0

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan TubuhMedia Informasi Indonesia – Bulan puasa Ramadhan memang merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Di mana pada bulan ini, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa mulai dari terbitnya matahari (subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib). Dalam jeda waktu tersebut, umat muslim akan menahan lapa dan haus sebagai perwujudan ketaatan kepada sang Khalik, Allah SWT.

Selain sebagai cara untuk menambah keimanan, ada manfaat lain yang bisa didapat ketika menjalankan ibadah puasa. Para ahli medis banyak menyebutkan, bahwa puasa akan memberikan dampak yang bagus untuk kesehatan. Namun itu harus dilakukan dengan benar, jika tidak maka bahaya pun akan mengintai. Terutama dalam memilih makanan ketika sahur dan berbuka tidak dapat dikendalikan. Adapun beberapa Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh adalah :

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Ketika menjalankan ibadah puasa, maka tubuh tidak akan menggunakan glukosa saja sebagai sumber tenaga dan energi melainkan menggunakan lemak juga. Sehingga lemak yang ada di dalam tubuh akan dibakar dan ini akan berpengaruh pada penurunan profil lipid tubuh sekaligus kadar kolesterol akan berkurang. Oleh karena itu, untuk para diabetes sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

  • Membantu proses penurun berat badan yang baik

Selain untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, puasa juga bermanfaat untuk membantu proses penurunan berat badan. Seiring dengan terbakarnya lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sebagai energi, maka secara tidak langsung ini akan membantu menurunkan berat badan. Jadi tidak perlu melakukan berbagai cara menurunkan berat badan dengan diet ketat, cukup hanya dengan rajin puasa saja.

  • Membantu proses detoksifikasi

Selain konsumsi Makanan Pembersih Racun Tubuh, detoks ternyata juga bisa dilakukan dengan melakukan puasa.  Puasa banyak dianjurkan oleh ahli medis untuk membantu proses detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh yang memang tidak digunakan dan berbahaya buat tubuh.

  • Meningkatnya rasa nyaman dan ketajaman berfikir

Melakukan beberapa hari puasa, hormon endorfin yang ada di dalam tubuh akan meningkat. Meningkatnya hormone ini akan memberikan efek peningkatan ketajaman pikiran dan menimbulkan rasa nyaman.

Namun semua manfaat di atas tidak akan dirasakan jika asupan makanan ketika sahur dan berbuka tidak dikontrol dan diperhatikan dalam komposisinya. Jadi, perlu diperhatikan keseimbangan antara karbohidrat, protein dan lemak mesti diperhatikan. Selamat berpuasa! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *