Agar Tidak Tertipu Ketika Meminjam Uang Online, Begini Caranya!

Pinjaman Uang Online

Kini, melakukan pinjaman uang online memang terus mengalami peningkatan. Bukan tanpa alasan, meminjam uang online ini dianggap sangat memudahkan nasabah karena tidak perlu lagi mendatangi pihak kreditur. Yang lebih menarik, nasabah pun tidak perlu lagi pusing menyiapkan dokumen penting yang dibutuhkan untuk meminjam uang, akan tetapi cukup memberikan foto KTP. Tidak lama kemudian, dana pinjaman pun masuk ke dalam rekening peminjam. Jika sudah begini, tentu saja pinjaman uang online pun semakin dilirik oleh nasabah.

Agar Tidak Tertipu Ketika Meminjam Uang Online, Begini Caranya
(sumber: Sriwijaya Post – Tribunnews.com)

Namun demikian, sebelum melakukan pinjaman uang online ini, ada beberapa hal penting yang patut diwaspadai, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Pihak kreditur terlalu memaksa

Saat meminjam uang secara online, pastikan untuk menghindari pihak yang terlalu memaksakan kehendaknya kepada nasabah. Mereka tetap ingin nasabah meminjam uangnya, akan tetapi tidak mau menjelaskan detail pinjaman yang diberikan. Siapa tau, nanti setelah uang ditangan, malah bunga yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan dengan dana pinjaman. Tentu, ini sangat merugikan Anda nantinya sebagai peminjam. Untuk itu, jangan pernah meminjam jika sudah dipaksa oleh pihak kreditur!

Tidak menggunakan email resmi

Jika ada pihak peminjam yang akan meminjam uang online, biasanya pihak kreditur akan mengirimkan email kepada Anda. Pengiriman email ini tentu bertujuan untuk memberitahu peminjam mengenai hak dan kewajibannya. Namun, jangan langsung percaya pada pihak kreditur yang mengirim email bukan langsung dari suatu perusahaan. Takutnya, Anda malah ditipu dan data diri digunakan untuk hal lain.

Tidak sungkan meminta password dan pin bank.

Memang, ketika meminjam uang online, umumnya pihak kreditur akan meminta nomor rekening yang nantinya dijadikan sebagai media untuk pengiriman uang. Akan tetapi, apabila ada pihak yang meminta password dan pin bank Anda. Jika mereka tetap ngotot meminta, maka langsung hentikan pinjaman dan lebih baik langsung datangi pihak bank kalau Anda membutuhkan dana mendesak.

Baca Juga:  Tips Meminjam Uang Cepat Cair Tanpa Jaminan Apapun

Kirim uang dulu baru dana dicairkan

Yang namanya meminjam uang entah online atau langsung mendatangi pihak kreditur, tentu kita yang akan diberikan uang dan nanti membayar cicilan setiap bulan sampai lunas, kan? Akan tetapi, jika ada pihak kreditur yang meminta Anda mengirimkan uang baru setelah itu dana dicairkan, maka ada baiknya Anda langsung menghentikan dana pinjaman tersebut.

Melansir dari moneysmart, apapun bentuk pinjaman yang Anda ambil, biasanya pihak kreditur tidak akan meminta uang pada peminjam, paling kalau ada uang hanya cuma untuk membeli materai.

So, agar tidak tertipu ketika meminjam uang online, waspadai beberapa hal penting di atas, yes!

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.