Tips Mudah untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Tips Mudah untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Banyak orang yang memilih transportasi udara atau pesawat karena alasan waktu yang lebih singkat dibandingkan transportasi darat atau laut. Terutama untuk jarak tempuh yang cukup jauh. Tetapi masyarakat memang perlu merogoh kocek lebih dalam jika memilih transportasi ini.

Namun, kabar baiknya adalah tidak selalu harga tiket pesawat lebih mahal dari tiket bus atau kereta untuk jarak tempuh yang sama. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar mendapat promo atau harga tiket pesawat murah. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

1. Tentukan Hari Keberangkatan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memesan tiket pesawat atau transportasi lain tentunya adalah memilih jadwal keberangkatan. Tentukan secara detail mulai dari bulan, tanggal atau hari, dan juga jam keberangkatan.

Namun, jangan terlalu kaku dalam membuat jadwal keberangkatan. Siapkan beberapa jadwal sebagai pilihan. Mungkin saja pada jadwal pertama ada kepentingan lain yang membuat Anda tidak jadi berangkat.

Selain itu, dengan beberapa pilihan jadwal keberangkatan, Anda bisa membandingkan perbedaan harga yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan. Pilih lah harga yang paling sesuai dengan Anda, tetapi dengan fasilitas penerbangan yang oke.

2. Hindari Waktu yang Bersamaan dengan Liburan

Pastikan bahwa jadwal yang telah Anda susun sebelumnya benar-benar sesuai dengan perkiraan. Misalnya tidak bersamaan dengan masa liburan semester atau akhir tahun. Apabila Anda memang berencana bepergian pada masa itu, cari tanggal yang sekiranya belum terlalu ramai orang-orang memulai liburan. Misalnya dua atau tiga hari sebelum masa liburan panjang.

Pada masa liburan panjang, harga tiket cenderung lebih mahal dari biasanya. Karena memang banyak orang yang membutuhkan tiket pada saat itu. Selain harga tiket yang lebih mahal, memilih waktu bepergian pada masa libur  panjang akan membuat liburan menjadi kurang menyenangkan. Bandara dan tempat wisata akan dipenuhi lautan manusia. Antrian dimana-mana dan membuat pusing padahal tujuan liburan adalah untuk refreshing dan relaksasi.

Baca Juga:  4 Kegiatan Pemacu Adrenaline Yang Bisa Kalian Lakukan Ketika Berlibur di Malang

Lalu bagaimana jika memang tujuannya membeli tiket murah saat hari raya? Dimana tidak bisa menghindari keramaian. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, yaitu memilih tanggal yang sekiranya belum terlalu banyak orang berangkat mudik. Tetapi resikonya, mau atau tidak mau harus menghadapi keramaian di bandara yang berkali lipat dari biasanya.

Cari Promo Tiket Pesawat Murah untuk Travelling

3. Cari Sejak Jauh-jauh Hari

Segera pesan tiket pesawat Anda jika telah menyusun jadwal berlibur atau mudik, baik jadwal keberangkatan maupun pulang. Jangan sampai diabaikan begitu saja. Rencana keuangan dan jadwal berlibur Anda akan sia-sia jika tidak segera memesan tiket pesawat.

Mengapa demikian? Jika Anda memesan tiket terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan, Anda tidak akan memiliki banyak pilihan maskapai dan harga tiketnya. Sangat mungkin jika Anda akan mendapatkan harga yang kebetulan mahal pada saat itu.

Rajin-rajinlah mengecek harga tiket di Internet jauh-jauh hari. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli atau menunggu sedikit lama sampai harga tiket turun dan sesuai kantong Anda.

4. Download Beberapa Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Online

Ada satu tips unik bagi Anda yang benar-benar ingin mendapatkan Tiket Pesawat Murah. Cara ini mengharuskan Anda untuk sedikit lebih jeli dan telaten untuk mengecek harga tiket. Yaitu dengan mendownload beberapa aplikasi pemesanan tiket pesawat online sekaligus di ponsel Anda.

Kini makin banyak aplikasi yang dikembangkan untuk memberikan pelayanan pembelian tiket transportasi secara online. Tidak hanya satu atau dua, mungkin bisa mencapai 10 aplikasi resmi pemesanan tiket pesawat online. Jika mendownload 10 aplikasi terlalu memenuhi ponsel dan ribet, mungkin Anda bisa download 3 atau 4 aplikasi yang paling populer.

