5 Tips Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri, Simak Penjelasannya

5 Tips Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri, Simak Penjelasannya

Saat ini banyak masyarakat di Indonesia yang mencari lowongan kerja di luar negeri demi untuk mempunyai keinginan untuk bekerja di luar negeri. Alasan yang biasanya menjadi landasan utama keinginan tersebut adalah bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi daripada bekerja di dalam negeri. Selain gaji yang relatif tinggi, bekerja di luar negeri juga bisa menambah pengalaman, pengetahuan serta kemampuan agar menjadi lebih baik lagi.

Apalagi jika mampu untuk menjadi bagian perusahaan yang sudah sangat terkenal dan hidup di negara maju. Pasti akan banyak pelajaran yang didapatkan. Hal menarik lainnya adalah kesempatan mendapat beasiswa kuliah secara gratis.

Perlu diketahui, beberapa negara dan perusahaan di luar negeri sering memberikan beasiswa dan biaya hidup bagi para karyawannya. Ataupun sebaliknya, para pelajar yang mendapat beasiswa berkemungkinan besar bisa ikut bekerja di luar negeri.

Jadi, tidak heran jika kini banyak fresh graduate ataupun yang sudah berpengalaman justru lebih memilih mencari lowongan pekerjaan di luar negeri. Yang harus di garis bawahi dan selalu diingat, yakni untuk kerja di luar negeri tidak semudah seperti yang diibayangkan.

Anda harus melewati beberapa tahapan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Nah, berikut di bawah ini 5 tips yang bisa digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan di luar negeri. Yuk, simak ulasannya :

1. Tentukan jenis pekerjaan

Jenis loker luar negeri yang ditawarkan pasti sangat banyak ragamnya. Sehingga langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis pekerjaan yang ingin Anda jalani.

Baca Juga:  Cara Mengonsumsi Obat Pelangsing Perut dengan Aman

Dengan menentukan jenis pekerjaan, maka Anda akan lebih mudah dalam mencari informasi lowongan pekerjaan tersebut di luar negeri.

Kerja di Google
(Gambar: Vercdict.co.uk)

2. Cari informasi

Setelah menentukan jenis lowongan pekerjaan yang Anda lamar, langkah selanjutnya adalah mencari informasi dan riset mengenai lowongan tersebut.

Dalam mencari informasi dan melakukan riset, Anda harus berhati-hati karena biasanya informasi mengenai lowongan pekerjaan di luar negeri sangat rentan disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Sehingga ditakutkan Anda terjerumus pada hal-hal yang dapat merugikan bahkan membahayakan.

Selain memilah informasi, Anda juga bisa menanyakan secara langsung kepada orang-orang yang pernah bekerja di luar negeri.

3. Manfaatkan situs penyedia lowongan kerja

Tentu saja, ketika ingin mencari lowongan pekerjaan di luar negeri Anda harus memanfaatkan situs terkait. Situs tersebut misalnya LinkedIn, dari sini Anda bisa melamar berbagai pekerjaan yang ada minati di luar negeri.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kenalan yang mungkin bekerja di tempat tujuan Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan informasi dan memperbanyak jaringan lebih luas lagi.

Kantor Apple
Tampilan Kantor Apple. (Gambar: independent.co.uk)

4. Terus berlatih

Salah satu keberhasilan lolosnya lamaran untuk lowongan kerja di luar negeri terletak pada pengembangan skill yang Anda miliki. Tanpa skill yang mumpuni, tentu sangat susah   ingin bekerja dan mengadu nasib di luar negeri.

Dengan terus berlatih, Anda akan lebih menguasai skill atau kemampuan yang Anda punya. Sehingga nantinya bisa memudahkan dalam hal seleksi perekrutan ataupun ketika bekerja di sana dan membuat Anda bertahan dengan lama.

5. Siapkan modal

Jika ingin mencari lowongan pekerjaan di luar negeri,  Anda juga harus menyiapkan modal awal terlebih dahulu. Modal awal ini sangat penting, yang nantinya akan digunakan untuk mengurus keperluan pemberangkatan. Seperti mengurus visa, tempat tinggal (jika tidak disediakan mess), dan kebutuhan sehari-hari selama awal bekerja.

Baca Juga:  Tips Sederhana Sebelum anda Membeli Suplemen Fitness melalui Internet
Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.