Tips Perencanaan Keuangan Sederhana

Perencanaan Keuangan Sederhana

Perencanaan keuangan yang kita lakukan tidak perlu seberat perusahaan besar. Berikut ini adalah komponen-komponen penting yang perlu kita jaga dalam melakukan perencanaan keuangan: Menyusun rencana keuangan untuk kebutuhan pribadi atau keluarga memang rumit serta membutuhkan ketelitian dan waktu panjang. Tetapi manfaat yang didapat sangatlah berarti. Salah satu manfaat terbesar adalah membantu kita untuk menabung.

Pengeluaran < Pemasukan

IIlmu sederhana menabung adalah pengeluaran harus lebih kecil dari pendapatan. Uang sisa tersebut yang akan disimpan dalam tabungan. Perhatikan baik-baik pengeluaran Anda. Mulailah untuk mengurangi pengeluaran Anda, bila pengeluaran lebih besar dari pendapatan,.

Untuk memulainya, awali dari pengeluaran tidak rutin. Jika ternyata belanja pakaian Anda terlalu banyak, cobalah untuk berbelanja hanya sekali dan hanya maksimum 2 baju dalam 1 bulan. Anda juga perlu menengok ke dalam pengeluaran rutin tidak tetap. Jika ternyata tagihan internet membengkak, cobalah memilih paket internet yang lebih murah.

Pengeluaran Vs Pendapatan
(sumber: The Pew Charitable Trusts

Anda banyak menggunakan taksi untuk bepergian? Cobalah untuk sesekali naik bis umum atau ojek untuk mengirit pengeluaran. Hidup sehat juga bisa membantu Anda mengurangi biaya rumah sakit.

Langkah berikutnya adalah pengeluaran tetap. Jika ternyata di sini adalah sumber “kebocoran” keuangan, cobalah lakukan perubahan radikal dalam gaya hidup Anda. Jika cicilan mobil membebani, ganti dengan sepeda motor atau angkutan umum. Jika sewa apartemen sangat mahal, pindahlah ke rumah yang lebih sederhana.

Rumus 50-30-20

Gunakan Rumus Keuangan 50-30-20
(sumber: Cosmopolitan Indonesia

Rumusan sederhana menabung biasanya adalah 10%-15% dari pendapatan setelah dipotong pajak. Lebih besar maka lebih baik. Tapi ada satu rumusan baru yang diusulkan oleh seorang profesor dari Harvard, Elizabeth Warren, yaitu rumus 50-30-20.

  • 50%: pengeluaran rutin tetap + pengeluaran rutin tidak tetap
  • 30%: pengeluaran tidak rutin
  • 20%: tabungan
Baca Juga:  Easy Transactions, No More Lines

Mungkin langkah-langkah di atas terlihat terlalu memusingkan hanya untuk menyisihkan sebagian kecil pendapatan kita menjadi tabungan. Tapi percayalah, perencanaan keuangan ini adalah awal untuk memiliki kondisi keuangan pribadi atau keluarga yang lebih kuat dan stabil, sekaligus untuk mempersiapkan hari tua.

Demikian artikel mengenai tips perencanaan keuangan. Dapatkan info dan tips perencanaan keuangan sekaligus edukasi produk keuangan terlengkap di Duitologi.com.

Semoga dapat bermanfaat.

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.