Tebing Breksi Tempat Wisata di Yogyakarta yang Dahulu Area Pertambangan

Tebing Breksi Tempat Wisata di Yogyakarta yang Dahulu Area Pertambangan

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata liburan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini bukan tanpa alasan karena Yogyakarta mempunyai deretan tempat wisata menarik dan unik yang wajib untuk anda kunjungi. Salah satu tempat wisata wajib yang harus anda kunjungi adalah tebing breksi.

Tempat wisata tebing breksi yang menarik

Sumber dari superadventure.co.id. Tebing breksi ini sendiri memang menjadi tempat wisata yang unik dan berbeda dengan tempat lainnya. Hal ini tidak lain karena tebing ini sendiri awalnya merupakan kompleks pertambangan batu putih yang dikelola oleh warga sekitar. Dan bentuk tebing-tebing yang ada di tempat ini pun ternyata tidak terbentuk secara alami melainkan dibentuk oleh tangan manusia.

Tempat Wisata Tebing Breksi yang Menarik

Sebelum terkenal sebagai tempat wisata yang menyuguhkan panorama yang unik, tebing breksi ini awalnya digunakan sebagai objek penelitian geologis. Dimana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan apabila batuan yang ada di tempat tersebut ternyata berasal d ari endapan abu vulkanik dari gunung api purba. Tidak heran apabila kegiatan pertambangan di tempat ini pun dihentikan.

Setelah tidak ada para penambang di kawasan tebing breksi, lama kelamaan tebing breksi dijadikan sebagai tempat wisata. Hal ini bukan tanpa alasan karena memang kawasan ini mempunyai panorama alam yang sangat cantik dengan batuan kapurnya yang menjulang tinggi. Hingga saat ini sudah ada pengurus dari kawasan wisata ini.

Dalam tebing breksi ini pun akhirnya menjadi tempat wisata popular yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang menunjang kegiatan anda  ketika berada di Yogyakarta tersebut. untuk anda yang datang ke Jogja, rasanya memang wajib untuk mengunjungi tebing breksi ini.

Terlebih lagi apabila  anda mempunyai hobi fotografi, maka tebing breksi ini bisa menjadi objek yang terbaik karena banyaknya sudut-sudut cantik yang akan membuat hasil fotomu semakin menarik. Buat anda yang ingin menikmati pemandangan lebih cantik, maka anda bisa langsung naik ke tangga  alami. Tempat ini pun menjadi lokasi favorit untuk menggelar pre-wedding.

Fasilitas  di Tebing Breksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila tebing Breksi ini pun semakin mengalami perkembangan yang semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam fasilitas yang disediakan. Adapun fasilitas tersebut antara lain adanya mushola untuk beribadah umat muslim, food court untuk memburu kuliner yang anda inginkan, toiltet hingga adanya lapangan parkir yang luas.

Tidak hanya itu saja, fasilitas tambahan lainnya yang dimiliki oleh tebing breksi ini adalah adanya panggung terbuka yang biasanya digunakan untuk mempertunjukkan acara kesenian dan hiburan, adanya spot foto hingga jeep wisata yang akan mengantarkan anda untuk berkeliling area tebing breksi ini.

Lokasi Tebing Breksi

Buat anda yang ingin datang ke Tebing Breksi ini, anda mungkin harus membutuhkan usaha yang sedikit ekstra. Hal ini tidak lain karena tebing breksi ini berada cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.  Dimana lokasinya masih berada di kawasan Sleman Timur dekat dengan beberapa tempat wisata penting yang ada di Yogyakarta.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, anda bisa langsung pergi ke desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, tepatnya di Kabupaten Sleman DIY. Untuk anda yang ingin datang ke tempat ini, anda harus siap-siap untuk melewati medan yang cukup menantang. Tetapi semua itu akan terbayar  dengan pemandangan alam yang ada di Tebing breksi.

Tips Liburan ke Tebing Breksi

1. Gunakan sun glasses

Tips pertama yang bisa anda gunakan agar liburanmu semakin nyaman di Tebing Breksi adalah anda bisa langsung menggunakan sun glasses. Hal ini untuk mengurangi silau sinar matahari yang terkadang berlebihan.

2. Bawa pelindung kepala

Selain itu, anda juga tidak boleh lupa untuk membawa pelindung kepala untuk melindungi kepala anda. Mengingat terik matahari yang ada di tempat ini cukup panas.

3. Datang saat musim panas

Tips terakhir yang bisa anda gunakan adalah sebaiknya anda datang ke tempat wisata ini ketika saat musim panas.  Dengan begini, anda akan semakin leluasa dalam berjelajah.

Yogyakarta seakan mempunyai segudang keindahan yang tidak pernah ada habisnya. Salah satu tempat wisata wajib yang bisa anda kunjungi adalah Tebing Breksi yang menyimpan keindahan tersebut.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.