0

The Suspect: Film Aksi Menegangkan Berbalut Politik

Akhir-akhir ini, nama Gong Yoo sering bergaung dan menempati posisi top search di dunia hiburan. Setelah mendulang sukses melalui Train to Busan (yang konon akan dibuat sekuelnya), Gong Yoo kembali merebut perhatian publik dengan film blockbuster berjudul The Age of Shadows yang akan maju ke ajang Oscars untuk mewakili Korea Selatan. Tidak hanya itu, bintang film kelas atas ini juga akan membintangi drama berjudul Goblin garapan produser terbaik Korea yang tayang pada bulan Desember melalui channel tv kabel Korea, tvN.

Nah, sambil menunggu waktu penayangan Goblin, lebih baik kita menyambutnya dengan menonton film-film yang pernah dibintangi oleh Gong Yoo. Tidak bisa disangkal, Gong Yoo memang aktor kawakan yang terbiasa memainkan peran-peran yang unik. Salah satu peran paling berkesan yang pernah diperankan oleh Gong Yoo adalah Ji Dong Chul dalam film The Suspect.

Film Korea, The Suspect

The Suspect merupakan film action yang rilis pada tahun 2013. Film ini bercerita tentang Ji Dong Chul, mantan agen spesial di Korea Utara yang terbuang dari negaranya sendiri setelah terjadi pergantian kekuasaan. Ia sangat mengabdi pada negaranya, namun menemukan fakta bahwa istri dan anaknya terbunuh saat kembali bertugas. Dong Chul pun kemudian melacak siapa pembunuh keluarganya hingga akhirnya tiba di Korea Selatan sebagai seorang penyusup.

Dong Chul kemudian berhasil menemukan siapa pelaku dari pembunuhan keluarganya. Orang itu adalah salah satu teman kerjanya saat masih menjadi tentara di Korea Utara. Hanya saja, posisi orang itu masih sulit untuk dilacak. Jadilah, sepanjang hari ia berusaha mencari jejak si pembunuh dan di malam hari bekerja dengan Chairman Park. Malangnya, pada suatu malam setelah Dong Chul bertemu dengan Chairman Park, bosnya itu dibunuh oleh seseorang. Dong Chul yang berada di lokasi pun dituduh sebagai pembunuh Chairman Park.

Sebelum meninggal, Chairman Park memberikan sebuah kacamata pada Dong Chul. Ia berpesan agar Dong Chul mengubur kacamata tersebut dan jangan berikan ke orang lain. Hanya saja, keberadaan benda terakhir tersebut diketahui oleh pihak kepolisian. Dong Chul menolak memberikan benda tersebut untuk diperiksa dan malah melarikan diri, membuatnya benar-benar menjadi the suspect.

Di Korea Selatan sendiri kondisi politik tengah memanas. Pergesekan antara Korea Utara dan Korea Selatan ternyata dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk meraup keuntungan pribadi. Salah satunya adalah Kim Seok Ho, direktur dari National Intellegent Service. Kematian Chairman Park membuat kondisi negara tersebut geger. Dan untuk menangkap Dong Chul yang sedang dalam kondisi buron, Kim Seok Ho pun memanggil Min Se Hoon, seorang kolonel yang sangat ahli.

Pengejaran pun dilakukan dengan komando dari Min Se Hoon dan juga Kim Seok Ho. Aksi menegangkan pun dimulai dari titik ini. Penonton akan disuguhkan dengan aksi balap di tengah jalan padat penduduk, perkelahian yang membuat hati berdebar, hingga aksi Gong Yoo yang melompat dari atap gedung ke atap lainnya. Kita dibuat bertanya-tanya, ada apa sebenarnya di balik perburuan ini.

Sampai pada akhirnya, Min Se Hoon menemukan adanya keanehan pada kematian Chairman Park. Ia mulai sampai pada analisis bahwa Dong Chul sebenarnya tidak bersalah. Ia hanya dijadikan sebagai kambing hitam. Se Hoon pun kemudian mengadakan penyelidikan diam-diam, yang kemudian membuatnya sampai pada fakta bahwa Kim Seok Ho lah yang ada di balik semua ini.

Film The Suspect bisa dibilang merupakan film aksi yang wajib ditonton. Tidak hanya menawarkan jalan cerita yang menegangkan dan tidak bisa ditebak, film ini juga mengisahkan hubungan politik antara Korea Utara dan Korea Selatan. Akting Gong Yoo di dalam The Suspect juga tidak perlu diragukan lagi. Konon, untuk membuat aktingnya tampakĀ  nyata, Gong Yoo menolak untuk menggunakan jasa stuntman, lho. Semua adegan yang dilakukannya di dalam film benar-benar dilakukan sendiri olehnya. Daebak!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *