Weekend Getaway di Pantai Santolo, Garut? Cek Dulu Beberapa Hal Ini!

Weekend Getaway di Pantai Santolo, Garut

Untuk melarikan diri dari kesibukan harian yang padat, banyak masyarakat yang memilih untuk weekend getaway dan menjalani liburan singkat selama dua hari. Destinasinya pun tidak perlu jauh-jauh: biasanya hanya di kawasan ibukota atau ke luar kota seperti Bogor, Bandung, atau bahkan Garut. Nah, kalau kamu ingin menjalani weekend getaway yang antimainstream, mengapa tak coba untuk berlibur ke Garut dan menginap di hotel dekat Pantai Santolo?

Pantai Santolo merupakan sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berada di Kecamatan Cikelet, pantai ini bisa ditempuh dengan menjalani 3,5 jam perjalanan dari Garut Kota. Mengingat pantai ini masih belum diketahui oleh wisatawan, pemandangannya pun masih asli dan juga bersih. Cocok sekali untuk dijadikan destinasi wisata akhir pekan, baik untuk wisata seorang diri atau wisata bersama keluarga tercinta.

Selidik punya selidik, kawasan Pantai Santolo merupakan tempat berkumpulnya nelayan tradisional dan dermaga untuk kapal ikan yang ada di Pameungpeuk. Jadi, di pantai ini kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang bersih, dengan tebing bebatuan yang memukau, tetapi juga menemukan kapal-kapal nelayan yang baru saja berlabuh setelah memancing ikan. Seru banget, kan?

Fun Things to Do

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Santolo. Apa saja, ya? Coba simak daftarnya berikut ini:

Sewa perahu

Tak hanya menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa lho menikmati ombak Pantai Selatan yang cukup menantang dari Pantai Santolo. Ya, di pantai ini, banyak nelayan setempat yang menyewakan perahunya kepada para wisatawan untuk mencicipi keseruan ombak dan pengalaman berlayar di laut. Kalau penasaran, kamu bisa menyewa perahu ini dan rasakan sendiri bagaimana sensasinya. Jangan lupa untuk menanyakan harga sewanya sebelum menaiki perahunya!

Baca Juga:  Daftar Hotel Murah Singapore Belum Termasuk Harga Promo

Mencari kerang

Berjalan-jalan di sepanjang pesisir pantai belum lengkap rasanya jika tidak dilakukan sembari mencari kerang! Biasanya, ada banyak sekali cangkang kerang cantik yang terbawa oleh ombak dan berakhir di atas pasir pantai. Nah, adalah tugas kamu untuk mencari hidden gem ini sambil berjalan-jalan menikmati debur ombak. Siapa tahu kamu menemukan kerang cantik yang bisa digunakan untuk menjadi hiasan rumah!

Membangun istana pasir

Membangun istana pasir di pantai santolo
Membangun istana pasir di pantai santolo | Foto : Shutterstock

Untuk kamu yang datang ke Pantai Santolo dengan anak-anak, membangun istana pasir juga bisa menjadi kegiatan seru untuk mengisi waktu luang. Cari spot yang memiliki gundukan pasir dan mulailah untuk membangun istana pasir versi kamu dan anak-anak. Tak ada salahnya untuk membawa peralatan dari rumah, seperti ember, sekop, dan perangkat lainnya untuk mempermudah pembangunan istana pasir. Anak pun akan terhibur karena ada kegiatan lain yang bisa dilakukan selain bermain air.

Membeli ikan segar

Sebagai kawasan yang menjadi pusat kegiatan nelayan, di Pantai Santolo kamu bisa menemukan berbagai ikan segar yang baru saja dipancing dari laut. Kamu bisa membelinya di sini dengan harga terjangkau sekaligus berinteraksi dengan warga setempat. Seru, kan? Tak hanya itu, jika kamu ingin langsung mengolah ikannya juga bisa, lho. Nikmat banget, deh!

Selain empat kegiatan menarik di atas, kamu juga bisa bersantai di bawah pohon kelapa sembari menikmati angin sepoi-sepoi, berfoto di beberapa spot yang instagrammable, atau sekadar menikmati secangkir kopi hangat tanpa melakukan apa pun. Yang pasti, liburan di Pantai Santolo ini bisa membuat kamu lebih rileks dan santai sebelum menghadapi rutinitas di awal minggu yang padat.

Yang harus diperhatikan sebelum berkunjung

Agar bisa menikmati perjalanan liburan singkat kamu di Pantai Santolo, baiknya simak dulu beberapa catatan dari kami!

Baca Juga:  5 Tips Praktis Makan Aman Saat Liburan

Gunakan pakaian yang nyaman

Sama seperti pantai pada umumnya, udara di Pantai Santolo juga kering dan agak panas, nih. Jadi, kami sarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan memungkinkan kamu untuk bisa bergerak bebas. Untuk alas kaki, sebaiknya gunakan flip-flop yang mudah dilepas dan juga cepat kering. Dengan demikian, kamu bisa bebas beraktivitas di pantai dengan nyaman dan juga aman.

Pakai sunblock

Pakai sunblock
Pakai sunblock | Foto: Shutterstock

Jangan lupa untuk menggunakan sunblock sebelum beraktivitas, ya. Udara di pantai bisa membuat kulit kamu kering dan juga terbakar sinar matahari. Re-apply sunblock setiap beberapa jam sekali juga sangat disarankan. Melindungi area wajah dengan topi dan kacamata hitam akan sangat membantu dari kemungkinan terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Bawa uang tunai

Ingatlah bahwa di area pantai akan sangat sulit untuk mencari ATM dan jarang sekali toko yang menyediakan fitur pembayaran cashless. Disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya, jadi kamu bisa jajan dan membeli suvenir dengan nyaman tanpa perlu repot mencari alternatif pembayaran. Siapkan juga uang pecahan kecil, ya!

Bersihkan sampah

Agar Pantai Santolo tetap terjaga kebersihannya, dimohon kesadarannya untuk membersihkan sampah yang kamu hasilkan. Setiap selesai makan atau minum sesuatu, jangan tinggalkan sampah dan langsung buang ke tempatnya, ya!

Jadi, sudah siap untuk liburan di Pantai Santolo? Jangan lupa untuk langsung mencari hotel di dekat Pantai Santolo agar liburan semakin menyenangkan, ya! Semoga membantu dan selamat berlibur!

Related Posts

Baca Juga:  Asyiknya Bermain Air di Ciputra Waterpark Surabaya

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.