Program Fundraising yang Paling Mudah Menarik Minat Pemberi Dana

Program Fundraising yang Paling Mudah Menarik Minat Pemberi Dana

Mencari sponsor sebuah kegiatan itu tidak mudah. Kamu pasti tahu itu jika kamu pernah menjadi panitia kegiatan, entah itu di sekolah atau di kampus. Namun, bukan berarti itu tidak bisa kamu lakukan. Asalkan kamu punya program fundraising yang menarik, kamu bakal lebih mudah untuk mendapatkan sponsor.

Jadi, sebelum menentukan siapa sih yang akan kamu target sebagai pihak yang mendanai kegiatan, kamu tentukan dulu apa kegiatannya. Apakah kegiatan tersebut menarik? Seberapa menarik kegiatan tersebut? Apakah ada dampak yang didapatkan oleh masyarakat dan juga sponsor? Maka dari itu, penting sekali untuk mencari ide program dan kegiatan fundraising yang benar-benar memudahkan kamu untuk menarik minat sponsor. Apa saja itu?

4 Ide Program Fundraising yang Bisa Kamu Coba

Sebenarnya, ada banyak ide program yang bisa kamu pilih. Namun, jika kamu cari program yang menarik minat sponsor, sepertinya 4 program ini bisa kamu pilih salah satu. Apa saja itu?

1. Konser Amal

Kegiatan apa sih yang paling mudah menarik kalangan anak muda? Tentu saja konser. Apalagi jika yang diundang merupakan band yang sangat terkenal. Anak-anak muda akan berbondong-bondong datang. Ketika acara mampu menjadi magnet anak-anak muda, ada saja sponsor yang mau mendanai. Bahkan, tanpa kamu minta untuk jadi sponsor, mereka akan dengan sangat senang hati menjadi sponsor.

Konser Musik Tangsel Berbagi 2022
Gambar: Tangselife.com

Kamu juga bisa memasang tiket masuk. Karena ini untuk amal, uang yang terkumpul bisa kamu salurkan ke pihak yang memang sudah kamu tentukan, seperti panti asuhan, panti jompo, korban bencana alam, dan lain sebagainya. Dana amal bisa kamu dapatkan dari sponsor dan juga dari penjualan tiket. Menarik, bukan?

Baca Juga:  Mengapa Karyawan Ingin Lancar Berbahasa Inggris?

2. Galang Dana Acara Olahraga

Selain musik, acara olahraga juga termasuk program fundraising yang menarik lho. Khususnya bagi calon sponsor yang ada kaitannya dengan olahraga. Misalnya saja dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata, perusahaan apparel kaos olahraga, dan lain sebagainya.

galang dana acara olahraga
SOS Children’s Villages siap menggelar perhelatan Run To Care 2022 yang diselenggarakan secara hybrid alias virtual dan online.

Ada nilai marketing yang didapatkan oleh pihak sponsor ketika mereka mendanai program ini. Mereka bisa branding dan juga bisa berjualan di saat acara dihelat. Tidak hanya itu. Ada value lain yang mereka rasakan. Dengan menjadi sponsor program semacam itu, ada kesan di mana sponsor sangat concern terhadap kesehatan atau perkembangan atlet di suatu daerah.

3. Program Mengajar di Daerah Pedalaman

Banyak orang yang terketuk hatinya ketika melihat kondisi anak-anak di daerah pendalaman. Memberikan dana untuk memenuhi kehidupan setiap hari sepertinya hal yang biasa. Yang luar biasa adalah mengatasi masalah pendidikan di sana.

program mengajar daerah pedalaman
Sumber: IDN Times

Dalam hal ini, kamu bisa membuat program fundraising berupa mengajak anak-anak muda mengajar di daerah pedalaman. Tentunya kamu membutuhkan pendanaan seperti untuk membeli alat belajar mengajar, buku bacaan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, kamu bisa menghubungi calon sponsor yang concern dengan pendidikan. Mulainya dengan memberikan pengertian program fundraising dan tujuan diadakannya program ini.

4. Pengelolaan Sampah

Hampir di semua daerah memiliki masalah dengan sampah. Sampah tidak dikelola dengan baik, hanya ditimbun di TPA atau Tempat Pembuangan Akhir.

event program kelola sampah
Program Pengelolaan Sampah Digital Sinergis dengan Citarum Harum. Sumber: citarumharum.jabarprov.go.id/

Apa yang bisa kamu lakukan? kamu bisa membuat program pengelolaan sampah, yaitu menjadikan sampah untuk dijadikan produk yang bernilai ekonomi. Kamu bisa menggandeng sponsor tertentu untuk mendanai pembelian alat-alat dan lain sebagainya. Program ini setidaknya memiliki dua keuntungan. Yang pertama, masalah sampah teratasi. Kedua, menjadi sampah yang tidak punya nilai menjadi punya nilai dan bisa dijual kembali.

Baca Juga:  Film Horror Wajib Nonton!

Untuk memudahkan kamu dalam mengadakan kegiatan dan program fundraising,, kamu bisa menggunakan jasa dari MudaBerdaya.id, di mana ini merupakan lembaga pemberdayaan anak muda Indonesia yang berfokus dalam pengembangan kreativitas di dalam komunitas anak muda baik remaja sekolah hingga mahasiswa di kampus. Tidak hanya itu, MudaBerdaya.id juga berperan sebagai konsultan terkait pencarian dana sponsor dengan beragam program fundraising untuk event-event sekolah maupun kampus.

Jadi, dari program fundraising tersebut di atas, kira-kira mana yang menarik untuk kamu pilih? Masih bingung, segera konsultasikan saja ke MudaBerdaya.id dan kunjungi websitenya di https://mudaberdaya.id/ sekarang!

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.