Panduan Memilih Harga Semen yang Sesuai dengan Budget

Panduan Memilih Harga Semen yang Sesuai dengan Budget

Memiliki rencana membangun atau merenovasi rumah atau bangunan lainnya? Untuk melakukan proyek ini, walaupun sekedar merenovasi bagian kecil rumah, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebab bahan material bangunan tidak murah. Karenanya membutuhkan perencanaan yang matang sebelum mulai menjalankan proyek, agar dapat melaksanakan proyek sesuai dengan budget yang dimiliki.

proyek pembagunan
Gambar: Pixabay

Panduan Memilih Semen Berkualitas

Salah satu bahan material bangunan yang penting adalah semen yang terdapat beragam harga semen hingga jenis yang dapat dipilih. Bahan satu ini menjadi cukup penting melihat fungsinya yang sangat mempengaruhi kualitas bangunan ketika sudah jadi. Untuk mendapatkan semen berkualitas dengan mempertimbangkan budget, Anda memerlukan panduan berikut ini:

1. Riset harga kecil-kecilan

Penting untuk melakukan riset harga-harga bahan material sebelum melaksanakan pembangunan. Tidak hanya harga semen, riset ini berlaku untuk semua material yang dibutuhkan. Hal ini dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan dana pembangunan. Selain itu, Anda juga dapat mencari penjual yang dapat memberikan harga lebih murah. Dengan mengetahui harga-harga bahan material, Anda dapat membuat rancangan anggaran sederhana secara lebih matang. 

2. Memilih semen terbaru 

Bahkan jika proyek pembangunan atau renovasi dipercayakan pada pemborong, Anda perlu turut serta dalam memilih material bangunan. Hal tersebut untuk memastikan material yang digunakan berkualitas, sehingga kualitas bangunan juga dapat diandalkan. Dalam memilih semen, lebih baik memilih semen yang masih baru. Semen baru yang dimaksud dilihat dari usia pembuatannya paling lama satu bulan. Sebab semen baru memiliki kualitas bagus, teksturnya belum keras. Hal ini dapat dilihat dari kemasan yang masih bagus atau pastikan dengan tanggal pembuatan pada kemasan.

Baca Juga:  Menggunakan Water Heater saat Musim Hujan

3. Melihat harga semen dari beragam merek

Karena banyaknya merek semen yang beredar saat ini, semakin banyak pilihan bagi Anda menyesuaikan budget. Karena masing-masing menawarkan harga semen berbeda, begitu pula dengan kualitasnya. Disarankan selain memilih harga sesuai budget, perhatikan kualitas yang ditawarkan. Sebab percuma saja harga murah jika ternyata bangunan yang dihasilkan tidak tahan lama karena kualitas yang buruk. 

4. Membeli di toko terpercaya

Tempat membeli bahan material cukup berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Akan lebih baik jika memiliki toko langganan, sebab biasanya toko langganan tidak segan memberi potongan harga pada pelanggan setianya. Anda juga bisa lebih leluasa menawar hingga menukar barang jika terdapat kerusakan atau kurang pas setelah dibeli. Berbelanja di toko terpercaya juga bisa menjadi jaminan kualitas barang.

Tipe Semen

Mengenal Tipe Semen

Selain perlu mempertimbangkan harga semen, Anda perlu mengenal tipe-tipe semen agar dapat memilih sesuai kebutuhan. Berikut penjelasan tipe semen:

1. Semen abu-abu (ekonomis)

Semen tipe ini yang paling umum digunakan, baik untuk beton, plester lantai hingga dinding. Disebut pula jenis semen Portland yang dihasilkan dari batu kapur yang melalui proses dipanaskan dalam tanur dengan tambahan bahan lain, menghasilkan semen berwarna abu-abu.

2. Semen putih

Dari namanya semen ini memiliki warna putih cerah sehingga biasa digunakan untuk plamir tembok. Dibuat dari kandungan besi dan magnesium oksida rendah. Harga semen tipe ini lebih mahal dari semen abu-abu sebab penggunaannya pun lebih spesifik untuk penambahan unsur dekoratif.

3. Semen mortar

Terakhir ada tipe semen mortar yang merupakan semen praktis. Semen yang terdiri dari bahan semen, pasir, filter serta zat tambahan lainnya. Cara penggunaan yang praktis menjadi kelebihan semen tipe ini. Tidak perlu menambahkan bahan material lainnya, cukup menambahkan air, maka adonan semen sudah bisa diaplikasikan untuk beragam kebutuhan.

produk semen mortar SCG Indonesia

Nah itu tadi info seputar panduan memilih semen sesuai budget. Rekomendasi semen berkualitas dan pas di kantong tentunya semen SCG. Semen SCG diformulasi khusus sehingga mempunyai tekstur semen yang halus, daya rekat tinggi serta rendah penyusutan. Untuk info lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website SCG CBM Indonesia.

Baca Juga:  Keuntungan Sewa Kantor Virtual Regus
Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.