Keuntungan Lapor dan Bayar Pajak Online

Keuntungan Lapor dan Bayar Pajak Online

Salah satu kewajiban sebagai warga negara Indonesia yaitu membayar pajak, kini Anda bisa bayar pajak lebih mudah dan praktis tanpa keluar rumah dengan bayar pajak online. Hal ini dilakukan untuk mempermudah wajib pajak dalam menyelesaikan permasalahan perpajakannya serta meningkatkan penerimaan pajak negara. Mengenal kemajuan teknologi sudah semakin canggih, sangat disayangkan jika anda tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Bayar Pajak
Gambar: AyoJakarta.com

Pasalnya pesatnya perkembangan teknologi mendorong terciptanya digitalisasi perpajakan di Indonesia yang memudahkan wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya. Hal ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mendukung layanan lapor pajak online untuk lebih maju memanfaatkan teknologi. Lapor SPT tahunan secara online menjadi tahap akhir yang harus dilakukan wajib pajak setelah menghitung dan membayar pajak.

Keuntungan Bayar Pajak Online

Lapor pajak dan bayar pajak secara online merupakan cara penyampaian SPT ataupun pemberitahuan perpanjangan suatu SPT tahunan yang dilakukan secara online dan juga realtime. Apalagi saat ini sudah ada pajak DJP Online atau sebuah aplikasi yang disediakan oleh ASP (Application Service Provider). DJP mengembangkan aplikasi e-Filing milik pemerintah, Direktorat Jenderal Pajak juga mengintegrasikan aplikasi perpajakan baik e-Filing dan e-Billing ke dalam situs DJP online.

Dengan adanya pelaporan pajak online di Indonesia, maka akan semakin mudah memenuhi urusan perpajakan, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak. Adapun berikut ini merupakan beberapa keuntungan bayar pajak secara online yang bisa Anda rasakan, di antaranya yaitu

1. Cepat dan Mudah

Bayar pajak secara online atau lapor pajak bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, sehingga waktu Anda tidak terbuang sia-sia. Hal ini cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan sangat padat, namun tetap ingin memenuhi kewajiban bayar pajak. Anda bisa mengisi langsung formulir SPT melalui internet dan mengirimkannya saat itu juga, setidaknya Anda membutuhkan waktu 5 menit untuk mengisi formulir.

Baca Juga:  Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil yang Benar dan Tepat

Ketika formulir SPT yang telah diisi dikirimkan, Anda bisa langsung mendapat tanda terima. Apabila Anda bingung saat mengisi formulir, Anda bisa menggunakan petunjuk yang diberikan di sana. Hal ini mengurangi kesalahan yang biasa terjadi ketika melakukannya secara manual.

Keuntungan Bayar Pajak Online

2. Lebih Akurat dan Aman

Dengan lapor pajak dan bayar pajak secara online, Anda tidak perlu khawatir dengan keakuratan dan keamanannya, karena sistem online telah dijamin. Dalam setiap pengisian formulir SPT akan dilakukan validasi, guna memastikan ketepatan data yang dimasukkan oleh pengguna. Sehingga ketika ada kekeliruan dalam formulir, maka sistem online akan mengakurasinya.

Data SPT yang telah Anda kirimkan secara online juga akan sampai secara langsung tanpa perantara, sehingga kerahasiaan data akan tetap aman. Fitur yang terdapat pada website juga cukup lengkap mulai dari validation rules, function, interface yang dapat meminimalisir kekeliruan ketika transaksi.

3. Lebih Tepat

Keuntungan bayar pajak dan lapor pajak online yaitu sudah diatur secara otomatis menghitung besaran pajak, sehingga Anda sebagai wajib pajak tidak perlu takut ada kesalahan dalam perhitungan. Anda tetap menghitung kembali apabila ada hal-hal tertentu yang belum disediakan.

4. Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

Dengan melakukan lapor dan bayar pajak dengan cara online, Anda sudah menghemat waktu, tenaga dan biaya untuk pergi ke kantor KPP. Karena pelaporan SPT bisa dilakukan hanya dalam genggaman dan akses internet yang stabil.

Bukan hanya itu, dengan bayar pajak secara online juga berarti Anda telah ikut mendukung aktivitas atau kegiatan go green karena menerapkan gaya hidup paperless yaitu tidak menggunakan kertas untuk mencetak data SPT. Karena Anda bisa mengisi formulir SPT langsung di internet.

Baca Juga:  Mengenal Tabungan Deposito Berjangka

5. Bisa Dilakukan Kapan Pun dan di Mana Pun

Dengan adanya internet, Anda bisa lapor pajak dan bayar pajak secara online dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Karena lapor pajak secara online tidak terikat waktu seperti melakukannya secara manual di KPP. Anda hanya membutuhkan perangkat smartphone atau komputer dan jaringan internet untuk lapor pajak secara online kapanpun di manapun, sehingga tidak ada alasan lain untuk telat bayar pajak.

Dengan berbagai keuntungan yang didapatkan dari bayar pajak dan lapor pajak secara online, tak heran jika banyak orang yang memilih bayar pajak secara online dibandingkan secara manual. Agar bayar dan lapor pajak aman dan terintegrasi, Anda bisa menggunakan klikpajak.

Lapor pajak online di KlikPajak.id

Klikpajak adalah aplikasi atau platform untuk sebagai bayar dan lapor pajak online yang resmi dari Ditjen Pajak Indonesia, untuk memberikan solusi perpajakan yang aman dan terintegrasi. Sudah banyak pengguna yang merasa terbantu dengan adanya klikpajak untuk menyelesaikan permasalahan perpajakan dengan mudah, praktis dan aman.

Klikpajak adalah mitra resmi Ditjen Pajak Indonesia yang memberikan solusi perpajakan untuk wajib pajak memenuhi kewajiban pajaknya. Fitur yang disediakan cukup lengkap dan mudah digunakan yaitu fitur bayar pajak, lapor pajak dan arsip pajak.

  • Di fitur bayar pajak, Anda bisa buat ID Billing untuk semua jenis KAP dan KJS, lalu bisa bayar pajak langsung melalui sistem online di Klikpajak.
  • Di fitur lapor pajak, Anda bisa melaporkan pajak Anda dengan mudah melalui fitur e Filing di Klikpajak dan mendapatkan bukti lapor NTTE resmi, langsung dari Ditjen pajak.
  • Di fitur arsip pajak, Anda bisa menyimpan seluruh data perpajakan dengan aman dan menemukan file pajak dengan mudah di Klikpajak.
Baca Juga:  Mengapa Klaim Asuransi Jiwa di Tolak ?

Itulah beberapa keuntungan lapor dan bayar pajak secara online yang bisa Anda rasakan. Klikpajak jadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan permasalahan pajak.

Apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.