0

4 Bisnis UKM yang Bisa Anda Tekuni Meski Minim Dana

ukm kuliner

image source: medanbisnisdaily

Hal paling mendasar yang kadangkala membuat Anda mengurungkan niat untuk menjalani bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan, memang terkadang didasari oleh minimnya dana yang dimiliki. Meskipun demikian, namun jangan salah, Anda masih bisa kok menjalani bisnis meski tidak memiliki banyak dana. Caranya? Dengan menekuni bisnis di bidang usaha kecil menengah atau UKM yang saat ini sudah banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia. Yang paling menariknya, ketika berbisnis di bidang UKM ini pun Anda akan semakin dipermudah, sebab tersedia aplikasi UKM yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menghitung penjualan.

Nah, bagi Anda yang ingin menjalani bisnis di bidang UKM ini, maka menekuni empat bisnis ini sangat disarankan untuk Anda. Apa saja ya? Adalah diantaranya sebagai berikut:

  1. Kuliner. Memang, dari dulu hingga sekarang, berbisnis di bidang kuliner sangat banyak ditekuni oleh masyarakat. Mengingat berbisnis di bidang ini bisa dibilang sangat minim dana, namun cukup mendatangkan banyak keuntungan untuk para pebisnisnya sehingga tidak heran jika banyak yang membangun bisnis kecil rumahan ini. Untuk tipe bisnis kulinernya sendiri berupa makanan ringan atau camilan, makanan pokok, maupun hanya minuman.
  2. Fashion. Jika kurang tertarik menjalani bisnis kuliner, Anda pun bisa menekuni bisnis fashion. Dijamin berbisnis di bidang ini pun bisa memberikan peluang yang sangat baik untuk Anda, sebab fashion sudah menjadi kebutuhan pokok yang pasti dicari oleh masyarakat luas. Jenis-jenis bisnis di bidang fashion ini juga banyak tipenya seperti fashion untuk pakaian wanita dan pria, fashion pakaian muslimah, fashion untuk anak-anak, dan lain sebagainya.
  3. Otomotif. Ternyata, berbisnis di bidang otomotif juga bisa memberi keuntungan yang sangat besar walaupun tidak memiliki banyak dana. Hal ini karena otomotif memang sangat dibutuhkan untuk pengguna yang memiliki kendaraan baik motor maupun mobil. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menekuni bisnis ini.
  4. Agrobisnis. Apabila Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda dapat pula mengembangkan bisnis di bidang agrobisnis. Agrobisnis sendiri merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan. Dan untuk beberapa hasil usaha dari bisnis agrobisnis ini contohnya adalah buah-buahan, sayur-sayuran, padi, telur ayam, ayam, dan sebagainya.

Itu beberapa bisnis UKM dengan dana kecil yang bisa Anda tekuni. Semoga bermanfaat! –SH–

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *