Berita Bisnis Terkini – Bisnis pengiriman barang internasional memang menjadi alternatif perusahaan untuk mengirimkan apapun ke luar negeri ke mitra bisnis. Pengiriman barang internasional tentunya bisa barang apa saja, bisa dokumen atau paket barang yang besar tergantung kebutuhannya. Bukan hanya untuk kalangan perusahaan, kita sebagai pribadi bisa loh kirim barang ke luar negeri untuk saudara atau kerabat yang memang tinggal di sana.

Bisnis kurir internasional ini sudah menjadi bagian dari bisnis kawasan yang di setiap wilayah, area, bahkan kota kecil pasti ada tuh cabang meskipun hanya sebatas kantor satelit.

Prosedur Pengiriman Barang Internasional

Pengiriman barang internasional kini sudah lebih mudah, karena sudah banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang khusus untuk kirim paket ke luar negeri. Apalagi kini kirim barang internasional banyak sudah mempunyai website dan kita bisa mengirimkan barang secara online. Tapi bagaimana tata cara pengiriman barang Internasional? Ini dia 3 cara yang bisa Anda ikuti!

Pengiriman Internasional
Pengiriman Internasional
  • Isi Formulir Pengambilan Barang

Biasanya jika kita tidak sempat datang, ada formulir yang kini menjadi alternatif. Pelayanan ini akan ada di dalam website perusahaan jasa pengiriman internasional. Caranya cukup mudah, kita tinggal isi saja dan kemudian kurir dari perusahaan pengiriman internasional tersebut akan datang untuk mengambil paket kiriman kita untuk dibawa dan selajutnya didata.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Kawasan Industri!
  • Lacak Status Kiriman Barang

Setelah paket kita diterima oleh perusahaan jasa pengiriman internasional, maka usahakan untuk selalu mengecek selalu status paket kiriman barang. Perusahaan jasa kirim barang ke luar negeri yang sudah terintegrasi dengan website, maka sudah pasti akan menyiapkan halaman khusus untuk para pengirim untuk mengecek status kiriman paket barang nya.

  • Buat Dokumen Pengiriman

Semua pengiriman paket barang ke luar negeri, si pengirim diharuskan mengisi dan melengkapi dokumen pengiriman. Ini berlaku untuk paket pengiriman barang kecuali untuk pengiriman paket dokumen.

Baca Juga:  Menguak Rahasia Di Balik Amazon

Untuk dokumen pengiriman barang, ini biasanya akan disediakan oleh perusahaan jasa pengiriman dan dikirimkan langsung kepada pengirim barang tersebut. Dokumen ini akan dikirimkan setelah pengirim menghubungi pihak perusahaan mengenai dokumen pengiriman. Ini dilakukan untuk kelengkapan ketika akan mengirimkan paket barang ke luar negeri. Untuk dokumen ini sudah pasti harus melengkapi commercial invoice untuk memudahkan proses pengantaran barang.

Jadi, itulah beberapa prosedur pengiriman barang ke luar negeri yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh setiap pengirim ketika ingin melakukan pengiriman barang atau dokumen apapun ke luar negeri. -apuy-

Published by Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.