Tips Hindari Penipuan Berkedok Lelang Mobil Online, Cek di Sini!

Tips Hindari Penipuan Berkedok Lelang Mobil Online, Cek di Sini!

Apakah Anda sedang mencari tempat lelang mobil di Jakarta yang terpercaya? Silakan simak beberapa tips berikut agar dapat terhindar dari bujukan balai lelang palsu.

Lelang mobil bekas saat ini kian diminati oleh masyarakat di Indonesia. Beragam kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh balai lelang terbukti berhasil minat banyak orang. Meskipun demikian, meningkatnya tren membeli mobil bekas lewat jalur lelang diikuti dengan semakin banyaknya kasus penipuan berkedok lelang mobil. Oleh sebab itulah, Anda harus ekstra hati-hati agar tidak menjadi korbannya.

Perlu Anda ketahui, balai lelang palsu umumnya memiliki karakteristik yang sama:

  • Mengatasnamakan balai lelang resmi yang sudah dikenal oleh banyak orang.
  • Sangat aktif menghubungi target korban baik melalui SMS, telpon, atau media sosial.
  • Harga mobil yang ditawarkan sangat murah bahkan tidak wajar.
  • Menjanjikan bahwa Anda dapat menjadi pemenang lelang.
  • Selalu mendesak agar Anda segera mengirimkan sejumlah uang.

Jika Anda dihubungi oleh pihak yang mengatasnamakan balai lelang dengan karakteristik di atas, maka Anda perlu mencarinya. Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa tips berikut ini agar dapat menemukan tempat lelang mobil terpercaya.

Lelang mobil bekas
Gambar: Freepk

Tips Menghindari Lelang Mobil Online Palsu

1. Cek keaslian akun balai lelang

Penipu saat ini banyak menghubungi target korban melalui media sosial. Oleh karena itu, jika Anda dihubungi oleh suatu pihak yang mengatasnamakan balai lelang mobil, sebaiknya Anda tidak boleh langsung percaya. Teliti dan cek terlebih dahulu keaslian akun media sosial tersebut dengan cara memperhatikan isi feed, foto, isi komentar, cek riwayat username, dan lain-lain.

Baca Juga:  Layanan Taksi Indonesia Makin Lengkap

Selain itu, Anda dapat mengunjungi website balai lelang yang asli untuk mengetahui akun media sosial resmi yang mereka kelola. Lelang mobil resmi dan terdaftar pastinya memiliki website yang profesional dari sisi konten dan memiliki kelengkapan informasi yang baik dan terupdate, salah satunya seperti yang dimiliki balai lelang mobil Auksi.

2. Jangan mudah percaya jika mereka menawarkan mobil murah

Balai lelang memang menawarkan mobil dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan masih termasuk harga yang wajar. Nah, jika Anda menemukan balai lelang yang menawarkan mobil dengan harga yang sangat murah dan tidak wajar, maka Anda patut curiga.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas untuk keperluan pribadi atau bisnis sewa rental mobil, penawaran harga yang murah pastinya akan sangat menggoda. Namun, sekali lagi jika harga yang ditawarkan tidak wajar, ada baiknya Anda cari alternatif penawaran lelang yang lain.

beli mobil bekas via lelang
Gambar: Freepik

3. Cek nomor rekening untuk pembayaran deposit

Perlu Anda tahu, peserta lelang memang diharuskan untuk membayar sejumlah deposit untuk memperoleh Nomor Induk Peserta Lelang. Dana tersebut nantinya akan tetap dikembalikan jika Anda tidak memenangkan lelang mobil. Untuk memastikan bahwa Anda mengirim dana pada pihak yang tepat, Anda perlu memeriksa nomor rekening yang dipergunakan untuk pembayaran deposit. Balai lelang terpercaya tentunya akan menggunakan nomor rekening perusahaan. Jadi, jika nomor rekening yang dipergunakan adalah nomor atas nama perseorangan atau rekening pribadi maka sebaiknya Anda menghindarinya.

4. Pelajari prosedur lelang online yang benar

Banyak orang menjadi korban penipuan berkedok lelang mobil karena tidak memahami prosedur lelang yang seharusnya. Karena kurangnya pengetahuan, target korban menjadi lebih mudah digiring untuk melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik untuk mengikuti lelang mobil online, maka Anda harus mempelajari bagaimana prosedur lelang mobil dengan baik.

Baca Juga:  Pilih Mobil yang Tepat Untuk Usaha Jual Beli Mobilmu

Di balai lelang mobil AUKSI, tata cara mengikuti kegiatan lelang sudah diinformasikan dengan jelas di websitenya yaitu di halaman Cara Ikut Lelang. Para peserta lelang juga dapat menghubungi pihak AUKSI secara langsung untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya jika mereka mengalami kesulitan untuk memahami prosedur lelang yang akan mereka adakan.

5. Periksa mobil yang akan dilelang

Selain memahami prosedur lelang, Anda juga harus memeriksa mobil yang akan dilelang. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberadaan mobil lelang tersebut. Selain itu, agar Anda tidak merasa kecewa dan lebih yakin pada saat melakukan bidding, sebaiknya Anda mengikuti open house yang disediakan oleh balai lelang. Dengan demikian, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi mobil yang akan Anda tawar dengan lebih jelas.

Tidak seperti mobil yang dijual melalui showroom mobil bekas, mobil-mobil yang dilelang umumnya memiliki kondisi apa adanya dengan detail yang berbeda-beda. Dari lelang mobil perusahaan sampai lelang mobil pribadi akan dilelang sesuai kondisinya tanpa didahului proses perbaikan dan lain-lain. Bahkan beberapa mobil dengan kondisi rusak berat karena bekas kecelakaan pun akan dilelang dengan kondisi apa adanya.

Beberapa tips di atas dapat Anda praktekkan agar terhindar dari penipuan berkedok lelang online. Jika Anda tertarik untuk mengikuti lelang, Anda dapat mencari berbagai informasi lelang mobil agar dapat memenangkan mobil impian dengan sukses. Selamat mencoba!

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.