimal untuk DP rumah per 1 Agustus 2018. Semakin mudah dan enak dong sekarang! Sehingga untuk para pekerja yang mendapat gaji kecil tetap bisa mengajukan KPR tanpa pusing uang DPnya.

5 Cara Punya Rumah Tapi Gaji Kecil
5 Cara Punya Rumah Tapi Gaji Kecil

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam rubrik Ekonomi bahwa perencana keuangan OneShildt Budi Raharjo bahwa kunci utama untuk memiliki rumah adalah dengan cara menabung. Berikut ini beberapa tips dari Budi Raharjo mengenai beli rumah tapi gaji kecil.

Menyisikan Gaji atau Pendapatan Bulanan Sebesar 30%

Perencana keuangan Budi menyarankan siapa saja yang ingin beli rumah tapi gaji kecil bisa-bisa saja asal konsisten menyisihkan minimal 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Perhatikan dan minimalisir kebutuhan-kebutuhan yang tidak perlu dan focus penuhi kebutuhan bulanan yang utama.

Baca Juga:  Banyak Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Coba Berinvestasi

Jika ingin cepat terkumpul uang untuk beli rumah, mungkin belajar dan mencoba untuk berinvestasi. Budi mengatakan pilih jenis investasi yang aman dan resikonya minim seperti reksa dana atau investasi emas.

Buat Rekening dan Langsung Autodebet

Budi Raharjo juga menyarankan untuk membuat rekening tersendiri dan buat langsung autodebet setiap tanggal gajian. Ini memudahkan dan membantu mempercepat dalam mengumpulkan uang untuk cicilan rumah.  Budi mengingatkan bahwa jangan pernah utak atik uang tersebut.

Baca Juga:  Tips Memilih Konsep Rumah Minimalis

Pilih Lokasi Rumah

Seperti sudah dijelaskan jika lokasi rumah akan menentukan harga rumah. Pastikan pilih lokasi yang bisa dijangkau oleh pendapatan, karena jika uang DP sudah dibayar namun cicilan rumah akan menanti setiap bulannya.

Disiplin

Ini neh yang point penting karena mengumpulkan uang di tabungan butuh komitmen dan displin yang baik sehingga proses pengumpulan uang bisa terlaksana. Jika mau terkumpul sesuai waktu, maka menurut Budi Raharjo hindari hutang atau cicilan apapun hingga semua proses selesai.

Nah, bagi yang punya penghasilan atau gaji bulanannya kecil jangan berkecil hati. Anda tetap bisa beli rumah sesuai kemampuan Anda, namun pastikan 5 cara ini bisa dilakukan. Selamat mencoba

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.