Uniknya Tradisi Masyarakat di Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Meskipun harga tiket pesawat sekarangsemakin naik, hal tersebut tidak membuat orang berhenti liburan. Faktanya, justru semakin banyak orang yang berani berwisata di tempat yang ekstrim.

Contohnya saja Dieng. Dataran Tinggi yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini semakin menarik. Dari tahun ke tahun, semakin banyak saja wisatawan yang datang ke Dieng.

Di setiap tahunnya, tepatnya di Bulan Agustus, terdapat acara tahunan yang dinamakan dengan Dieng Culture Festival. Ini serangkaian acara budaya yang dilakukan oleh masyarakat. Selain melestarikan juga, ternyata kegiatan ini juga mengundang banyak wisatawan.

Tradisi Masyarakat Dieng Masih Dilestarikan

Masyarakat Dieng sangat memegang erat kebudayaan lokal nenek moyang. Di sana, masyarakat masih melakukan kegiatan yang hampir sama dengan orang terdahulu. Kebanyakan mereka adalah petani kentang dan tembakau.

Selain itu, mereka juga terus melestarikan budaya. Salah satunya adalah budaya memotong rambut gimbal.

Hanya di Dieng, Anda akan menemukan anak yang punya rambut gimbal. Rambut ini akan terus tumbuh meskipun dipotong berulang kali. Pertumbuhan rambut gimbal hanya bisa berhenti dan akhirnya tumbuh normal jika dilakukan dengan cara ruwat.

Tradisi Cukur Rambut Gimbal
Tradisi Cukur Rambut Gimbal | Foto : Shutterstock

Ruwat ini upacara pemotongan rambut gimbal yang diadakan oleh masyarakat Dieng. Setiap orang tua yang punya anak gimbal harus melaksanakan upacara ini jika ingin rambut anak tumbuh normal. Tidak lagi gimbal.

Upacara ini bisa dilakukan kapan saja, Namun, seringkali mereka melaksanakan upacara ruwat ini secara bersamaan. Yaitu pada bulan Agustus, tepat pada saat diadakan Dieng Culture Festival.

Biaya untuk mengadakan ruwat yang tidak murah membuat para orang tua memilih untuk menyelenggarakan acara ini secara bersamaan. Selain itu, ini juga menjadi acara pemerintah Wonosobo yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

Baca Juga:  Serunya Wisata Prasejarah ke Leang Leang Maros

Selain itu, ada juga tradisi lainnya yang masih dilestarikan. Contohnya saja menaikkan balon udara. Menerbangkan balon udara sebenarnya tidak hanya dilakukan saat ada acara Dieng Culture Festival. Masyarakat Dieng juga menyelenggarakan acara seperti ini saat bulan suci Ramadhan dan juga Idul Fitri. Hanya saja, pada acara tahunan Dieng Culture Festival, tradisi ini juga dijadikan sebagai serangkaian acara sehingga membuat acara tahunan ini semakin meriah.

Sekarang, acara Dieng Culture Festival dikelola semakin baik. Semakin banyak acara yang diselenggarakan. Tidak hanya acara tradisi masyarakat Dieng. Ada juga acara musik, menerbangkan lampion di Dataran Tinggi Dieng di malam hari, dan masih banyak lagi.

Dieng Culture Festival
Dieng Culture Festival | Foto: Shutterstock

Tak heran jika Dieng sekarang menjadi salah satu destinasi utama di Jawa Tengah setelah Candi Borobudur. Dengan dihelatnya acara Dieng Culture Festival, semoga semakin banyak wisatawan yang mau merasakan dinginnya Dataran Tinggi Dieng sembari menikmati keindahan alam di sana.

Rute Jalan Menuju ke Dieng

Jika ingin ke Dieng, Wonosobo, wisatawan kini semakin dipermudah. Ada 3 bandara yang paling dekat dengan kabupaten Wonosobo ini. Yaitu Semarang, Yogyakarta, dan Kulon Progo.

Untuk menarik lebih banyak wisatawan, Pemerintah Jawa Tengah melakukan kampanye besar-besaran. Hal ini juga didukung dengan promo tiketyang diberikan oleh beberapa pihak. Contohnya saja dari aplikasi beli tiket pesawat dari Pegi-Pegi. Banyak sekali promo yang diberikan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pegi-Pegi merupakan penyedia jasa penjualan tiket online di mana Anda bisa mendapatkan promo termurah. Selain itu, berbagai pilihan pembayaran pun ditawarkan. Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM atau minimarket terdekat.

Setelah Anda beli tiket pesawat, Anda tentukan di bandara mana Anda akan tuju. Yang paling dekat dengan Wonosobo adalah Bandara Yogyakarta. Setelah sampai di Yogyakarta, Anda bisa cari travel menuju ke Wonosobo. Di sana, Anda bisa rental mobil untuk bisa sampai ke Dataran Tinggi Dieng.

Baca Juga:  Sensasi Berenang di Hijab Swimming Pool Bandung
Jadi, kapan Anda berencana menikmati dinginnya Dieng, Wonosobo?

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.