Trik Membuat Video Berkualitas Pakai Smartphone

Buat Video Pakai Smartphone

Beberapa orang mengatakan membuat video berkualitas hanya bisa dilakukan dengan perangkat rekam yang mahal.

Namun, pada saat ini semua itu bisa kamu lakukan hanya dengan bermodalkan smartphone, mau tau bagaimana caranya? Simak lengkap ulasannya dibawah ini ya.

Pertama : Bersihkan Lengkap Kamera Smartphone Android kamu.

Kedengarannya sedikit konyol dan simpel ya, jika kamu tidak membersihkan dan membiarkan lensa smartphone tetap kotor maka kamu tidak bisa membuat video berkualitas.

Dengan membersihkan lensa kamera smartphone akan mengurangi kemungkinan ada noise selama perekaman berlangsung, sehingga hasil shoot akan menjadi lebih jernih serta mulus.

Kedua : Melakukan Pengaturan Manual

Apabila lensa sudah dirasa cukup bersih, langkah selanjutnya kamu harus melakukan pengaturan manual pada menu setting di video smartphone Android kamu.

Melakukan Pengaturan Manual di Smartphone
Sumber Gambar : IDN Times

Jadi, sebelum kamu merekam pastikan telah memilih kualitas video seperti apa yang kamu inginkan, pilih kualitas video dengan angka yang paling tinggi yakni 1080p.

Pada beberapa smartphone Android premium, kamu dapat memilih kualitas video berdasarkan frame per second alias fps-nya. Nah, apabila kebetulan smartphone kamu mengusung pengaturan tersebut maka cobalah untuk memilih kualitas video pada angka 1080p at 30fps.

Angka tersebut akan menjadikan kualitas video yang kamu rekam hasil lebih mulus serta jernih. Ya tidak jauh bedah lah dengan objek yang direkam.

Ketiga: Hindari Mengaktifkan Pengaturan EIS.

Kenapa harus menghindari mengaktifkan pengaturan EIS? Karena pada pengaturan Electrical Image Stabilization akan membuat video yang kamu rekam akan kualitas malah turun.

Apabila memungkinkan aturlah pada mode manual saja. Jika beruntung sih kami dapat juga menggunakan pengaturan OIS alias Optical Image Stabilizatio yang akan dapat membuat video lebih bagus.

Meskipun harus diakui tidak semua smartphone Android apalagi yang mempunyai kelas ke bawah sudah di support dengan fitur OIS ini.

Baca Juga:  Easy Transactions, No More Lines

Keempat : Gunakan Tripod agar Terhindar dari Guncangan

Minusnya pada saat merekam memakai smartphone adalah guncangan lebih sering terjadi, asal kamu tahu ya guncangan sekecil apapun nyatanya dapat memengaruhi hasil dari rekaman itu sendiri.

Pakai Tripod
Sumber Gambar: Kumparan

Untuk itu, sebisa mungkin menggunakan tripod saat merekam dengan menggunakan kamera smartphone. Dengan menggunakan alat ini dapat meminimalisir guncangan yang akan terjadi.

Kelima : Gunakan Smartphone dengan Posisi Horizontal

Memang merekam menggunakan smartphone Android tidaklah sembarangan. Kamu hanya diperkenankan untuk memosisikan kamera secara horizontal.

Posisikan Kamera secara Horizontal
Sumber Gambar: Uncle Kick

Hal ini sangat penting dilakukan agar hasil rekaman lebih estetis serta lebih mudah pada saat mau di upload ke channel YouTube maupun sekedar berbagi di Instagram.

Merekam dengan posisi horisontal juga dapat memudahkan kamu saat akan mengedit video, karena tidak ada sisa border yang berwarna hitam sehingga akan membuat tampilan video lebih menarik.

Terakhir : Berinovasilah dengan Fitur Slow Motion.

Jika kamu memakai smartphone Android yang cukup canggih, cobalah untuk berinovasi dengan video yang akan kamu rekam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur slow motion.

Fitur ini tersedia secara built-in pada pengaturan video di smartphone-smartphone flagship maupun diaplikasi editing bawaan dari smartphone tersebut.

Kamu hanya perlu mengatur pada setting angka 60fps atau bisa lebih tinggi dan video yang kamu rekampun dapat berubah rekam dengan gerak lambat.

Jika tidak ada pada pengaturan khusus di smartphone Android kamu, kamu masih bisa menggunakan aplikasi editing pihak ketiga yang dapat kamu donwload di Play Store secara gratis.

Akhir kata, itu dia beberapa langkah-langkah membuat video berkualitas pakai Smartphone, semuga artikel ini dapat membantu kamu ya, dan tunggu apalagi langsung peraktekkan saja dan lihat hasil yang sesungguhnya.

Baca Juga:  5 Keunggulan Teknologi Smartphone 4G, Sudah Punya?

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.