Tips Mengembangkan Bisnis Bengkel di Tengah Pandemi. Simak Disini!

Tips Mengembangkan Bisnis Bengkel di Tengah Pandemi. Simak Disini!

COVID-19 yang melanda dan menyebar di Indonesia ini telah menggangu dan mengahambat berbagai aspek kehidupan seperti aspek bisnis, aspek kesehatan masyarakat, dan berbagai aspek kehidpan yang lainnya. Berbagai bisnis yang dijalankan pun perlahan mulai meredup karena kurangnya pelanggan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Bagi suatu bisnis, pelanggan yang menjadi penggerak perekonomian dalam bisnis sangat berpengaruh sekali selama masa pandemic. Karena jumlah pelanggan yang berkunjung menurun drastis dibandingkan dengan keadaan sebelum pandemic.

Akibatnya, mulai banyak para pelaku bisnis yang gulung tikar dan memilih berhenti untuk menajalankan bisnis mereka tersebut. Nah untuk kamu yang masih bertahan dan mencoba meningkatkan usaha bisnismu selama masa pandemi ini mari simak pada pembahasan berikut ini seperti yang diulas dari situs berita terpercaya!

Tips Meningkatkan Bisnis Bengkel Selama Pandemi

1. Sediakan jasa konsultasi online

Konsultasi dan Booking Service Online
Gambar: Moservice.id

Dengan adanya COVID-19 dimana seluruh aktivitas dilaksanakan secara online membuat semua kegiatan mau tidak mau menyediakan pelayanan secara online. Begitu juga dengan para pelaku usaha yang menjalankan bisnis tertentu dimana mereka mulai menyediakan pelayanan online.

Untuk bisnis bengkel dimana biasanya para pelanggan datang langsung ke bengkel untuk melakukan perbaikan akan mengalami perubahan ketika masa pandemic ini dimana semuanya dilaksanakan serba online.

Para pelaku bisnis bengkel bisa memanfaatkan daring ini untuk menyediakan jasa konsultasi online yang nantinya akan memberikan masukan kepada para pelanggan untuk perbaikan kendaraan mereka. Setelah dilakukan konsultasi barulah bisa didapatkan informasi mengenai perlu atau tidaknya kendaraan tersebut dilakukan perbaikan langsung di bengkel.

Baca Juga:  Jual Beli Mobil Bekas Lebih Mudah dengan Mobiloka

2. Sediakan jasa home service

jasa home service
Honda sediakan jasa home service. Gambar : Detik Oto

Di masa pandemic membuat seluruh kegiatan menjadi terbatas. Termasuk kegiatan perbaikan kendaraan yang biasanya dilakukan secara manual.

Masa pandemic membuat banyak orang tidak melakukan aktivitas di luar rumah sehingga hal ini bisa kamu manfaatkan dengan baik. sebagai pelaku bisnis bengkel kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan penyediaan jasa layanan ‘’home service’’ untuk membatasi jumlah pengunjung.

Dengan ini, maka bisnis bengkelmu bisa beroperasi dengan baik dengan tetap mematuhi protocol kesehatan yang ada. Dengan ini maka kegiatan bisnis bengkelmu bisa berjalan dengan baik meski ditengah pandemic.

3. Buatlah promo menarik

Contoh Promo Service
Promo Service Hari Kemerdekaan dari Honda

Untuk meningkatkan bisnis bengkelmu ditengah pandemic kamu bisa menciptakan banyak promo menarik. Promo yang kamu sediakan harus bisa membuat para pelangganmu tertarik dan sering menggunakan jasa bengkelmu.

Pandemic COVID-19 juga membuat pendapatan menjadi terbatas tidak seperti biasanya. Untuk itu, dengan adanya berbagai promo yang menarik pastinya akan membuat para pelangganmu semkin nyaman dan tertarik untuk menggunakan jasamu.

4. Memberikan perhatian kepada para karyawan

berikan perhatian kepada karyawan bengkel

Untuk menjalankan bisnis bengkelmu pastinya kamu membutuhkan seorang karyawan pekerja yang melakukan perbaikan kendaraanmu. Kamu juga harus memberikan perhatian yang baik kepada para karyawanmu.

Berikanlah hari libur dan bonus kepada para pekerja yang sudah bekerja dengan baik di usaha bengkelmu selama masa pandemic ini.

5. Sediakan jasa ‘’follow up’’ kepada para pelanggan

Customer service follow up pelanggan

Bisnis bengkel akan bekerja dengan baik dengan adanya pengaturan dan pemberian layanan yang baik kepada para pelangganmu. Sediakan jasa ‘’follow up’’ untuk para pelangganmu agar mereka bisa menindaklanjuti perbaikan kendaraan mereka.

Dengan penyediaan jasa ini maka kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih karena adanya jasa penindaklanjut dari para pelangganmu yang melakukan perbaikan di bengkelmu.

Baca Juga:  Kenali Tanda Piston Sepeda Motor Bermasalah

6. Menyediakan montir yang handal

Pilih montir handal

Dengan adanya montir handal yang menjalankan perbaikan di bengkelmu maka akan membuat para pelanggan akan tertarik dan selalu melakukan perbaikan di bengkelmu. Montir yang handal pastinya akan melakukan pekerjaan dengan hasil yang baik sehingga dipercaya oleh banyak orang.

