Tips dan Cara Membuat Instalasi Air di Dapur

Tips dan Cara Membuat Instalasi Air di Dapur

Pada saat membuat rumah, ada beberapa ruangan yang harus mendapatkan perhatian lebih, salah satunya yaitu instalasi pipa air di ruang dapur. Dapur haruslah di desain senyaman mungkin, hal ini dikarenakan seorang Wanita hampir 60 % kegiatannya berada di dapur. Mulai dari membersihkan semua bahan makanan, kemudian memasak, setelah itu  membersihkan semua peralatan-peralatan kotor bekas memasak, dan kegiatan-kegiatan lainya.

Cara Instalasi Saluran Air di Dapur

Dan karena dapur rentan kotor, maka dapur memiliki hubungan erat dengan air, dimana ada dapur disitu ada air.  Sumber air di dapur terdapat pada area cuci yang sering disebut dengan Washtaple atau Kitchen Sink. Washtaple atau kitchen sink dilengkapi dengan beberapa peralatan instalasi air seperti pipa air, fitting, keran, dll, pipa-pipa tersebut ada yang berfungsi untuk mengalirkan saluran air bersih dan sebagai saluran pembuangan air kotor.

Pada saat membuat instalasi pipa air di dapur pastikan saluran air bersih jangan sampai tercemar, karena air didapur digunakan untuk membersihkan segala sesuatu yang berhubungan erat dengan kegiatan memasak, jadi air yang digunakan haruslah steril, supaya terhindar dari bakteri, kuman, dan zat-zat berbahaya lainnya.

Kemudian pada saat membuat saluran pembuangan air kotor pada kitchen sink pastikan terpasang dengan sempurna, jangan sampai saluran air didapur anda tersumbat akibat pemasangannya yang tidak benar, buatlah instalsi pembuangan air kotor yang tepat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasangkan sambungan pipa yang bisa di bongkar pasang, tujuannya supaya bisa dibersihkan secara berkala untuk menghindari terjadinya saluran air tersumbat dan mapet.

Dan supaya terhindari dari yang namanya saluran pipa tersumbat, mapet dan kebocoran, ada beberapa hal yang harus selalu anda ingat, antara lain, jangan pernah membuang sampah, baik sampah sisa-sisa makanan, sampah plastik, dan vartikel-vartikel lain kedalam saluran pembuangan air.

Baca Juga:  Pentingnya Asuransi Kebakaran, Inilah Alasannya!

Perhatikan juga pemakaian material yang digunakan, pastikan anda menggunakan material-material yang bagus, karena permasalahan yang sering terjadi pada kitchen sink atau wastaple selain tersumbat dan mampet, adalah kebocoran pada pipa air dan keran dan elemen pendukung lainnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan lainya pada saat pemasangan instalasi air di dapur adalah tata letaknya, jangan sampai pipa dan elemen-elemen lainnya menghalagi pemandangan atau kurang indah dipandang. Demikian itulah Tips dan Cara membuat Instalasi Air didapur supaya tidak terjadi kebocoran dan mampet, semoga informasi diatas memberikan manfaat bagi anda, dan terimakasih.

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.