Ini Dia Manfaat yang Luar Biasa dari Membaca Al Quran

Ini Dia Manfaat yang Luar Biasa dari Membaca Al Quran

Sebagai seorang Muslim, tentu saja wajib bagi kita untuk mengimani dan membaca Al Quran. Pasalnya Al Quran ini bukan hanya sekedar kita suci bagi umat Islam saja, melainkan juga perintah Allah SWT yang mencakup semua aspek kehidupan di dunia.

Turunnya kitab suci Al Quran terjadi secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 27 hari, atau hampir 23 tahun. Selain dibaca dan dihafalkan, tentu saja kita juga harus mempraktekkan isi dari Al Quran dalam kehidupan nyata. 

Lantas, seperti apakah manfaat membaca Al Quran? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat membaca Al Quran, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Menentramkan Hati

Manfaat pertama yang luar biasa dari membaca Al Quran, yakni dapat menentramkan hati. Dengan membaca Al Quran, maka kita pun akan mengingat kebesaran Allah SWT sehingga membuat hati menjadi merasa lebih tenang. Hal itu sudah tercantum dalam QS. Ar-Ra’d ayat 28 yang berbunyi :

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram“.

Al-Quran

2. Akan Mendapatkan Rahmat dan Pahala Bagi yang Rajin Membaca Al Quran

Tidak akan pernah terputus rahmat dan kasih sayang Allah SWT terjadap hamba-hambaNya. Oleh karena itu, sudah semestinya bagi kita untuk senantiasa bersyukur atas rahmat yang telah diberikanNya. Sebab, Allah SWT akan melimpahkan rahmat bagi setiap Muslim yang rajin membaca Al Quran. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam QS. Al Isra ayat 28 :

“Dan Kami turunkan dari Al Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang zalim (Al Quran itu) hanya akan menambah kerugian”.

Bukan hanya itu, terdapat juga sebuah hadits riwayat HR. Tirmidzi yang berbunyi, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan (aliflamim) satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf”.

3. Akan Mendapatkan Syafa’at di Akherat Kelak Nanti

Baca Juga:  5 Tips Cara Belajar Efektif Usai Liburan Panjang

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa membaca Al Quran merupakan salah satu amalan yang dapat memberikan syafa’at (pertolongan) bagi kita di akherat kelak nanti. Seperti yang sudah tertuang dalam sebuah hadits riwayat HR. Muslim :

“Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa‘at kepada orang yang membacanya“.

4. Orang yang Rajin Membaca Al Quran Layaknya Seperti Buah Dengan Rasa dan Bau yang Harum

Nabi Muhammad pernah bersabda, bahwa orang yang rajin membaca Al Quran itu diibaratkan seperti buah yang memiliki rasa enak dan bau harum. Hal itu pun sesuai dengan yang ditulis dalam sebuah hadits riwayat HR. Bukhari dan Muslim.“Perumpamaan orang mu’min yang suka membaca Al Quran ialah seperti buah jeruk utrujah, baunya enak dan rasanya pun enak dan perumpamaan orang mu’min yang tidak suka membaca A Quran ialah seperti buah kurma, tidak ada baunya, tetapi rasanya manis. Adapun perumpamaan orang munafik yang suka membaca Al Quran ialah seperti minyak harum, baunya enak sedang rasanya pahit dan perumpamaan orang munafik yang tidak suka membaca Al Quran ialah seperti rumput hanzhalah, tidak ada baunya dan rasanya pun pahit“.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.