Tidak Ingin Kehabisan Tiket Kereta Api Lebaran, Ikuti 8 Tips Ini!

Tips Beli Kereta Api untuk Libur Lebaran

Disediakannya tiket kereta api tambahan merupakan layanan dari PT KAI untuk mengatasi lonjakan penumpang. Biasanya puncak lonjakan penumpang ini terjadi pada masa liburan hari raya Idul Fitri saat semua orang ingin mudik ke kampung halaman. Sayangnya penambahan kereta ini seringkali tidak mampu mengatasi lonjakan yang menyebabkan sebagian penumpang kehabisan tiket sebelum berangkat. Tidak ingin kehabisan tiket kereta tambahan? Lakukan beberapa tips mudah di bawah ini:

Koneksi internet yang stabil

Tidak berbeda dengan tiket reguler biasa, tiket kereta tambahan juga peminatnya luar biasa. Begitu Anda melakukan pemesanan pada waktu tiket pertama kali dirilis, dapat dipastikan akan ada persaingan ketat yang terjadi. Persaingan memperebutkan tiket akan terjadi antar calon penumpang. Jika koneksi internet Anda terputus-putus dan tidak stabil, persaingan akan dimenangkan oleh penumpang lain.

Belum lagi saat situs resmi PT KAI sulit dibuka karena banyak penumpang yang mengaksesnya. Jika Anda tidak memiliki internet yang stabil, jangankan melakukan pemesanan tiket, bahkan masuk situs PT KAI saja akan sulit Anda lakukan. Untuk itu siapkan koneksi internet yang stabil sebelum tanggal rilis tiket kereta tambahan. Sehingga saat tiket sudah dirilis, Anda dapat dengan mudah melakukan pemesanan atau pembelian sampai sukses melakukan pelunasan pembayaran.

Pesan Tiket Kereta Api Lebaran Online

Mencari alternatif jadwal keberangkatan

Salah satu alasan kenapa calon penumpang sampai tidak mendapatkan tiket, baik reguler atau tambahan, adalah karena tidak fleksibel terhadap jadwal keberangkatan. Padahal biasanya untuk tiket kereta tambahan yang dirilis PT KAI memiliki jadwal keberangkatan setelah tiket reguler dirilis dan habis. Jika Anda tidak mendapatkan tiket pada jadwal keberangkatan yang diinginkan, cari alternatif tanggal keberangkatan lainnya.

Semisal Anda menginginkan berangkat tanggal 10 Mei, namun ternyata setelah tiket tambahan dirilis, jadwal keberangkatan tersebut telah habis. Saat hal ini terjadi, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih jadwal keberangkatan esok hari pada tanggal 11 Mei atau justru 12 Mei dan seterusnya sampai ada tiket tambahan yang tersedia untuk Anda. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah mendapatkan tiket kereta tambahan. Mengingat tiket tambahan ini memang dirilis bersamaan.

Baca Juga:  Jangan Lakukan Ini Saat Berwisata

Alternatif tiket rute terusan

Alasan lain yang membuat calon penumpang sering kali kehabisan tiket kereta tambahan adalah, saat kota tujuannya tidak lagi tersedia. Atau dengan kata lain, tiket yang menuju kota tujuan habis terjual. Pada saat kondisi seperti ini, banyak calon penumpang yang memilih pasrah kehabisan tiket. Bahkan banyak yang mencari alternatif transportasi lainnya seperti pesawat atau bus. Padahal dengan cara mencari rute alternatif, Anda masih bisa mendapatkan tiket terusan.

Apa itu tiket terusan? Tiket terusan adalah rute alternatif yang dapat Anda tempuh untuk sampai ke kota tujuan, saat tiket kereta rute utama habis. Ilustrasi mudahnya seperti berikut: Tujuan perjalanan Anda dari Jakarta ke Semarang. Namun saat pemesanan online, tiket tambahan menuju Semarang habis. Anda dapat mencari tiket terusan dengan rute alternatif dari Jakarta menuju stasiun Tegal terlebih dulu. Selanjutnya melakukan perjalanan dari Tegal ke stasiun Semarang.

Waktu pemesanan tiket yang tepat

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ketersediaan tiket kereta tambahan ini adalah untuk mengatasi lonjakan penumpang. Jangan pernah berpikir jika adanya tiket tambahan ini justru sepi peminat karena telah terakomodir pada pembelian tiket kereta api reguler yang telah habis sebelumnya. Anda juga akan mendapati jika pemesanan tiket kereta tambahan ini tidak pernah sepi dan bahkan sangat banyak peminatnya.

