4 Penyakit yang Kerap dialami Oleh Anak Usia Dini

anak sakit panas

Tentunya setiap orangtua ingin anaknya sehat selalu dan tumbuh dengan ceria. Akan tetapi, penyakit tetap saja bisa datang di waktu-waktu yang tak terduga. Oleh karena itu, tak ada salahnya mencari asuransi kesehatan terbaik sedini mungkin untuk memproteksi anak Anda. Jika sudah memiliki asuransi kesehatan yang tepat seperti Allianz, Anda bisa segera mengajukan Allianz klaim ketika diperlukan.

anak sakit panasNah untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya juga untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit yang kerap dialami oleh anak usia dini. Seperti berikut ini misalnya:

  • ISPA (infeksi saluran pernapasan atas)

Pilek dan flu yang hanya berlangsung selama dua atau tiga hari pada anak mungkin bisa ditangani sendiri. Namun jika gejala tak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sebab, ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas kerap terjadi pada anak. ISPA biasanya ditandai dengan gejala seperti pilek dan flu, yakni: hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk, dan juga demam. Untuk mengatasi ISPA, dibutuhkan penanganan dokter dan banyak istirahat.

  • Rhinitis alergi

Jika anak sering terpapar oleh alergen seperti bulu hewan, jamur, atau debu, maka risikonya untuk mengalami rhinitis alergi semakin meningkat. Rhinitis alergi merupakan peradangan hidung yang disebabkan oleh alergi. Gejalanya meliputi hidung tersumbat, sakit tenggorokan, mata berair dan gatal, sakit kepala, dan mudah lelah.

  • Masalah kulit

Biasanya anak usia dini rentan mengalami masalah kulit seperti bintik merah. Bintik merah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk virus, bakteri, reaksi alergi, parasit, atau gangguan pembuluh darah. Biasanya bintik merah yang umum terjadi pada anak adalah infeksi virus, campak, dan cacar. Meskipun pada umumnya bintik merah pada anak akan menghilang dalam tujuh hari, sebaiknya Anda mengonsultasikannya pada dokter agar ia mendapatkan pengobatan yang sesuai.

  • Cacingan (ascariasis)
Baca Juga:  Cara Mencegah Penyakit Jantung di Usia Muda Dari Jepang

Biasakan untuk mengajarkan anak agar selalu menjaga kebersihan. Sebab, anak-anak masih rentan mengalami cacingan atau penyakit ascariasis. Cacingan disebabkan oleh cacing gelang yang dapat hidup di usus manusia. Jika anak-anak sering bermain di luar dan terlihat sering menggaruk bokong, kemungkinan ia mengalami cacingan. Untuk pencegahan, pastikan anak Anda selalu mencuci tangan saat diperlukan dan minum obat cacing secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Itu dia beberapa penyakit yang kerap menyerang anak-anak. Lakukan pencegahan mulai sekarang dan agar anak Anda tidak mengalaminya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.