Banyak kemudahan dan keuntungan bila kita memesan melalui aplikasi tersebut. Salah satunya adalah harga yang miring karena banyak diskon atau promo. Pada jadwal dan maskapai yang sama, bisa saja memiliki harga tiket yang berbeda dengan aplikasi pemesanan yang berbeda.

Baca Juga:  Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Setu Babakan Jakarta

Cukup rajin-rajin mengecek harga tiket pesawat dari jauh-jauh hari di semua aplikasi yang Anda miliki. Jika beruntung, Anda akan menemukan harga tiket dengan diskon dan promo yang cukup besar. Diskon bisa mencapai setengah harga dari harga asli, atau bahkan lebih murah lagi.

5. Gunakan Metode Pembayaran Paling Murah

Jika Anda memilih memesan tiket pesawat secara online, pilih metode pembayaran yang paling murah. Aplikasi tersebut biasanya menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran. Mulai dari transfer bank di ATM, transfer m-banking atau i-banking, serta pembayaran melalui minimarket yang tersedia.

Pilihlah pembayaran yang tidak memungut biaya pemrosesan pembayaran. Pembayaran melalui minimarket biasanya akan menambah biaya sebesar 1500 rupiah hingga 3000 rupiah untuk biaya jasa pemrosesan pembayaran. Jika Anda memiliki ATM, m-banking, atau i-banking baiknya memilih metode tersebut. Jangan lupa untuk memilih jenis bank yang sama agar saldo tidak terpotong biaya administrasi transfer bank lain.

6. Tidak Masalah dengan Tiket Transit

Harga tiket pesawat untuk jarak tempuh yang jauh dalam sekali terbang cenderung lebih mahal. Manfaatkan tiket transit apabila Anda benar-benar ingin pergi berlibur dengan budget yang minimal. Tetapi Anda harus mempersiapkan diri untuk menunggu keberangkatan selanjutnya di bandara yang digunakan untuk transit. Lama transit berbeda-beda mulai dari satu atau dua jam hingga setengah hari.

7. Menjadi Member atau Langganan

Selain mendownload aplikasi pemesanan tiket online, hal lain yang bisa dilakukan untuk mendapat informasi promo adalah menjadi member atau langganan sebuah maskapai penerbangan. Dengan bergabung menjadi penumpang atau konsumen langganan sebuah maskapai memungkinkan Anda untuk mendapat potongan harga sekian persen ketika melakukan pembelian tiket.

Selain itu Anda juga bisa berlangganan informasi promo dan diskon suatu maskapai. Setiap maskapai tersebut mengadakan promo harga, Anda akan dikirimkan pemberitahuan melalui pesan masuk email Anda. Caranya mudah, yaitu daftarkan email Anda di website resmi maskapai tersebut.

Baca Juga:  Tips Wisata Sumba Untuk Traveller

8. Bandingkan Tiket PP dan Tidak

Satu lagi hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu mempertimbangkan harga tiket pulang pergi atau PP. Kadang kala banyak orang yang memilih membeli tiket PP karena alasan lebih murah. Selain itu, tiket PP sangat membantu bagi penumpang yang hanya memiliki waktu  bepergian yang pendek. Hal yang ditakutkan yaitu kehabisan tiket dan jadwal pulang mundur jika tidak memesan tiket pulang sekaligus.

Jika kondisi Anda mengharuskan untuk pulang dalam jadwal yang sudah direncanakan (tidak boleh mundur), maka membeli tiket PP adalah solusinya. Tetapi, jika tidak terikat waktu maka Anda boleh mempertimbangkannya lagi.

Cek dan perhatikan kembali harga tiket yang ditawarkan. Apakah tiket PP lebih murah dibandingkan membeli tiket berangkat dan pulang yang terpisah untuk jadwal Anda. Jika tiket PP lebih mahal, maka pesanlah tiket pulang secara terpisah. Anda juga bisa memesannya saat akan pulang nanti. Seperti itulah beberapa tips untuk mendapatkan Tiket Pesawat Murah yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mudik, berlibur, atau bepergian untuk keperluan bisnis. Selamat mencoba!

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.