7. Sediakan layanan yang ekonomis

memberikan layanan ekonomis

Sediakan juga layanan yang ekonomis agar para pelangganmu tertarik untuk selalu berlangganan di bengkelmu. Dengan harga pelayanan yang ekonomis akan membuat para pelanggan tertarik dan selalu berlangganan di bisnis bengkelmu.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

30 thoughts on “Tips Mengembangkan Bisnis Bengkel di Tengah Pandemi. Simak Disini!

  1. Inovasinya keren banget nih meski jasa bengkel spt ini ga akan habis selama service kita memuaskan. Bagaimana pun, selama kendaraan masih ada, bengkel akan tetap ada meski jumlahnya akan makin menyusut seiring jasa yg ditawarkan dan persaingan bisnis. Kalo bagus, pasti jasa kita akan dicari.

    1. Iyah mas, siapa yang pelayanannya bagus dan buat pelanggan nyaman itu yang akan dikejar kemanapun. Saya pernah mengalaminya, klo saya lebih ke montir. Jadi, pernah dapat montir yg baik dan hasil servicenya bagus banget itu akan saya rela tunggu berjam-jam hanya untuk motor saya bisa diservice oleh montir tersebut.

  2. Memang di masa pandemi seperti ini semua bisnis harus jemput bola ya, semua serba online jadi harus ada konsultasi online dan jasa home service seperti disebutkan di atas. Bagus sekali idenya karena pandemi kan banyak orang yang di rumah, jasa home service bisa mengurangi kerumunan

    1. bener banget mba, hampir semua lini bisnis mau UMKM hngga bisnis dengan skala menengah ke atas shifting dan memanfaatkan perkembangan dunia teknologi dan informasi yang makin cepat.

    2. Di masa pandemi seperti sekarang tuh sektor jasa seperti bengkel harus bisa home service ya dan jangan lupa follow up pelanggan biar pelanggan nggak pindah ke tempat lain. Ide yang sangat bagus sekali, usaha bengkel memang harus jemput bola. Menurutku kalau jasa bengkel bisa jemput bola tuh memudahkan pelanggan juga.

      1. Iyes mas, sekarang semua bisnis pada shifting ke digital. Soal jemput bola sudah seharusnya, jadi company nya yang harus aktif sehingga mengetahui apa yang diinginkan pelanggan.

  3. Zaman sekarang kayaknya yang paling banyak diminati itu yang bisa home service ya. Karena nggak perlu repot-repot keluar rumah dan mengantri di bengkel.

  4. Jadi teringat tambal ban online yang sempat viral itu, hihihi… ternyata maksudnya mungkin seperti ini ya, fasilitas teknologi bisa dijadikan sebagai “perantara layanan online” untuk bisnis apapun, termasuk salah satunya bengkel.

    1. Iyah mba, semua layanan sekarang beralih ke digital. Selain karena pandemi sekaligus juga memberikan kemudahan layanan ke customernya

  5. Promo sih, yang paling bikin calon pelanggan tertarik ke sebuah bengkel, hehe. Selain jasa konsultasi online, sebaiknya juga dilengkapi dengan pengecekkan harga spare part atau perbaikan secara online. Biar pelanggan bisa merencanakan pengeluaran saat memakai jasa service bengkel.

  6. Wah keren bangat ini ya pelayanannya, ada jasa home service juga pula, jadi nggak perlu capek antri, soalnya yang paling nyebelin pas service kendaraan tuh antrinya luama banget. Nggak recomended kalau ngajak bocil yang suka rewel, huhu

    1. Bener mba, service motor bisa jadi lebih mudah, simpel, dan efisien dari sisi biaya (tidak perlu keluar uang jajan jika aja anak atau keluarga)

  7. paling butuh itu layanan bengkel online yang bisa datangin konsumen, soalnya pas di jalan kalau ada musibah motor mogok kan bingung,

    1. Bener babnget mas, apalagi untuk pemilik motor yang nggak paham soal mesin. jadi jika ada kendala, bisa langsung teratasi.

  8. Jasa home servis ini bagus.
    Karena adakalanya urgent pas di rumah kendaraan ngadat gak bisa jalan

  9. Jasa konsultasi online sama home service emang ngebantu banget. Inget pas masa karantina tahun kemarin karena WFH terus, motor jarang dipake, pas sekalinya mau dinyalain ternyata malah mogok.

  10. Wah iya, saat pandemi seperti ini smeua bisnis terdampak ya kak
    Termasuk bisnis bengkel
    Makanya perlu usaha dan cari cara biar tetap bertahan

  11. kayaknya kalau bengkel ada jasa homeservise dan konsultasi online bakalan jadi trend buat ke depannya deh. soalnya membantu banget buat konsumennya terutama kalau misalnya motor atau mobilnya nggak bisa dinyalakan

    1. Sebenarnya udah dari lama seh mba, cuma karena saat pandemi seperti sekarang otomatis harus nyari cara biar bisnis tetap jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.