7 Tips Merawat Topi Cap Agar Tidak Mudah Rusak

7 Tips Merawat Topi Cap Agar Tidak Mudah Rusak

Jika Anda gemar menggunakan topi cap, tentunya merawat dan menjaganya adalah hal utama yang patut diperhatikan. Selain untuk kenyamanan, merawat topi juga dapat menambah umur topi itu sendiri agar tidak mudah rusak.

Cara merawat topi yang tepat berarti berkaitan dengan cara mencucinya. Nah, bagaimana cara mencuci topi sebagai bagian tindakan perawatan yang tepat?

Ikuti beberapa tips merawat topi agar tidak mudah  rusak berikut ini ya. Dan, simak dengan saksama!

Tips Merawat Topi Cap Agat Tidak Mudah Rusak

Meskipun terlihat sederhana, item fashion ini tetap harus melalui tahap pencucian yang baik dan benar. Inilah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti saat ingin mencuci topi cap kesayangan Anda.

1. Gunakan Air Dingin Saat Mencuci

Penggunaan air dingin ketika mencuci topi menjadi suatu keharusan. Jangan sampai menggunakan air hangat atau air panas ya!

Mengingat, dengan menggunakan suhu air yang tepat, kualitas topi akan tetap terjaga. Warna topi kesayangan Anda pun tidak akan luntur atau pudar.

2. Cuci secara Manual

Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci topi jenis snapback, baseball cap, trucker dan lainnya. Hal itu dapat merusak struktur topi kesayangan Anda.

Cuci secara manual menggunakan sikat kecil dengan lembut dan searah. Pastikan serat topi tidak rusak dan noda yang membandel dapat terangkat dengan sempurna.

cap hat
Gambar: Medium

3. Gunakan Detergen 

Sebelum mencuci topi menggunakan detergen, sebaiknya Anda melarutkan detergen tersebut dengan air pada ember. Langkah ini sangat penting agar topi cap tetap dalam keadaan baik dan tidak kelebihan detergen.

Selanjutnya rendam topi dan sikat halus pada noda yang membandel. Perendaman akan membuat topi terkena busa detergen secara merata.

Baca Juga:  Model Baju Lebaran Keluarga Terbaru 2018 yang Wajib Kamu Coba

4. Jangan Jemur Langsung Kena Sinar Matahari

Agar warna topi kesayangan Anda tidak memudar atau bahkan berubah warna, sebaiknya jemur topi Anda di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Cukup angin-anginkan topi dan biarkan hingga kering sempurna.

Kemudian, sebelum memakainya, pastikan topi kering secara sempurna agar tidak bau dan berjamur. Jadi, jangan sampai pakai topi yang masih basah ya!

5. Tambahkan Parfum Khusus

Jika Anda senang dengan aroma wangi, setelah memastikan topi cap kering sempurna, Anda bisa menyemprotkan wewangian pada topi tersebut. Tentunya, sesuaikan bau wewangian itu dengan kesukaan Anda.

Oh ya, Anda dapat menggunakan jenis parfum khusus untuk topi. Selain agar selalu wangi, pemberian parfum juga dapat mencegah berkembangnya bakteri pada topi kesayangan Anda lho.

Simpan Topi di Tempat Tertutup
Gambar: Fresize

6. Simpan di Tempat Tertutup

Untuk menjaga kebersihan dan kualitas topi, sebaiknya hindari penyimpanan topi yang sudah bersih dan wangi di ruang terbuka. Melainkan, simpan topi pada rak yang betul-betul tertutup

Alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan rak khusus topi yang berbeda dengan item fashion lainnya. Dengan begitu, topi Anda tidak akan mudah rusak dan bentuknya tidak akan berubah.

7. Jangan Disetrika

Meskipun terlihat sedikit kusut setelah dicuci, hindari untuk menyetrika bagian topi cap Anda. Bukan malah membuat rapi, topi kesayangan Anda bentuknya bisa jadi berubah karena terkena panas setrika. Jadi, setelah dijemur cukup simpan pada tempat yang tertutup saja ya!

Itulah tujuh tips merawat topi cap agar tidak mudah rusak. Ikuti semua langkah-langkah di atas secara berurutan agar topi kesayangan Anda tetap dalam kondisi baik dan tahan lama, bahkan seperti baru lagi.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.