Selain Gorengan, 5 Menu Takjil Ini Juga Sering Dikonsumsi saat Berbuka Puasa!

Selain Gorengan, 5 Menu Takjil Ini Juga Sering Dikonsumsi saat Berbuka Puasa!

Berbuka dengan menu takjil favorit seperti es buah setelah menahan puasa selama 13 jam penuh memang menyegarkan. Apalagi, ditambah dengan beraneka gorengan yang biasanya selalu dikonsumsi saat berbuka puasa. Tentu, berbuka pun akan terasa semakin nikmat.

Daftar Menu Takjil untuk Berbuka Puasa

5 Menu Takjil Ini Juga Sering Dikonsumsi saat Berbuka Puasa
Kolak Biji Salak. Gambar. Dok; MNCPlay.id

Namun, selain es buah dan gorengan, kamu juga bisa loh mencicipi menu takjil lainnya. Rasanya? Tentu saja, nikmat! Dilansir dari MNCPlay.id berikut adalah daftarnya:

1. Kolak Pisang

Kolak pisang merupakan salah satu menu takjil yang biasanya sering ditemukan di penjual takjil. Rasanya yang manis dan legit membuat kolak pisang sangat disukai ketika berbuka puasa.

Kolak Pisang
Gambar: Dok. Freepik (@odua)

Terlebih, mengonsumsi makanan satu ini dianggap mampu mengembalikan energi setelah seharian penuh berpuasa. Cocok untuk kamu yang suka makanan manis bersantan!

2. Pisang Ijo

Selain kolak pisang, pisang ijo juga kerap dijadikan sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Pisang ijo sendiri merupakan kuliner khas Makassar, yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau.

Pisang Ijo
Gambar: Dok. Futuready

Tidak hanya pisang, biasanya menu takjil satu ini juga ditambahkan dengan bubur sumsum, susu kental manis, dan sirup sehingga semakin menambah kenikmatannya.

3. Lontong

Lontong isi Oncom
Gambar: Dok. Sajian Sedap – Grid.ID

Lontong yang diisi dengan sayuran maupun oncom juga sering masuk list takjil untuk berbuka puasa. Rasanya yang lezat ditambah mengenyangkan membuat lontong menjadi primadona dikala berbuka puasa. Apalagi, dimakan dengan bumbu kacang dan gorengan seperti bakwan, misalnya.

4. Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo
Gambar: Dok. Kompas

Bubur kacang ijo juga bisa dijadikan pilihan menu takjil ketika berbuka. Selain enak, makanan satu ini juga kaya protein sehingga sangat bagus untuk tubuh. Disinyalir, rutin mengonsumsi kacang ijo dapat membantu mengurangi jerawat, mencerahkan wajah, hingga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. Untuk itu, yuk, buat bubur kacang saat berbuka!

Baca Juga:  Ini Dia Cara Menemukan Toko Online Murah dan Terpercaya!

5. Es teh, es timun suri, es kelapa

Es Teh
Gambar: Dok. Lifetsyle Kompas

Di atas memang sudah disebutkan jika es buah seringkali dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa. Namun, selain es buah; es kelapa, es timun suri, es teh, dan es blewah juga kerap dikonsumsi saat berbuka karena dapat menghilangkan dahaga setelah seharian penuh berpuasa.

Nah, selain menu-menu di atas, kamu juga bisa mencicipi menu takjil kekinian seperti samyang donut, donat mie, indomie kaleng, dan masih banyak yang lainnya. Yuk, coba buat di rumah! Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

16 thoughts on “Selain Gorengan, 5 Menu Takjil Ini Juga Sering Dikonsumsi saat Berbuka Puasa!

  1. Menu yang paling sering tersedia itu es kelapa, entah pake cincau, kolang-kaling, or sari kelapa. Gampang banget soalnya dicari dan seger

    1. Pilihan menu berbuka kakak juga endeeeuusss dan seger pastinya untuk melepas dahaga. Plus mudah banget dicari, tapi ini untuk alternatif saja kak biar suasana berbuka jadi lebih berbeda setiap harinya.

  2. Hampir tiap hari pasti buka puasa sama gorengan sebelum menyantap makanan berat a.k.a nasi. Kalau minum es buah atau es campur malah jarang. Biasanya cukup air putih aja. Jadi pengen banget es pisang ijo. Selama Ramadan ini belum pernah makan pisang ijo.

    1. Cus kak, GoFood atau Gragfood atau Shopee food hehehhee… Atau mau coba buat sendiri kak? Banyak tutorialnya di youtube kak. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan es pijang hijau

  3. Ternyata tetap lebih dari lima lho pilihan ta’jilnya. Karena memang khazanah kuliner Indonesia ini sangat kaya dengan makanan enak. Termasuk soal ta’jil ada banyak sekali pilihannya ya

  4. Lagi cari ide takjil buat buka puasa hari terakhir Ramadhan ini. Everyday ada gorengan & lontong. Malah tahun ini buka puasa belum nyentuh biji salak & bubur. Apalagi es pisang ijo :’) ya ampun pingin beli. Tapi lumayan jarang di sini hiks. Haruskah buat sendiri? Huhu

    1. Emang enak kak es pisang hijau. Coba buat sendiri aja kak, tutorialnya udah banyak banget ko di youtube kak. Selamat mencoba yah kak

    1. Yoaii kak.. es teh dan gorengan menu wajib berbuka puasa. Tapi saat Pandemi gini lebih baik mengurangi gorengan kak, takut radang tenggorokan.

    1. Nggak saat bulan puasa aja, es teh memang cocok untuk teman makan kak. Rasanya manis, apalagi pas panas terik sueeegernya banget-banget kak

  5. Aku bikin kolak beberapa kali agak gagal terus nih. Santannya pecah mulu hiks. Jadi inget kolak buatan ibuku lebih endes. Kalau es timun suri, es blewah bikin sendiri bisa banyak buahnya. Yummy

    1. Memang rada tricky kak ketika membuat santan untuk kolak. Tapi jangan khawatir kak, sudah banyak tutorial di youtube yang akan memudahkan kakak dalam membuat kolak kuah santan. Selamat mencoba kak dan semoga kali ini berhasil yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.