Perut Selalu Lapar? Mungkin Ini Penyebabnya

alasan selalu lapar

Salah satu penyebab munculnya masalah pencernaan yang membuat Anda harus mengajukan klaim asuransi kesehatan untuk biaya pengobatan adalah makan yang berlebihan. Namun ketika hal ini penyebabnya, mungkin Anda juga sulit untuk mencegahnya. Yah mau bagaimana lagi, namanya juga perut lapar, masa iya dibiarkan dan tidak diisi?

Memang, jika lapar yang Anda rasakan wajar, Anda bisa mengikuti keinginan perut untuk diisi dengan makanan. Namun, bagaimana jika perut terus menerus lapar? Apa iya Anda akan makan terus juga?

alasan selalu lapar
alasan selalu lapar

Nah, jika Anda sedang mengalaminya, jangan panik. Karena ternyata perut lapar yang terjadi terlalu sering bisa disebabkan oleh beberapa hal. Tidak selalu karena minta diisi, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit yang akan membuat Anda merasa lapar secara tidak terkontrol, di antaranya yaitu diabetes dan tiroid. Untuk Anda yang memiliki risiko tinggi atas kedua penyakit ini, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter ketika merasakan lapar yang tidak wajar.

  • Stres

Sedang banyak kerjaan, dikejar deadline, atau masa ujian. Berbagai hal tersebut yang membuat Anda merasa stres akan membuat Anda terus menerus merasa lapar dan ingin mengonsumsi sesuatu. Maka tidak heran, ketika sedang masa-masa tersebut, berat badan Anda akan meningkat.

  • Tidak puas

Baru selesai makan tapi sudah lapar lagi? Biasanya ini adalah efek tidak puas dengan makanan yang Anda konsumsi. Bisa karena Anda mengonsumsi makanan yang tidak disukai, atau karena Anda makan terlalu cepat. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kurang bernutrisi juga ternyata bisa memberikan efek lapar karena kurangnya nutrisi dalam tubuh.

  • Kurang tidur

Tidak memenuhi kebutuhan waktu istirahat juga bisa memberikan efek lapar berlebihan. Sebab, tubuh akan membutuhkan energi lebih banyak untuk menjalankan aktivitas keseharian Anda.

  • Efek obat
Baca Juga:  6 Rahasia Dapatkan Berat Badan Ideal Dalam 1 Bulan

Ada beberapa jenis obat yang akan memberikan efek penambah nafsu makan. Akibatnya, ketika Anda mengonsumsi obat ini, Anda akan lebih sering merasa lapar dibandingkan ketika tidak mengonsumsi obat.

  • Dehidrasi

Ketika tubuh meengalami dehidrasi, terkadang otak salah menafsirkannya sebagai rasa lapar. Untuk memastikan apakah Anda sedang haus ataukah lapar, jika Anda merasa lapar disaat yang tidak wajar, cobalah untuk minum terlebih dahulu. Jika sudah minum masih merasa lapar, berarti tubuh Anda memang benar-benar lapar dan perlu diisi makanan.

  • Diet

Diet yang dilakukan secara asal justru bisa membuat Anda merasakan lapar yang berlebihan. Ituah sebabnya, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada ahli gizi terlebih dahulu sebelum Anda melakukan diet.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau ternyata lapar yang Anda rasakan bisa terjadi karena berbagai hal. Apalagi jika lapar yang dirasa sudah berlebihan. Dengan mengetahui penyebabnya, semoga Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat sehingga terhindar dari berbagai efek buruk akibat makan secara berlebihan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.