Tips Menyiapkan Warisan Keluarga Dengan Asuransi Jiwa

Tips Menyiapkan Warisan Keluarga Dengan Asuransi Jiwa

Pastinya banyak diantara orang tua yang sudah jauh-jauh hari memikirkan masa depan anak, bahkan dengan kemungkinan ketika sudah meninggal nanti, yaitu harus sudah menyiapkan warisan kepada mereka. Bagaimana sebenarnya tips menyiapkan warisan untuk buah hati ini? pada dasarnya para orang tua tidak punya kewajiban untuk menyiapkan warisan kepada buah hati mereka, namun alangkah baiknya jika memang ada, meskipun sebenarnya anak sendiri juga tidak mengharapkannya.

Namun karena rasa sayang orang tua kepada buah hatinya, maka sudah pasti mereka ingin memberikan yang terbaik. Apalagi jika seandainya sudah tidak ada lagi di dunia ini. Mungkin ada rasa tidak tenang jika seandainya meninggalkan buah hati begitu saja. Bagaimana dengan kehidupan mereka setelahnya, apakah bisa melanjutkan hidup dengan baik, pendidikan tetap terpenuhi dan sebagainya. Mengingat bagaimanapun roda hidup ini akan terus berjalan serta membutuhkan biaya tidak sedikit.

Warisan Keluarga dalam Bentuk Asuransi Jiwa

warisan untuk keluarga
ilustrasi foto keluarga. Gambar: Freepik/@pressfoto

Sebenarnya jika berbicara mengenai warisan ini sendiri tidak selalu dalam bentuk uang, properti ataupun kendaraan. Nama baik, kemudian juga pusaka sampai dengan bisnis juga dapat diwariskan kepada mereka. Orang tua modern biasanya mulai mempersiapkan warisan dengan mengandalkan produk asuransi jiwa. Pastinya Anda sendiri juga sudah tidak asing dengan hal ini bukan, karena memang sudah populer di zaman sekarang. Berikut ini diantaranya ada tips menyiapkan warisan dengan memakai asuransi, yaitu:

  1. Pilih produk asuransi jiwa seumur hidup, jika tujuan utama Anda membeli asuransi adalah untuk warisan, maka lebih disarankan memilih produk asuransi jiwa murni dengan masa pertanggungan seumur hidup. Karena manfaatnya bisa optimal untuk warisan dengan nilai pertanggungjawaban tinggi, selain itu juga tidak ada resiko uang premi akan hangus.
  2. Hitung-hitung perencanaan biaya di masa depan, agar tidak salah menentukan nilai manfaat dari asuransi tersebut. Maka hal penting yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat perencanaan secara matang terkait dengan beban biaya di masa depan. Apalagi nilai kebutuhan hidup pastinya akan terus berubah menjadi semakin tinggi, maka Anda juga harus mempertimbangkan resiko inflasi didalamnya. Pertimbangan usia anak dan kebutuhan mereka, apalagi jika masih sekolah. Namun pertimbangkan juga dengan kemampuan keuangan.
  3. Pilih perusahaan penerbit yang tepat, seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya perusahaan yang menerbitkan produk asuransi jiwa di Indonesia ada banyak. Mulai diantaranya adalah perusahaan dalam negeri sampai asuransi dari luar negeri. Pilah-pilih yang tepat pastinya sangat penting, apalagi dengan banyaknya perusahaan asuransi bermasalah di Indonesia, perusahaan yang collapse dan merugikan banyak nasabah juga tidak jarah. Pilih yang reputasinya bagus serta punya kondisi keuangan sehat seperti dari Allianz.
  4. Pastikan untuk rutin membayar premi, selanjutnya jika Anda sudah membeli produk asuransi tersebut, maka usahakan memenuhi kewajiban yaitu dengan rutin membayar preminya. Tidak perlu khawatir karena memang premi dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan, guna menghindari resiko gagal bayar. Premi harus dibayar hingga masa kontrak selesai untuk memastikan agar polis tetap aktif.
Baca Juga:  Asuransi Jiwa pada Kredit Kendaraan

Banyak keuntungan menyiapkan warisan dengan memakai asuransi, salah satunya adalah jaminan kepastian dan lebih mudah untuk dibagi, karena bentuknya adalah uang. Selain itu, asuransi di zaman sekarang menawarkan nilai manfaat yang tidak main-main yaitu mencapai milyaran rupiah. langsung saja Anda bisa ikuti tips menyiapkan warisan tersebut. Pilah-pilih asuransi untuk jiwa terbaik bisa langsung cek di website resmi Allianz, karena produknya beragam.

Apuy

Apuy

Menggeluti dunia content writter dan blogging sejak 2010 sebagai awal untuk memulai karir sebagai SEO Specialist pada 2012 hingga saat ini yang sudah meng-handle beragam dari berbagai industri dan bisnis. Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.