Dengan jumlah peminatnya yang sangat banyak, dapat dipastikan pada jam 00.00 WIB saat pertama kali dirilis, jumlah peminat membludak. Persaingan mendapatkan tiket sangat luar biasa sulit. Pastikan Anda melakukan pemesanan tiket tambahan ini pada waktu yang tepat. Jika jam 00.01 WIB masih sulit ditembus dan persaingannya tinggi, Anda dapat mencobanya lagi jam 01.00 WIB. Sehingga tingkat persaingannya lebih rendah dan peluang Anda mendapat tiket lebih besar.

Baca Juga:  Asyiknya Bermain Air di Ciputra Waterpark Surabaya

Lakukan pembayaran 1 jam setelah transaksi disetujui

Proses mendapatkan tiket kereta tambahan yang sangat ketat, memang memberikan kesulitan tersendiri pada calon penumpang. Namun jika mengingat kereta adalah transportasi yang nyaman dan aman, perjuangan mendapatkan tiket kereta tambahan menjadi solusi perjalanan mudik lebaran. Kendala yang sering menyebabkan tiket tambahan gagal Anda dapatkan adalah saat tidak ada konfirmasi pembayaran sesegera mungkin.

Untuk itu pastikan semua perlengkapan yang Anda perlukan telah tersedia dengan baik sebelum  melakukan pembelian tiket tambahan online. Persiapan yang dimaksud terutama alat pembayaran, apakah menggunakan debit, kartu kredit hingga platform pembayaran online lainnya. Dengan demikian saat situs belanja tersebut meminta uang pembayaran, maka Anda hanya tinggal menggunakan mode pembayaran yang ada di dompet.

Cek keadaan situs PT KAI dan contact center setiap saat

Permintaan pembayaran yang ditempuh PT KAI untuk para pembeli tiket kereta tambahan memang sedikit rumit. Pasalnya dari situs pembelian kereta tambahan tersebut, jika tidak segera melakukan pembayaran akan dianggap hangus. Cerita seperti ini sering kali terjadi pada banyak calon penumpang yang melakukan pemesanan sejak pertama kali tiket kereta tambahan dirilis. Tiket yang hangus akan kembali available meski sebelumnya telah sold out.

Untuk melihat perkembangan tersebut, Anda harus sering-sering melakukan pantauan terhadap website resmi PT KAI. Bisa jadi jadwal keberangkatan yang Anda inginkan sebelumnya telah habis, justru available setelah beberapa jam kemudian. Dengan demikian Anda juga tidak perlu mencari alternatif jadwal keberangkatan. Anda juga tidak perlu mencari tiket terusan yang bisa jadi harganya lebih mahal dibanding saat naik kereta reguler biasa.

Pemesanan pada situs PT KAI dan mitra resmi

PT KAI sendiri menyebutkan jika tiket kereta tambahan lebaran ini tidak hanya bisa didapatkan di situs resmi PT KAI. Namun juga tersedia dijaringan mitra hingga PPOB yang dapat diakses di mana saja. Untuk itu jangan sembarangan melakukan pembelian tiket kereta tambahan di tempat yang tidak terpercaya. Terutama jika dilakukan secara online, Anda harus memastikan hanya melakukan pembelian di tempat yang telah diklaim resmi oleh PT KAI.

Baca Juga:  Toko dari Tabung Karton Berbentuk Tank

Untuk itu alternatif tempat pembelian tiket kereta tambahan, dapat Anda lakukan ditempat-tempat yang telah dianjurkan. Dari mulai website resmi PT KAI, KAI Access hingga mitra PPOB seperti Fastpay. Atau dapat juga melalui jaringan toko retail seperti Alfamart dan Indomart. Bahkan tiket kereta tambahan ini juga tersedia pada banyak situs pemesanan liburan seperti Traveloka, Pegipegi, Mister Aladin dan masih banyak lagi yang terjamin aman.

Ketahui lebih banyak tentang situs resmi PT KAI

Tingginya peminat tiket kereta tambahan, berisiko pada padatnya calon pembeli yang membuka situs resmi PT KAI. Saat kepadatan terjadi, maka situs yang tadinya mudah diakses menjadi sulit dan bisa jadi down. Namun Anda tidak perlu cemas, mengingat semua risiko tersebut telah diantisipasi sejak jauh hari oleh PT KAI. Setiap kali musim liburan hari raya tiba, dan tiket kereta tambahan diberikan, PT KAI juga menambah bandwith. Pastikan Anda tahu tentang hal ini sehingga tidak fokus mengakses satu situs resmi PT KAI saja. Selama tiket tambahan ini dirilis, PT KAI tidak hanya menambah bandwith melainkan juga membuat situs alternatif yang dapat diakses oleh semua penumpang. Terdapat hingga 4 situs alternatif yang terdiri dari tiketkeretapi.com, tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id dan juga tiket1.kereta-api.co.id yang dapat diakses untuk mendapatkan tiket kereta api tambahan lebaran.

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.